25 Obat Panas Dalam Tradisional Paling Mujarab dan Mudah Dibuat

EDY SYAM
0
25 Obat Panas Dalam Tradisional Paling Manjur dan Mudah Dibuat
Obat Panas Dalam Tradisional Paling Manjur dan Mudah Dibuat



Sehat Selalu - Panas dalam merupakan salah satu gangguan yang sering dikeluhkan banyak orang, mungkin kita sendiri termasuk di antara yang pernah mengalaminya. Meski faktanya tak sedikit pula yang belum mengetahui bagaimana cara mengobati panas dalam yang tak kunjung sembuh. Ataupun masih kebingungan menentukan obat panas dalam seperti apa yang seharusnya dikonsumsi untuk meredakan gejalanya.


Jika ditinjau dari sisi medis, panas dalam sebenarnya bukanlah termasuk penyakit, akan tetapi gejala yang timbul dari suatu penyakit. Pada dasarnya, panas dalam merupakan istilah awam untuk merujuk suatu gangguan yang terjadi di saluran cerna, mulai dari mulut hingga lambung. Gangguan tersebut sering kali disertai sensasi panas atau terbakar terutama di daerah tenggorokan atau dada.


Gejala & Penyebab Panas Dalam 


Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai obat panas dalam dan sakit tenggorokan, ada baiknya untuk mengenali gejala dan penyebabnya terlebih dahulu. Jika Anda mengalami panas dalam, sering kali timbul rasa nyeri di tenggorokan bahkan mungkin terasa sulit untuk menelan. Gejala yang bisa juga menyertainya antara lain sariawan, bibir pecah-pecah, tenggorokan kering, rasa tidak nyaman di perut, badan lemas, gangguan pencernaan, hingga mimisan.


Penyebab munculnya panas dalam bisa karena banyak faktor, di antaranya akibat tubuh kekurangan cairan, kekebalan tubuh yang menurun, atau kekurangan vitamin C. Terlalu banyak mengonsumsi makanan asam, makanan pedas atau banyak mengandung lemak juga bisa menjadi salah satu faktor pemicu. Gejala panas dalam juga bisa muncul akibat radang tenggorokan, masalah lambung, GERD, stres, atau ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.


Cara Mengobati Panas Dalam


Panas dalam yang sering datang berulang tentunya sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas, oleh karena itu harus segera diatasi. Sebenarnya, cara mengobati panas dalam sangatlah mudah. Menurut dr. Abrijanto SB, pakar herbal sekaligus dokter umum di klinik Icon BSD, obat panas dalam terbaik adalah dengan pola hidup yang sehat, seperti cukup minum, konsumsi makanan sehat dan teratur serta istirahat yang cukup.


Menjalani pola hidup yang sehat adalah solusi terbaik supaya terhindar dari masalah panas dalam. Namun ketika keluhan tersebut datang menyerang, ada beberapa obat-obatan alami tradisional yang bisa Anda manfaatkan untuk meredakan gejalanya.


Bahan-bahan alami yang gampang ditemukan di sekitar kita ternyata merupakan obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi panas dalam. Sebuah metode pengobatan yang mudah dilakukan siapa saja dan tentunya patut Anda coba sendiri di rumah.


Obat Panas Dalam Alami Paling Manjur dan Cara Membuatnya


Nah, berikut ini Sehat Selalu telah merangkum beberapa ramuan herbal tradisional yang berkhasiat sebagai obat panas dalam beserta cara membuatnya. Ramuan panas dalam tradisional tersebut sangat mudah dibuat karena bahan-bahannya mudah didapatkan. Jika Anda saat ini sedang menderita panas dalam, Anda bisa mencoba salah satunya.


Inilah dia 25 obat panas dalam tradisional paling mujarab, 100% alami, dan mudah dibuat:


1. Air Garam


Obat panas dalam sederhana yang pertama dan bisa Anda coba adalah air garam. Air garam memiliki kemampuan untuk meningkatkan keseimbangan pH dan merangsang produksi air liur di dalam mulut. Selain itu kandungan senyawa mineral alami dan sifat anti bakteri yang terdapat pada air garam akan sangat membantu mengatasi panas dalam dan beberapa masalah yang menyertainya, seperti sariawan, bibir pecah-pecah dan bau mulut. Cara menjadikan air garam sebagai obat panas dalam sangatlah mudah, yaitu cukup gunakan air garam tersebut untuk berkumur.


Cara mengobati panas dalam dengan air garam yaitu:


  • Campurkan 2 sendok teh garam kedalam segelas air hangat.
  • Aduk garam hingga larut, kemudian gunakan larutan untuk berkumur selama 5 menit.
  • Lakukan secara rutin terutama malam menjelang tidur dan setelah bangun tidur.


2. Air Beras


Obat panas dalam tradisional paling mudah dibuat dan kami rekomendasikan selanjutnya yaitu air beras. Air beras atau biasa disebut air tajin merupakan air yang berasal dari rebusan beras. Air ini berwarna putih seperti susu dan biasa dimanfaatkan masyarakat sebagai alternatif pengganti susu karena kandungannya yang kaya nutrisi. Air beras memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 


Namun tak banyak yang tahu kalau ternyata rebusan air beras ini juga bisa diandalkan sebagai obat panas dalam yang mujarab. Sebenarnya pengobatan menggunakan rebusan air beras ini telah lama dikenal sebagai pengobatan tradisional cina kuno. Mengonsumsi air tajin secara rutin memiliki efek yang cukup ampuh untuk mengatasi panas dalam.


Cara menyembuhkan panas dalam dengan air beras yaitu :


  • Siapkan beras yang akan dimasak.
  • Cuci beras sekali saja kemudian tiriskan.
  • Masukkan beras dalam panci dan tambahkan air.
  • Rebus sampai mendidih, aduk sesekali hingga mengental.
  • Angkat lalu saring dan pisahkan beras dari airnya.
  • Tuang air beras ke dalam gelas dan tunggu hingga dingin
  • Air tajin siap diminum untuk meredakan panas dalam Anda.


3. Air Kelapa Muda


Obat panas dalam paling gampang yang bisa Anda coba selanjutnya adalah air kelapa. Salah satu faktor yang menyebabkan munculnya panas dalam adalah akibat tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Air kelapa muda merupakan salah satu obat panas dalam tradisional yang cukup bisa diandalkan. Air kelapa muda dikenal sebagai minuman isotonik alami pengganti cairan tubuh terbaik yang efektif untuk mencegah dehidrasi.


Secara alami, air kelapa mengandung komposisi mineral serta gula yang sempurna sehingga memiliki kesetimbangan elektrolit seperti halnya cairan tubuh manusia. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam air kelapa muda cukup tinggi namun bersifat isotonik. Selain itu, air dalam satu buah kelapa cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh dalam sehari.


Seperti yang kita tahu, air kelapa merupakan minuman yang menyegarkan dan baik untuk kesehatan. Mengonsumsi air kelapa muda berkhasiat untuk menetralisir panas dalam dan membuat tubuh Anda merasa segar.


Cara mengatasi panas dalam secara alami dengan air kelapa muda yaitu:


  1. Siapkan satu buah kelapa muda.
  2. Belah dan ambil air yang terkandung di dalamnya.
  3. Minum secara rutin air kelapa muda minimal 1 gelas dalam sehari.
  4. Biasanya dalam kurun waktu 3 hari panas dalam sudah sembuh total.


4. Akar & Daun Alang-Alang


Akar dan daun alang-alang merupakan bahan obat tradisional panas dalam dan radang tenggorokan yang ampuh serta mudah dibuat. Tumbuhan alang-alang atau biasa disebut dengan ilalang adalah tanaman liar sejenis rumput berdaun tajam yang keberadaannya kerap kali tidak diharapkan. Padahal menurut pengobatan tradisional Tiongkok menyebutkan bahwa akar alang-alang memiliki sejumlah khasiat, salah satunya adalah untuk mengobati panas dalam. Alang-alang secara alami memiliki sifat manis dan sejuk.


Menurut sebuah penelitian, manfaat akar alang-alang mampu memberikan efek antipiretik yang bahkan lebih tinggi daripada efek parasetamol. Akar ilalang memiliki kandungan Flavonoid yang dapat menghambat pembentukan prostaglandin yang pada gilirannya dapat mencegah peningkatan suhu tubuh.


Selain akarnya daun alang-alang juga memiliki khasiat yang baik untuk mengobati sakit maag.


Cara membuat obat panas dalam tradisional dalam dengan menggunakan akar alang-alang yaitu:


  • Cabut tumbuhan alang-alang beserta akar akarnya.
  • Potong pada pangkal batang hingga tersisa pangkal batang dan akarnya saja.
  • Cuci akar alang-alang terlebih dahulu hingga bersih.
  • Selanjutnya rebuslah akar alang-alang tersebut dengan air secukupnya.
  • Tunggu hingga airnya menyusut setengahnya.
  • Tuangkan air rebusan alang-alang ke dalam gelas dan minum setelah dingin.


Cara mengobati panas dalam dengan daun alang-alang adalah sebagai berikut:


  • Ambil seikat daun alang-alang lalu cuci hingga bersih.
  • Rebus daun alang-alang dengan 4 gelas air.
  • Tunggu hingga air tersisa setengahnya (2 gelas).
  • Tuangkan air rebusan dalam wadah atau cangkir.
  • Minum 2 kali sehari pagi dan sore maka panas dalam Anda akan segera sembuh.


5. Air Kacang Hijau


Kalau ada yang bertanya obat panas dalam tradisional apa yang paling manjur dan paling mudah dibuat? maka jawaban saya adalah “air kacang hijau”. Ya, air kacang hijau atau air kacang ijo memang terbukti sangat manjur untuk menyembuhkan panas dalam. Bahkan panas dalam yang sudah parah dan gagal diatasi oleh larutan penyegar pun sembuh hanya dengan segelas air kacang hijau. Obat panas dalam untuk dewasa dengan air kacang hijau ini selain alami, murah, juga sangat mudah dibuat. Ramuan ini juga sangat direkomendasikan untuk menyembuhkan panas dalam pada bayi.


Air rebusan kacang hijau mengandung banyak vitamin B yang larut dalam air. Selain vitamin B1 atau tiamin ada juga vitamin B2 atau riboflavin.. Fungsi vitamin-vitamin itu adalah sebagai koenzim yang melancarkan metabolisme di dalam tubuh kita, termasuk di sistem pencernaan. Konsumsi air kacang hijau secara rutin juga akan membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Minum air kacang hijau juga ampuh untuk mengatasi bibir kering dan sariawan.


Cara menggunakan air kacang hijau sebagai obat panas dalam alami yaitu:


  • Ambil sebanyak 2 genggam kacang hijau.
  • Rendam dan cuci kacang hijau hingga bersih.
  • Rebus kacang hijau dengan 3 gelas air.
  • Biarkan hingga mendidih atau tersisa 1 gelas saja.
  • Saring dan tuang ke dalam gelas untuk diambil airnya saja.
  • Minum selagi hangat maka panas dalam Anda akan segera hilang.


6. Biji & Daun Selasih


Obat panas dalam termanjur berikutnya yang bisa Anda coba yaitu dengan memanfaatkan biji dan daun selasih. Pemanfaatan tanaman selasih untuk pengobatan tradisional sudah dikenal oleh masyarakat India dan China sejak lama. Dalam masyarakat China sendiri, biji selasih banyak dimanfaatkan sebagai penawar demam dan mengobati panas dalam. Sebenarnya baik biji selasih maupun daunnya, keduanya memiliki khasiat untuk meredakan panas dalam. Walaupun sebenarnya biji dan daun selasih lebih populer dikenal sebagai obat anti depresan alami.


Menurut penelitian, tanaman yang mirip kemangi ini memiliki khasiat sebagai penurun hormon stres dan mampu menyembuhkan stres secara cepat. Kandungan fitokimia pada selasih memiliki efek penenang. Selain itu biji selasih juga memiliki kandungan zat bascilin yang berperan untuk mempertahankan vitamin C dalam tubuh. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya bahwa stres dan kekurangan vitamin C merupakan dua faktor yang bisa memicu panas dalam. Oleh karena itu bisa dikatakan bahwa ramuan biji dan daun selasih ini adalah salah satu obat panas dalam alami untuk orang dewasa yang paling ampuh.


Cara mengobati panas dalam dengan biji selasih cukup mudah, yaitu:


  • Ambil sebanyak 2 sendok teh biji selasih.
  • Seduh dengan segelas air atau secangkir teh.
  • Tunggu hingga dingin, lalu minum.


Cara memanfaatkan daun selasih untuk obat pereda panas dalam yaitu:


  • Siapkan daun selasih secukupnya.
  • Tumbuk atau remas hingga keluar cairan atau saripatinya.
  • Seduh dengan dengan air panas kemudian saring.
  • Minum air tersebut untuk mengobati panas dalam Anda.


7. Air Rebusan Rambut Jagung Muda


Siapa yang menyangka jika rambut jagung juga termasuk obat panas dalam alami yang manjur. Mungkin selama ini kita menganggap rambut jagung adalah sesuatu yang sama sekali tidak bermanfaat. Padahal anggapan tersebut ternyata adalah salah besar. Rambut jagung memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan, salah satunya adalah bisa dimanfaatkan sebagai obat panas dalam alami.


Dengan memanfaatkan air rebusan jagung muda, panas dalam dapat teratasi dengan mudah. Mungkin cara mengobati panas dalam dengan rambut jagung terdengar cukup aneh. Akan tetapi percayalah, cara ini nyatanya sangat efektif. Banyak orang telah membuktikan sendiri keampuhan air rebusan rambut jagung muda ini untuk menyembuhkan panas dalam.


Cara meredakan panas dalam dengan rambut jagung muda yaitu:


  • Sediakan 1 genggam rambut jagung muda yang masih fresh.
  • Rebus rambut jagung tadi dengan air sebanyak 3 gelas, tunggu hingga mendidih dan air tersisa 1 gelas.
  • Setelah tercampur merata, saring dan pisahkan.
  • Minumlah rambut jagung rebus setidaknya sekali sehari hingga panas dalam mereda.


8. Lobak Putih


Bahan obat panas dalam paling mujarab selanjutnya dan bisa langsung Anda buat di rumah adalah lobak putih. Lobak putih telah populer dan dikenal sebagai obat tradisional bagi bangsa China sekitar tahun 500 SM. Lobak putih atau dikenal dengan lobak China memiliki sejumlah kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah sebagai obat panas dalam alami. Lobak putih secara alami bersifat dingin dan efektif digunakan untuk mengobati panas dalam, sakit tenggorokan, dan mengusir dahak. Sayuran kaya serat ini mampu meningkatkan metabolisme tubuh melalui cadangan nutrisinya yang luas.


Cara mengobati panas dalam dengan lobak putih bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:


  • Bisa dimakan mentah sebagai acar atau buah
  • Dimasak sebagai sup atau direbus
  • Atau bisa juga ditumis bersama sayuran lainnya
  • Dijadikan jus dan diminum selagi segar


Cara membuat jus lobak putih untuk meredakan panas dalam yaitu:


  • Kupas dahulu 2 buah lobak putih ukuran sedang lalu cuci bersih.
  • Potong dadu ukuran kecil agar mudah dalam proses penghalusan.
  • Masukkan blender, beri air secukupnya.
  • Bila suka tambahkan sedikit madu.
  • Blender hingga halus dan simpan dalam gelas.
  • Minum jus lobak selagi segar untuk menghilangkan panas dalam Anda.


9. Madu


Madu merupakan salah satu obat herbal yang paling populer dan merupakan obat panas dalam akibat asam lambung yang sangat efektif. Madu dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit ringan hingga penyakit berat, seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Madu juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan suhu tubuh serta mengatur sekresi, sehingga dapat menurunkan demam.


Madu mengandung unsur kimia yang mempunyai efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berguna untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Gula yang terkandung dalam madu akan diserap secara langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi lebih cepat bila dibandingkan dengan gula biasa.


Berdasarkan penelitian ilmiah, madu menyebabkan berkurangnya zat asam. Madu adalah zat yang mudah menyebabkan reaksi basa. Reaksi ini dapat menetralkan asam dengan membentuk garam. Dengan demikian, madu merupakan salah satu obat panas dalam alami terbaik yang mampu menetralkan asam lambung dan penyakit yang ditimbulkannya. Waktu terbaik untuk minum madu adalah saat perut kosong.


Cara mengobati panas dalam menggunakan madu yaitu:


  • Tuangkan air dingin (tanpa es) terlebih dahulu ke dalam gelas.
  • Masukkan 2 sendok makan madu.
  • Aduk hingga rata dengan sendok berbahan plastik bukan dengan sendok berbahan besi.
  • Minum air madu dingin ini 2 kali sehari sebelum makan.


Cara lainnya yang lebih ampuh yaitu dengan mengkombinasikan madu, biji selasih dan air kelapa muda:


  • Siapkan lima gram biji selasih dan rendam ke dalam air hingga keluar lapisan gel (mengembang).
  • Saring dan pindahkan biji selasih ke dalam gelas.
  • Tambahkan 200 cc air kelapa muda dan 2 sendok madu.
  • Minum ramuan tersebut untuk menghilangkan panas dalam Anda dengan cepat.


10. Daun Saga


Ada beberapa jenis dedaunan yang sangat ampuh dan berkhasiat digunakan sebagai obat panas dalam, salah satunya adalah daun saga. Tanaman yang memiliki nama latin Abrus precatorius ini merupakan tanaman rambat yang lebih populer dijadikan sebagai tanaman hias penghijau pagar. Ternyata selain bermanfaat sebagai tanaman hias, daun saga rupanya juga ampuh untuk mengobati panas dalam. Khasiat daun saga sebagai obat tradisional panas dalam dan radang tenggorokan ini adalah berkat kehadiran senyawa Glisirisin. Senyawa itu sekaligus menjadi obat manjur untuk mengobati sariawan yang biasanya menyertai panas dalam.


Berdasarkan pengalaman empiris masyarakat sudah lama menggunakan daun yang mirip dengan daun asam ini. Selain efektif menurunkan panas pada luka dan radang tenggorokan daun sage juga bersifat anti parasit dan membantu memperlancar peredaran darah. Daun Telic Saga atau Rua Saga (Abrus prectorius L.) biasanya dicampur dengan pinang untuk mengurangi semburan panas. Penambahan buah pinang diharapkan dapat memperkuat daya juang sang Gatha. Namun umumnya daun Gatha digunakan sendiri.


Cara menyembuhkan panas dalam menggunakan daun saga yaitu:


  • Ambil segenggam daun saga dan cuci sampai bersih.
  • Tumbuk daun sampai halus lalu campurkan dengan segelas air panas.
  • Cara lain yaitu dengan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tersisa setengah gelas.
  • Saring dan diamkan hingga dingin.
  • Minum rebusan herbal daun saga 2 kali sehari selama minimal 2 hari, maka panas dalam pun akan lenyap.


11. Daun Sirih


Daun untuk obat panas dalam berikutnya yang bisa Anda coba selain daun saga adalah daun sirih. Daun sirih merupakan daun dengan seribu manfaat dan sering kali dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Daun sirih juga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif untuk mengobati panas dalam secara tunggal walau biasanya digabungkan dengan herbal lain seperti daun saga. Sariawan dan bibir pecah-pecah dikenal oleh masyarakat kita sebagai penyakit akibat panas dalam. Orang zaman dahulu terbiasa mengunyah daun sirih karena daun sirih mempunyai efek mendinginkan dan mengandung zat anti peradangan.


Cara mengobati panas dalam dengan daun sirih yaitu:


  • Siapkan lima lembar daun sirih kemudian cuci hingga bersih.
  • Rebus dengan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa setengahnya.
  • Kemudian tunggu hingga dingin lalu tuang ke dalam gelas.
  • Minum 2 kali sehari untuk meringankan panas dalam Anda.


12. Daun Katuk


Daun herbal lain yang bisa dimanfaatkan sebagai obat panas dalam alami yaitu daun katuk. Daun katuk mengandung antioksidan dan zat antipiretik yang berfungsi untuk meredakan panas dalam serta menyembuhkan sariawan. Cara membuat herbal tradisional untuk mengobati panas dalam dengan daun katuk cukup mudah. Anda hanya perlu memasaknya seperti halnya memasak sayur bening lalu memakannya seperti biasa. Atau cara kedua adalah dengan menggunakan air perasannya kemudian meminumnya.


Cara membuat obat panas dalam tradisional dengan daun katuk yaitu:


  • Siapkan beberapa helai daun katuk, lalu cuci bersih.
  • Tumbuk daun hingga halus.
  • Beri sedikit air panas kemudian peras dan saring.
  • Pindahkan air perasan ke dalam gelas dan tambahkan air secukupnya.
  • Minum air perasan daun katuk untuk menyembuhkan panas dalam Anda.


13. Daun Rambutan


Daun yang bermanfaat sebagai obat panas dalam tradisional berikutnya yaitu daun rambutan. Siapa di antara kita yang tidak tahu rambutan? Tanaman satu ini tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, daunnya pun ternyata bisa dimanfaatkan sebagai ramuan untuk mengobati panas dalam. Daun rambutan yang akan dijadikan obat adalah daun yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua.


Cara membuat obat panas dalam tradisional dengan daun rambutan yaitu:


  • Ambil 5 hingga 7 lembar daun rambutan yang tidak terlalu tua atau muda.
  • Cuci daun rambutan dengan air hingga bersih.
  • Tumbuk daun rambutan hingga lembut, atau blender dengan sedikit air.
  • Kemudian saring untuk memisahkan ampas dan airnya.
  • Tuangkan perasan ke dalam cangkir dan tambahkan air hingga cangkir penuh.
  • Minum air ramuan daun rambutan 2 kali sehari pagi dan malam hingga panas dalam sembuh total.


14. Daun Sambiloto


Jenis daun selanjutnya yang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat panas dalam tradisional yaitu daun sambiloto. Sambiloto merupakan tumbuhan yang cukup terkenal di mana daunnya sering kali dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk berbagai keluhan. Salah satu keluhan yang bisa diatasi dengan daun sambiloto yaitu panas dalam. Daun sambilotto memiliki sifat antipiretik dan sangat efektif untuk mengurangi panas dalam.


Cara mengobati panas dalam dengan daun sambiloto yaitu:


  • Ambil daun sambiloto segar sebanyak satu genggam.
  • Tumbuk rata kemudian tambahkan air matang setengah cangkir.
  • Saring dan minum airnya untuk menghilangkan panas dalam Anda.
  • Atau Anda bisa menggunakan hingga 3 gram bahan kering
  • Direbus dan diminum 2 kali sehari sebelum makan.


15. Rimpang Teratai


Berbeda halnya dengan tanaman lain yang hidup di atas tanah, teratai merupakan tanaman yang unik karena justru tumbuh subur di atas air. Tumbuhan yang tumbuh di kolam ini sangat berkhasiat dan bisa dijadikan sayuran. Selain itu tanaman ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat panas dalam tradisional. Rimpang teratai bisa bermanfaat untuk mengobati panas dalam karena memiliki sifat antipiretik.


Cara mengobati panas dalam dengan rimpang teratai adalah sebagai berikut:


  • Siapkan 100 gram rimpang teratai lalu cuci hingga bersih.
  • Rebus dengan 2 gelas air dan tunggu hingga tersisa satu gelas.
  • Saring dan minum air rebusannya.
  • Rimpang teratai juga bisa direbus bersama 50 gram akar alang2.


16. Cuka Apel


Obat panas dalam tradisional yang satu ini juga merupakan solusi yang mudah. Cuka sari apel adalah apel yang difermentasi. Proses fermentasi mengoptimalkan komposisi nutrisi terutama enzim dan asam amino. Proses fermentasi jugalah yang memberikan khasiat penyembuhan pada cuka apel sebagai obat panas dalam alami. 


Meskipun rasanya masam, cuka apel sebenarnya bersifat membasakan tubuh atau meningkatkan alkalinitas sehingga sangat baik untuk mengatasi panas dalam. Diperkaya dengan kandungan antibakterial dan vitamin C yang tinggi, cuka apel akan sangat cocok digunakan untuk mengobati panas dalam Anda. Bahkan dengan konsumsi rutin, berbagai keluhan yang biasa menyertai seperti sariawan, bibir pecah-pecah, dan sakit tenggorokan bisa teratasi secara efektif.


Cara mengobati panas dalam dengan cuka apel yaitu:


  • Tuangkan cuka apel sebanyak 1 sendok makan ke dalam gelas.
  • Kemudian campurkan dengan segelas air.
  • Minum larutan cuka apel tersebut untuk meredakan panas dalam Anda.


17. Jus Mentimun


Siapa yang tidak pernah makan mentimun? Sayuran kaya serat yang 90% kandungannya terdiri dari air ini ternyata memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk meredakan panas dalam. Selain bermanfaat sebagai obat panas dalam, mentimun juga baik untuk penderita asam lambung. Mentimun dapat mengurangi nyeri perut akibat naiknya kadar asam lambung dalam tubuh. Untuk mengobati panas dalam, mentimun dapat dimakan langsung atau dapat juga diolah menjadi jus. Jus mentimun juga berkhasiat untuk mengatasi sariawan dan menyegarkan bau nafas.


Seorang penulis buku, K heyne voderman dalam bukunya, Tijdschr v Inl geneeskundigen 1895, menuliskan kesaksiannya terhadap seorang penderita panas dalam / sariawan akut yang telah mencoba berobat ke eropa tapi hasilnya sia-sia. Bahkan, mereka jadi menderita kekurangan darah. Namun ajaibnya, setelah setiap hari mengonsumsi sedikitnya 9 buah mentimun selama beberapa bulan, akhirnya mereka berhasil sembuh dengan sempurna.


Cara membuat jus mentimun untuk mengobati panas dalam yaitu:


  • Siapkan 2 buah mentimun ukuran sedang.
  • Kupas dan buang kulitnya.
  • Tempatkan dalam blender dan haluskan hingga lunak. 
  • Tuangkan ke dalam gelas.
  • Minum jus mentimun 3 kali sehari, maka sariawan & panas dalam akan segera lenyap.


18. Teh Bunga Krisan


Krisan atau Chrysanthemum adalah tanaman bunga hias yang berasal dari dataran Cina. Tanaman yang dikenal juga dengan sebutan seruni atau bunga emas ini ternyata memiliki khasiat sebagai obat panas dalam alami. Khasiat ini dapat diperoleh dengan cara memanfaatkan bunganya untuk diolah menjadi teh. Teh bunga krisan (Chrysanthemum morifolii) umumnya menggunakan varietas bunga krisan putih atau kuning. Teh bunga krisan telah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional Cina selama berabad-abad.


Bunga Chysanthemum memiliki kandungan penting seperti prostaglandin, choline, Vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan kita. Secara alami teh bunga krisan memiliki sifat mendinginkan sehingga dapat membantu menghilangkan panas dalam atau menurunkan suhu tubuh ketika demam.


Cara mengobati panas dalam dengan teh bunga krisan yaitu:


  • Ambil satu sendok teh bunga krisan (teh didapat dari hasil mengeringkan bunga krisan).
  • Seduh dengan secangkir air panas.
  • Tambahkan madu atau gula secukupnya.
  • Minumlah teh krisan dua kali sehari untuk meredakan panas dalam Anda.


19. Kencur


Obat panas dalam tradisional yang satu ini sangat mudah ditemukan di dapur. Kencur merupakan tanaman herbal jenis temu-temuan (Zingiberaceae) yang telah umum dimanfaatkan sebagai obat tradisional maupun sebagai bumbu dapur. Kencur memiliki kandungan alami yang berkhasiat untuk mengobati panas dalam, melegakan tenggorokan serta membuat badan kembali fit.


Cara mengobati panas dalam dengan kencur cukup mudah, yaitu:


  • Ambil 2 ruas kencur seukuran ibu jari.
  • Selanjutnya cuci, kupas, dan parut kencur tadi sampai halus.
  • Peras halusan kencur tadi hingga menghasilkan sari.
  • Campurkan perasan air kencur tersebut dengan setengah gelas air hangat.
  • Minum ramuan tradisional panas dalam tersebut secara rutin 2x sehari hingga sembuh.


20. Daun Cincau


Daun obat panas dalam ini biasanya dimanfaatkan orang untuk bahan baku membuat cincau. Ada dua jenis daun cincau, yaitu cincau hitam dan cincau hijau. Ternyata daun ini juga berkhasiat untuk menyembuhkan panas dalam. Senyawa saponin, tokoferol, alkaloid, mineral fosfor serta antioksidan dari daun cincau bermanfaat untuk mengobati panas dalam serta meningkatkan sistem imunitas tubuh.


Cara membuat obat panas dalam tradisional dengan daun cincau yaitu:


  • Rebus beberapa lembar daun cincau dengan air secukupnya.
  • Saring airnya kemudian tunggu hingga agak dingin.
  • Minumlah air rebusan daun cincau hingga 2 kali sehari.


21. Sari Tebu Hijau


Obat panas dalam alami yang menempati urutan berikutnya yaitu sari tebu hijau. Sari tebu hijau merupakan minuman alami yang menyehatkan. Karena selain mengandung gula alami sehingga aman bagi penderita diabetes, sari tebu juga bersifat menyegarkan dan berkhasiat untuk meredakan panas dalam. Air tebu kaya akan kandungan vitamin dan mineral seperti zat besi, fosfor, kalsium, kalium, dan magnesium. Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa air tebu bermanfaat untuk membantu memulihkan kekurangan vitamin di dalam tubuh akibat demam yang tinggi.


Cara mengobati panas dalam dengan sari tebu yaitu:


  • Ambil beberapa batang tebu hijau segar.
  • Kupas kulitnya dan bersihkan.
  • Peras batang tebu hingga keluar sarinya.
  • Minum sari tebu hijau sedikitnya 2 kali sehari.


22. Baking Soda


Obat panas dalam tradisional berikutnya yang juga mudah ditemukan di dapur yaitu baking soda. Baking soda atau biasa disebut dengan natrium bikarbonat pada umumnya digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kue atau roti. Baking soda ternyata dapat juga dimanfaatkan sebagai obat panas dalam, penyakit maag atau tukak lambung, serta asam urat, karena memiliki sifat alkaloid yang basa. Dalam hal ini campuran baking soda bertindak sebagai zat penetral asam. Gunakan satu sendok makan soda kue untuk membantu mengelola dan mengobati panas dalam. Baking soda mengandung pH yang lebih tinggi dari 7.0 sehingga bisa menetralisir keasaman dan membantu meredakan panas dalam yang disebabkan oleh asam lambung.


Cara mengobati panas dalam dengan ramuan larutan baking soda yaitu:


  • Ambil setengah sendok teh baking soda.
  • Campur dengan segelas air putih.
  • Kemudian aduk sampai rata, dan larutan pereda panas dalam siap dikonsumsi.
  • Larutan soda kue bisa diminum tujuh kali sehari selama dua minggu.
  • Bagi yang mengalami hipertensi, pemakaian baking soda harus diwaspadai. Jika ingin mencoba terapi baking soda, dianjurkan bagi mereka untuk menghentikan konsumsi garam dapur, serta selalu memantau tekanan darahnya.


23. Jus Lidah Buaya


Bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat panas dalam akibat asam lambung yaitu lidah buaya. Lidah buaya atau Aloe Vera dikenal memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan dan telah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Di antara khasiat lidah buaya adalah kemampuannya untuk mengatasi asam lambung serta mengusir panas dalam. 


Jus lidah buaya merupakan salah satu makanan yang bersifat alkali dan bermanfaat terhadap proses menjaga keasaman tubuh. Tingginya kadar asam dalam tubuh merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan timbulnya panas dalam. Konsumsi jus lidah buaya dapat membantu alkalisasi tubuh kita guna menyeimbangkan keasaman tubuh dari makanan yang kita konsumsi.


Cara membuat jus lidah buaya untuk obat panas dalam yaitu:


  • Ambil beberapa tangkai lidah buaya kemudian kupas kulitnya untuk diambil dagingnya.
  • Cuci daging lidah buaya kemudian potong-potong agar mudah dihaluskan.
  • Masukkan potongan lidah buaya ke dalam blender.
  • Tambahkan 2 sendok makan madu kemudian haluskan.
  • Minum jus lidah buaya sebanyak setengah gelas sebelum makan.


24. Jus Labu Kuning & Pepaya


Obat panas dalam tradisional selanjutnya yaitu kombinasi antara buah labu kuning dan pepaya. Labu kuning dan juga pepaya keduanya merupakan buah kaya serat yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan. Kedua buah tersebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Selain itu labu kuning memiliki kandungan asam amino dan tryptophan yang berkhasiat untuk memperbaiki mood serta menghilangkan stres. Karena khasiatnya tersebut, gabungan jus buah labu kuning dan pepaya dapat di jadikan sebagai obat panas dalam alami yang mujarab.


Cara membuat jus labu kuning dan pepaya untuk mengobati panas dalam sangatlah mudah:


  • Masukkan 100 gram labu kuning dan 50 gram pepaya matang yang telah dikupas ke dalam blender.
  • Campurkan setengah gelas air matang lalu blender hingga halus.
  • Tambahkan satu sendok madu agar lebih nikmat dan berkhasiat.
  • Minum secara rutin hingga panas dalam hilang.


25. Lemon


Buah yang satu ini merupakan salah satu buah terbaik sebagai obat tradisional panas dalam dan radang tenggorokan. Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Kekurangan vitamin C dapat menjadi salah satu penyebab timbulnya gejala panas dalam. Sebagaimana kita ketahui bahwa vitamin C mempunyai peran sangat penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu lemon juga termasuk salah satu makanan terbaik untuk alkalisasi tubuh. Karena sifat ini lemon adalah obat alami yang ampuh untuk gejala panas dalam dan sakit tenggorokan.


Cara mengobati panas dalam menggunakan lemon yaitu:


  • Siapkan 2 buah lemon yang sudah diiris dan diperas dalam air.
  • Campurkan dengan 200cc air hangat.
  • Tambahkan 2 sendok makan madu murni kemudian aduk hingga rata.
  • Minum secara teratur 2 kali sehari maka panas dalam Anda akan segera sembuh.


Selain lemon ada juga buah-buahan lainnya yang juga efektif untuk mengobati panas dalam. Anda bisa membaca pada link 17 buah paling efektif untuk mengobati panas dalam.


Nah itulah tadi 25 obat panas dalam tradisional paling ampuh yang dapat Anda coba untuk menyembuhkan dan meringankan panas dalam yang Anda derita. Sangat mudah untuk membuatnya bukan?


Ketika Anda telah mencoba beberapa obat tradisional di atas namun panas dalam yang Anda alami tak kunjung sembuh atau datang berulang, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter. Dalam beberapa kasus, panas dalam dapat menjadi pertanda datangnya suatu penyakit baik ringan maupun berat, seperti radang tenggorokan hingga penyakit saluran pencernaan. Jika demikian, ada kemungkinan obat tradisional di atas hanya sanggup mengurangi gejalanya sementara saja. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)