Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Buah Delima

EDY SYAM
0

 

Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan dari Buah Delima
Manfaat Buah Delima


Manfaat Buah Delima - Istilah merah delima memang cukup populer, namun ternyata tidak terlalu banyak orang yang tahu bagaimana wujud dari buah delima yang identik dengan warna merah merona ini. Delima atau yang dalam bahasa latinnya dikenal dengan nama Punica Granatum ini adalah tanaman buah yang diperkirakan berasal dari Iran kemudian dikembangbiakkan di sekitar daerah Mediterania. 


Meskipun lebih dikenal sebagai buah yang berwarna merah merona, buah delima sebenarnya terdiri dari 3 jenis yaitu delima merah, delima putih dan delima ungu, namun semua jenis delima tersebut sebenarnya sama-sama bermanfaat untuk kesehatan tubuh.


Ada beragam manfaat dari buah delima yang dapat dirasakan oleh tubuh. Hal tersebut disebabkan karena adanya berbagai kandungan nutrisi yang terkandung di dalam buah delima. Kandungan gizi buah delima terdiri dari berbagai jenis nutrisi yang sangat berkhasiat bagi tubuh, mulai dari karbohidrat, serat, protein hingga beragam vitamin seperti vitamin B dan vitamin C. 


Selain itu, buah delima juga mengandung berbagai senyawa lainnya yang juga sangat diperlukan tubuh, seperti kalsium, kalium, magnesium dan juga zat besi. Delima juga termasuk sebagai buah yang kaya akan antioksidan sehingga cukup ampuh pula untuk digunakan menangkal radikal bebas.


Dengan berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah yang identik dengan rasa sedikit asam namun menyegarkan ini, maka tak mengherankan bila beragam manfaat dapat dirasakan oleh tubuh manusia. Berikut ini ada beberapa manfaat buah delima yang perlu anda ketahui :


1. Mencegah Penuaan Dini


Manfaat Buah delima untuk wajah yaitu untuk membantu mencegah penuaan dini dan juga menjaga keremajaan kulit wajah. Selain dapat membuat kulit terjaga keremajaannya, buah delima juga dapat mencegah serta mengobati jerawat karena buah ini kaya akan vitamin C yang memang dapat mengatur produksi sebum penyebab jerawat.


2. Mampu Membantu Meregenerasi Sel


Manfaat buah delima merah juga dapat menyembuhkan luka pada kulit dengan lebih cepat, pasalnya buah ini mengandung anti oksidan yang mampu membantu meregenerasi sel kulit serta memperbaiki jaringan sel kulit.


3. Meningkatkan Kesuburan


Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh C.P Hutan pada tahun 2007, jus buah delima mampu membantu meningkatkan ereksi khususnya bagi pria yang mengalami disfungsi ereksi, pasalnya oksida nitrat yang terkandung dalam jus delima dapat meningkatkan aliran darah pada otot-otot polos dinding pembuluh darah termasuk di sekitar penis, selain itu delima juga dapat meningkatkan kualitas sperma. 


Bukan hanya itu saja, bila dikonsumsi oleh wanita, manfaat buah delima untuk wanita dapat melancarkan aliran darah di sekitar rahim dan karena buah ini kaya akan antioksidan maka delima juga dapat membantu menyehatkan lapisan dinding rahim sehingga secara tidak langsung mampu menunjang kesuburan wanita.


4. Mencegah Aterosklerosis


Penumpukan kadar kolesterol dan lemak dapat menimbulkan penyakit penyumbatan arteri. Antioksidan yang dikandung oleh buah delima ini mampu mencegah pengerasan pada dinding arteri yang dapat membuat arteri dapat terbebas dari lemak sehingga zat antioksidan tersebut dapat terangkut oleh darah ke seluruh tubuh.


5. Mencegah dan mengobati kanker


Karena kaya akan antioksidan maka dengan mengonsumsi buah delima secara tak langsung anda dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, cukup banyak penelitian yang membuktikan bahwa buah delima dapat dijadikan sebagai salah satu terapi untuk membantu pengobatan berbagai jenis kanker, di antaranya seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker usus besar, dan kanker paru-paru. Zat ellagitannins yang dikandung buah delima itulah yang mampu mencegah sel-sel kanker menjadi semakin aktif.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)