Top Label

17 Buah Paling Berkhasiat Untuk Mengobati Panas Dalam


17 Buah Paling Berkhasiat Untuk Mengobati Panas Dalam
 Buah Paling Berkhasiat Untuk Mengobati Panas Dalam

Sehat Selalu - Panas dalam merupakan salah satu gejala penyakit yang sering kali menimpa banyak orang, bahkan kita sendiri mungkin pernah mengalaminya. Selain sangat mengganggu dan menyebalkan, panas dalam tidak boleh kita anggap remeh, terlebih jika ia selalu datang berulang.


Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati atau meredakan panas dalam. Menjalani pola hidup sehat adalah salah satu cara terbaik untuk mengusir panas dalam agar ia tidak datang kembali. Selain itu ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi obat tradisional maupun buah-buahan yang berkhasiat sebagai obat panas dalam.


Pada tulisan yang lalu telah kami kupas tentang obat panas dalam tradisional yang paling manjur dan mudah dibuat. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan melanjutkan pembahasan mengenai buah-buahan yang paling ampuh untuk mengobati panas dalam.


Buah untuk Obat Panas Dalam

Mengonsumsi buah-buahan merupakan cara alami yang paling baik untuk mengatasi panas dalam. Kandungan nutrisi alami dalam buah-buahan sangat baik untuk kesehatan dan menunjang daya tahan tubuh. Namun tak semua buah-buahan tentunya memiliki khasiat yang sama, ada beberapa buah yang memang sangat efektif digunakan untuk mengobati panas dalam. Nah, penasaran apa sajakah buah-buahan tersebut?


Berikut ini adalah 17 buah paling berkhasiat sebagai obat panas dalam yang patut Anda coba:


1. Lemon

Buah pertama yang paling bermanfaat dan direkomendasikan untuk obat panas dalam adalah lemon. Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Dengan tingginya kendungan vitamin C serta bioflavonoid di dalamnya, menjadikannya berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari panas dalam. Vitamin C mempunyai peran sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh dari serangan bakteri, virus, parasit serta jamur.


Selain kaya akan vitamin C, lemon juga merupakan salah satu makanan terbaik dalam hal alkalisasi tubuh. Tingkat keasaman yang tinggi dalam tubuh dapat mempengaruhi kemampuan Anda menyerap mineral penting. Perlu diketahui bahwa Tingkat pH dalam tubuh kita pada dasarnya ditentukan oleh makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Semakin tinggi tingkat keasaman dalam tubuh kita maka semakin rentan terserang penyakit seperti asam lambung yang sering kali menjadi pemicu timbulnya panas dalam.


Semua mungkin sepakat bahwa lemon merupakan buah yang rasanya asam. Namun sebenarnya ketika masuk ke dalam tubuh, ia justru bersifat basa / alkali. Karena sifatnya yang alkalis, maka buah lemon memiliki khasiat untuk menetralisir keasaman dengan meningkatkan pH dalam tubuh. Sehingga mengonsumsi buah lemon dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah seperti asam lambung, peradangan, serta panas dalam. Karena khasiatnya tersebut, lemon merupakan obat panas dalam alami yang paling berkhasiat untuk meredakan panas dalam, sariawan serta sakit tenggorokan.


Untuk menyembuhkan panas dalam, minum segelas air hangat yang dicampur perasan lemon dan ditambahkan beberapa sendok madu. Campuran perasan lemon dan madu sangat efektif untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh menjadi kembali optimal, menetralisir panas dalam, radang tenggorokan serta sariawan.



2. Semangka

Ketika Anda mengalami panas dalam, cobalah untuk mengonsumsi buah semangka. Buah yang 92% kandungannya terdiri dari air ini dapat membantu mendinginkan tubuh Anda dan menjadi obat panas dalam alami. Semangka memiliki sifat alkali yang sangat tinggi, artinya sangat ideal untuk menjaga keseimbangan pH tubuh Anda. Buah kaya air yang bersifat alkali ini memiliki kemampuan diuretik serta merupakan sumber penting beta-karoten, lycopene, serta vitamin C. Sehingga tak heran jika buah semangka menjadi salah satu buah yang paling efektif digunakan untuk mengobati panas dalam.


Selain itu, buah semangka mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, dan fosfor. Semangka berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi sariawan, membantu menghilangkan sakit perut mendadak (kolik), menurunkan demam, dan sebagai diuretik.



3. Melon

Buah melon merupakan sumber air yang sangat baik. Sekitar 90% kandungan daging buah melon adalah air yang memberi rasa dingin dan efek yang menyejukkan. Karena sifatnya yang menyegarkan makan buah semangka ampuh untuk meredakan panas dalam. Kandungan air yang sehat dalam buah melon bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi. Selain mempunyai sifat diuretik yang sangat baik, buah melon juga mengandung superoksida dismutase yang dapat mencegah stres dengan menurunkan tekanan darah serta menenangkan saraf.


Buah melon mengandung vitamin A, vitamin C, karbohidrat, kalium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Melon juga dapat dimanfaatkan sebagai obat panas dalam alami, untuk menurunkan demam, membersihkan sistem sirkulasi darah dari aneka racun, melancarkan saluran pencernaan, dan mencegah konstipasi. Kandungan mineral pada buah melon berkhasiat untuk menetralisir keasaman tubuh dan menghilangkan panas dalam.



4. Blewah

Buah yang ampuh sebagai obat panas berikutnya adalah blewah. Buahnya benar-benar menyegarkan dan harum. Buah yang paling populer muncul di bulan Ramadhan ini masih kerabat semangka dan sering dijadikan minuman jamu untuk berbuka puasa. Buah blewah memang sangat cocok disajikan sebagai makanan pembuka saat puasa. Kandungan air blewah yang tinggi memungkinkan penggantian cairan dengan cepat setelah seharian berpuasa. Tidak hanya itu, kandungan nutrisi dalam buah blewah juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain dikenal memiliki khasiat sebagai antihipertensi, buah blewah juga berkhasiat untuk meredakan panas dalam dan melancarkan pencernaan.


Buah blewah sangat cocok dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi panas dalam. Tingginya kandungan air serta nutrisi pada buah blewah berkhasiat untuk mengganti cairan tubuh ketika dehidrasi serta memberikan efek mendinginkan pada lambung.



5. Kiwi

Buah kiwi juga dapat dimanfaatkan sebagai obat panas dalam alami. Buah kiwi mengandung gula alami yang tidak membentuk senyawa asam jahat selama dalam pencernaan. Sebagai gantinya, buah yang kaya antioksidan ini memiliki sifat pembentuk alkalin yang penting untuk memberi tubuh Anda energi. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada jeruk. Buah kiwi juga merupakan salah satu buah yang ampuh untuk mengatasi panas dalam.



6. Buah Naga

Buah naga merupakan buah yang kaya serat dan menyegarkan. Selain serat, buah naga juga mengandung kalium, magnesium, fosfor, pektin, dan zat besi. Buah naga memiliki khasiat yang banyak bagi kesehatan salah satunya adalah untuk sebagai obat panas dalam. Mengonsumsi buah naga sangat bagus untuk kesehatan sistem pencernaan, menetralisir keasaman tubuh, mengatasi panas dalam dan sariawan. Buah naga juga kaya kandungan antioksidan sehingga bermanfaat untuk mencegah kanker.


Menurut seorang ahli pengobatan tradisional China, Prof Dr. Muhammad Yusuf, dalam kebudayaan Tionghoa buah naga dipercaya mampu untuk mengobati penyakit-penyakit mematikan seperti kanker dan jantung. Selain itu buah naga juga baik untuk mengatasi panas dalam karena bersifat mendinginkan,’ ujarnya.



7. Nanas

Mungkin buah satu ini rasanya sedikit asam, tetapi sebenarnya ideal untuk menjaga keseimbangan pH yang baik. Buah golongan alkali ini mengandung antioksidan yang tinggi serta kaya akan Vitamin A, B, dan C. Nanas juga kaya akan L-Carnitine yang berkhasiat untuk membakar lemak. Mengonsumsi buah nanas berkhasiat untuk mengatasi radang tenggorokan serta sebagai obat panas dalam.


Kandungan zat gizi dan fitokimia dalam nanas di antaranya vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, mangan, dan pektin. Pektin dalam nanas bermanfaat untuk memperlancar saluran pencernaan, membantu meredakan panas dalam, meredakan batuk, menyehatkan ginjal dan saluran kandung kemih, meredakan demam, mengatasi sariawan, serta mencegah konstipasi. Selain itu nanas juga memiliki sifat anti kanker dan antioksidan.



8. Apel Merah

Apel merupakan salah satu buah paling populer yang tidak hanya kaya akan serat namun juga kaya kandungan air yang bersifat alkali. Buah apel juga kaya akan enzim yang berfungsi membantu menjaga keseimbangan hormon tubuh. Selain itu manfaat buah apel juga bisa menjadi alternatif sebagai obat panas dalam. Sebelum tidur, cobalah untuk mengonsumsi buah apel untuk mencegah atau meredakan panas dalam.


Apel merah mengandung serat yang larut dalam air, asam organik, serta kalium. Selain itu, kulit buah apel mengandung zat pektin yang memiliki khasiat untuk mencegah panas dalam, membersihkan racun dalam tubuh, dan menyerap kelebihan air dalam usus.



9. Belimbing

Belimbing merupakan buah yang kaya air, memiliki rasa manis sedikit masam dan terasa menyegarkan ketika dikonsumsi atau diolah menjadi jus. Mengonsumsi buah belimbing mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah panas dalam. Buah belimbing kaya akan kandungan vitamin C serta antioksidan yang berfungsi memperkuat imunitas tubuh, serta melindungi tubuh dari radikal bebas.


Buah belimbing adalah salah satu buah yang kandungan seratnya sangat tinggi. Tak heran jika buah belimbing memiliki khasiat untuk melancarkan pencernaan dan sebagai obat panas dalam. Vitamin B kompleks yang terkandung dalam buah belimbing berfungsi membantu menjaga metabolisme tubuh. Jus belimbing sering direkomendasikan dalam pengobatan tradisional di Brasil sebagai diuretik dan antipiretik. Bagi anda yang menderita demam maka buah belimbing bisa menjadi obat alami untuk menurunkan panas dengan cepat.


Buah belimbing juga memiliki khasiat anti-radang yang dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Buah belimbing memang dikenal telah lama digunakan sebagai obat tradisional radang tenggorokan dan mengatasi masalah panas dalam tubuh. Mengonsumsi buah belimbing bermanfaat untuk meredakan panas dalam, menghilangkan racun dalam tubuh, mencegah sariawan serta mengatasi radang tenggorokan.



10. Delima

Buah delima merupakan buah selanjutnya yang juga berkhasiat sebagai obat panas dalam. Delima merupakan tanaman buah yang berasal dari Timur Tengah dan dipercaya sebagai tanaman obat alami sejak tahun 1550 SM. Delima merah telah digunakan secara medis selama ribuan tahun sebagai tonik untuk mengobati penyakit seperti bisul dan diare. Delima merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral berupa zat antioksidan, zat anti-virus, dan juga anti-bakterial. Buah delima memiliki kandungan fenol, antosianin, dan vitamin C yang cukup tinggi. Antosianin adalah antioksidan kuat yang melindungi dari berbagai jenis kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.


Jus buah delima mengandung antioksidan seperti antosianin dan asam ellagic, senyawa seperti asam gallic, dan flavonoid seperti quercetin yang menawarkan perlindungan dan banyak manfaat bagi kesehatan. Jus buah delima merah juga dapat digunakan untuk mencegah serta mengobati panas dalam.



11. Buah Kundur

Buah kundur yang sering dikenal dengan nama buah baligo atau beligo merupakan buah yang pohonnya tumbuh merambat. Buah kundur sangat kaya akan kandungan air, yaitu mencapai 97%. Buah kundur dipercaya berkhasiat sebagai obat panas dalam, menurunkan demam, mengatasi radang tenggorokan serta bibir pecah-pecah. Buah kundur memiliki sifat anti ulcerogenik yang berkhasiat untuk menyembuhkan peradangan usus akibat panas dalam serta mengurangi radang lambung akibat stres. Mengonsumsi jus buah kundur juga bermanfaat untuk menetralisir kandungan racun dalam tubuh.



12. Pisang

Siapa yang tak kenal buah pisang? Buah favorit keluarga ini sangat populer dan mudah dijumpai di mana saja. Buah ini juga merupakan buah yang dapat digunakan sebagai obat panas dalam. Tanin yang terkandung dalam buah pisang sangat baik untuk kesehatan lambung. Zat ini berfungsi mengontrol asam lambung berlebih yang dapat menyebabkan mual serta panas dalam. Jika Anda punya masalah dengan kesehatan lambung, maka sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi pisang. Selain itu, pisang juga kaya kandungan vitamin A, vitamin C, fosfor, dan zat besi.


Pisang bermanfaat untuk mengurangi kadar asam dalam lambung, mengobati gangguan pada lambung, menurunkan demam dan mengatasi panas dalam. Kandungan kalium bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.


Satu buah pisang setiap hari yang mengandung antasida alami bermanfaat untuk meredakan gejala panas dalam Anda. Panas dalam karena gangguan pada lambung bisa diatasi dengan mengonsumsi buah pisang. Pisang juga dapat menjadi antisida alami untuk melindungi dinding lambung serta saluran cerna agar tidak iritasi, yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.



13. Pepaya

Buah pepaya juga merupakan buah yang kaya akan kandungan air dan sumber serat yang tinggi. Buah pepaya kaya akan kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta kalium. Pepaya telah lama dipercaya sangat baik untuk mengobati panas dalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buah pepaya mempunyai kandungan chymopapain dan papain yang dapat meredakan peradangan. Selain berkhasiat sebagai obat panas dalam, papain juga bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka dan membantu proses pencernaan protein. Pepaya juga mengandung karpaina, yaitu suatu alkaloid yang berfungsi untuk mengatasi sariawan, melancarkan saluran pencernaan, meredakan demam, dan mencegah sembelit.



14. Mangga

Buah yang memiliki khasiat sebagai obat panas dalam selanjutnya yaitu mangga. Buah mangga merupakan salah satu buah yang dagingnya manis dan menyegarkan karena banyaknya kandungan air di dalamnya. Buah kaya serat ini juga tinggi akan kandungan vitamin A, vitamin C, zat pektin serta fruktosa. Kandungan nutrisi dalam buah mangga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi dehidrasi, melancarkan saluran pencernaan, dan mencegah sembelit. Mengonsumsi jus mangga matang dianggap sangat efektif untuk mengobati sakit maag dan sariawan.



15. Tomat

Tomat dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C dan lycopene. Selain itu, tomat juga termasuk buah yang sangat tinggi akan kandungan serat dan antioksidan. Manfaat buah tomat sangat berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan, mengobati sariawan, juga sebagai obat panas dalam. Tomat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati dan meningkatkan nafsu makan.



16. Pir Hijau

Buah selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengobati sakit panas dalam adalah buah pir hijau.. Pir hijau sangat baik dikonsumsi anak-anak karena kandungan seratnya tinggi. Buah ini juga menyegarkan saat dikonsumsi biasa atau dijadikan jus karena kaya akan kandungan air yang bersifat alkali sebagaimana buah apel. Buah pir juga memiliki kandungan vitamin C, kalium, magnesium, antioksidan serta pektin. Pir hijau juga dipercaya berkhasiat untuk meredakan panas dalam, memperbaiki pencernaan, meredakan batuk, dan mencegah konstipasi.



17. Jambu Biji Merah

Buah yang berkhasiat sebagai obat panas dalam terakhir adalah jambu biji merah. Ketika Anda mengalami panas dalam, cobalah untuk mengonsumsi buah jambu biji merah atau meminum jus jambu biji merah. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, bahkan 3 kali lipat lebih tinggi daripada kandungan vitamin C pada jeruk. Selain kaya akan kandungan vitamin C, jambu biji merah juga mengandung vitamin A, kalium, fosfor, dan magnesium serta antioksidan. Buah jambu biji merah memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan, di antaranya adalah mengatasi panas dalam, mengobati sariawan, melancarkan pencernaan, mencegah konstipasi, dan membersihkan darah.


Nah, itulah tadi ke 17 buah yang paling ampuh dan berkhasiat untuk mengobati panas dalam. Bagaimana? Anda ingin mencoba salah satunya?

#Buah Sehat#Kesehatan#Manfaat Buah#Obat
EDY SYAM 22 Des 2022 Last Updated 2022-12-24T05:27:40Z
Komentar

Tampilkan