Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan

EDY SYAM
0

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan – Jambu biji merupakan tanaman tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Pohon ini sering tumbuh di halaman belakang dan pinggir jalan. Ada banyak sekali varietas jambu biji. Sejauh ini beberapa varietas jambu biji telah ditemukan. Antar lain jambu biji merah, jambu biji putih dan jambu Bangkok. 


Jambu biji memiliki nama ilmiah Psidium Guajava. Kandungan dari buah jambu biji sangat baik bagi kesehatan tubuh, antar lain vitamin A, vitamin B, vitamin C dan masih banyak lagi kandungan lain seperti serat dan mineral mineral yang baik bagi kesehatan tubuh.


Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Jambu biji merah dan putih memiliki kandungan yang hampir sama perbedaan utamanya hanya pada tekstur buahnya saja. Karena kandungan kedua jenis jambu ini hampir sama, hanya sedikit perbedaan di antara keduanya yaitu pada zat warna merah yang ada pada jambu biji merah. 


Dan ada satu yang menjadi keunggulan jambu biji merah, jambu biji merah dapat dijadikan sebagai obat demam berdarah karena kemampuannya untuk meningkatkan kadar trombosit dalam darah dan dapat membantu regenerasi sel darah merah yang terkena virus demam berdarah.


Berikut adalah manfaat dari buah jambu biji bagi kesehatan tubuh


1. Mencegah Kanker


Jambu biji kaya akan kandungan anti oksidan seperti likopen. Zat ini mampu melawan kanker dikarenakan likopen di dalam jambu biji mudah terserap oleh tubuh daripada likopen dari buah lain seperti tomat. Semua buah jambu biji memiliki kadar anti oksidan yang sangat tinggi.


2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Serangan jantung adalah salah satu penyakit yang banyak sekali merenggut nyawa seperti kanker. Salah satu cara sehat untuk mencegah terkena serangan jantung adalah dengan mengonsumsi buah jambu biji secara rutin. Dapat diolah menjadi jus atau dimakan secara langsung. 


Buah jambu biji adalah hipoglikemik yang kaya akan serat pangan. Ini sebabnya jambu biji yang dikonsumsi dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam darah sehingga kinerja jantung menjadi lebih ringan dan jantung menjadi lebih sehat.


3. Mengobati Diare


Jambu biji memiliki khasiat untuk menghentikan diare. Namun kali ini tidak hanya buahnya yang harus dikonsumsi melainkan juga bagian daunnya. Daun jambu biji mengandung zat yang akan membantu menghentikan diare secara cepat dan tepat. Selain daunnya, anda juga bisa mengonsumsi buahnya yang masih agak mentah untuk membantu menghentikan diare dengan cepat.


4. Mengobati Flu dan Batuk


Untuk mengobati flu dan batuk caranya hampir sama dengan pengobatan diare. Cukup kunyah mentah mentah daun jambu biji atau buah jambu biji yang masih agak mentah. Kandunga alaminya akan membantu meringankan dan mengobati sakit flu dan batuk anda.


5. Merawat Kulit


Zat astringen dapat meningkatkan tekstur kulit agar lebih kencang dan kenyal. Hal ini sama artinya dengan zat anti aging yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini pada kulit. Selain itu zat anti oksidan seperti vitamin A, vitamin C dan potasium akan membantu proses detoksifikasi sehingga kesehatan kulit akan tetap terjaga.


Demikianlah manfaat dan khasiat dari buah jambu biji bagi kesehatan tubuh. Salam Hidup Sehat Selalu!

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)