Top Label

Manfaat Yang Terkandung Dalam Madu

 

Manfaat Yang Terkandung Dalam Madu
Manfaat Yang Terkandung Dalam Madu


Manfaat Yang Terkandung Dalam Madu - Madu merupakan cairan kental yang berasa manis hampir menyerupai sirup. Madu berasal dari alam yang dihasilkan oleh serangga atau lebih tepatnya lebah atau tawon dengan cara mengambil sari bunga, kemudian diproses oleh lebah/dikunyah dan dikerjakan bersama-sama oleh lebah yang lain. Jika proses pengunyahan nektar sudah halus kemudian akan disimpan pada sel sel sarang mereka sampai penuh kemudian ditutup secara rapat dan terjadilah fermentasi tersebut hingga menjadi madu. Lebah membuat madu itu sendiri sebagai sumber makanan lebah pada saat lebah sulit mendapatkan makanan seperti musim dingin, jadi lebah tinggal mengambil cadangan makanan tersebut sebagai sumber energi mereka.


Manfaat Madu Bagi Manusia


Berabad abad silam orang-orang telah menggunakan madu sebagai bahan wajib campuran pada makanan dan minuman saat ada perjamuan tamu. Madu sendiri mempunyai kandungan air yang cukup sedikit, sehingga memungkinkan mikroorganisme tidak dapat berkembang di dalam madu, aroma dan rasa madu mempunyai ciri khas yang berbeda-beda di setiap tempatnya. tergantung pada sumber nektar yang diambil oleh lebah itu sendiri.


Secara umum di dalam sebuah sarang mempunyai 3 jenis lebah dan mempunyai tugasnya masing-masing di antaranya:


  • Seekor ratu menghasilkan larva yang sangat banyak yang kemudian menjadi lebah.
  • Beberapa lebah jantan untuk membuahi larva-larva yang dihasilkan oleh ratu lebah
  • Dan ribuan lebah pekerja bertugas membuat sarang ,mencari sari bunga dan membuat madu sebagai cadangan makanan mereka.


Manfaat yang terkandung dalam madu itu sendiri antara lain:


Sebagai Antioksidan Yang Tinggi


Madu sendiri memiliki antioksidan yang sangat tinggi yang diperlukan oleh tubuh kita, yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan yang terkandung dalam madu cukup unik, anti oksidan itu bernama ”pinocembrin” karena hanya ditemukan di dalam madu saja. Manfaat madu bagi kesehatan yaitu dapat membuat tubuh anda menjadi sehat dan dapat mencegah penuaan sehingga anda akan terlihat awet muda.



Menurunkan Berat Badan


Madu memiliki kalori yang cukup rendah dan terdapat tiga jenis kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh kita yaitu asam amino vitamin dan mineral yang berfungsi mengontrol berat badan anda sehingga menjadikan tubuh anda ideal dan terhindar dari obesitas.



Sebagai Obat Batuk


Madu dipercaya untuk menyembuhkan batuk, caranya campurkan teh disertai madu kemudian perasaan jeruk lemon kemudian minumlah, setelah itu jangan lupa meminum air putih agar senyawa rasa manis dalam madu serta lemon tidak tertinggal di tenggorokan.



Mengatasi Insomnia


Menurut penelitian madu dipercaya dapat menenangkan tubuh sehingga dapat membuat tidur anda menjadi nyenyak.


Manfaat madu bagi kesehatan dan kecantikan antara lain:


  • Memperlambat penuaan;
  • Menjaga kelembutan pada kulit;
  • Mencerahkan kulit serta mengatasi bibir pecah-pecah;
  • Dan akhir-akhir ini banyak paket spa yang menawarkan spa menggunakan  madu;
  • Mengurangi resiko kanker;
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh;
  • Meredakan sakit perut;
  • Mencegah resiko serangan jantung;
  • Meredakan stress;
  • Mengobati penyakit pada lambung seperti halnya mesin motor yang memerlukan perawatan yaitu dengan memberi pelumas pada mesin motor anda.


Organ lambung juga memerlukan perawatan agar dapat bekerja dengan baik yaitu dengan cara mengonsumsi madu, pasti anda menginginkan tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit berbahaya seperti kanker.


Dan masih banyak lagi manfaat madu itu sendiri, mungkin dilain waktu kami akan membahasnya secara terperinci, semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita semua.

#Kesehatan
EDY SYAM 14 Jan 2023 Last Updated 2023-01-13T23:26:46Z
Komentar

Tampilkan