Top Label

Manfaat atau Khasiat Tumbuhan Akar Alang-Alang Untuk Kesehatan

Manfaat atau Khasiat Tumbuhan Akar Alang-Alang Untuk Kesehatan
Manfaat atau Khasiat Tumbuhan Akar Alang-Alang Untuk Kesehatan

Alang-Alang merupakan tumbuhan sejenis rumput yang mempunyai daun yang tajam dan merupakan gulma yang termasuk sebuah tumbuhan yang mengganggu para petani. Namun perlu anda ketahui bahwa manfaat akar alang-alang untuk kesehatan itu sangat banyak, seperti yang anda ketahui ada beberapa produk kesehatan yang mempunyai komposisi akar alang-alang mungkin anda sudah tau produk apa yang saya maksud. Dan di bawah ini adalah Manfaat atau Khasiat Tumbuhan Akar Alang-Alang.


Manfaat dan Khasiat  Akar Alang-Alang Bagi Kesehatan


Kencing Darah


Mengobati kencing darah menggunakan tumbuhan ini sangatlah mudah, cukup sediakan akar alang-alang yang segar sebanyak 100 gram. Lalu cuci dengan bersih, sesudah itu anda rebus dengan menambahkan air sebanyak 2 gelas dan anda tunggu hingga mendidih kalau bisa anda tunggu hingga air nya tinggal setengah. Lalu anda angkat dan dinginkan, saring air hasi rebusan tadi dan pisahkan dari ampasnya, setelah itu anda minum secara rutin 2 kali dalam sehari.


Obat Ginjal Akut


Pada bagian ini caranya juga tidak begitu sulit, cukup anda ambil akar alang-alang yang segar sekitar 120 gram, lalu anda potong akar alang-alang tadi yang anda sudah sediakan menjadi ukuran yang kecil. Setelah itu anda cuci dengan bersih dan rebuslah akar alang-alang yang anda sudah cuci tadi jangan lupa tambahkan 3 gelas air. Anda tunggu hingga air hasil rebusan tadi tersisa menjadi kira-kira 1 gelas atau lebih, dan anda tuangkan air hasil rebusan tadi jangan lupa juga anda saring agar ampasnya terpisah. Minumlah secara rutin 2 kali dalam satu hari, agar manfaat dari akar alang-alang lebih terasa.


Mengobati Muntah Darah


Khasiat akar alang-alang untuk kesehatan yang selanjutnya itu untuk mengobati penyakit muntah darah, caranya juga hampir sama dengan obat ginjal tadi namun beda takaran pada akar alang-alangnya. Anda cukup siapnya akar alang-alang yang segar 60 gram dan potong kecil-kecil dan anda rebus dengan 3 gelas air tunggu hingga air mulai sedikit kira-kira sisa 1 gelas saja, anda saring dan pisahkan dari ampasnya, setelah itu anda dinginkan dan minum air akar alang-alang tadi sebanyak 2 kali dalam satu hari.


Kencing Nanah


Sediakan 300 gram akar alang-alang yang segar dan jangan lupa di cuci hingga bersih. Setelah itu anda potong dengan ukuran secukupnya, dan anda rebus dengan air 4 gelas air bersih selama perebusan anda perhatikan jika airnya sudah cukup kira-kira untuk 2 gelas setengah anda angkat dan anda campurkan gula batu secukupnya, jika sudah anda aduk hingga rata supaya tercampur sempurna, jika anda sudah lakukan anda saring airnya dari ampas akar alang-alang. Air rebusan tadi yang sudah dicampur gula batu dan sudah disaring anda tuangkan ke gelas anda takar sesuai selera agar cukup untuk 3 kali minum dalam satu hari.


Hidung Berdarah


Dalam menyembuhkan hidung berdarah (mimisan) ada dua cara yang dapat anda lakukan di rumah silakan pilih sesuka diri anda.


  1. Sediakan 400 gram akar alang-alang lalu anda cuci dengan bersih, setelah itu anda rebus dengan tambahan air 3 gelas. Setelah itu anda tunggu hingga 3 gelas air tadi mengurang menjadi kira-kira 1 gelas saja, jika sudah anda dinginkan dan saring lalu anda dapat langsung meminumnya.
  2. Anda sediakan secukupnya akar alang-alang jangan lupa anda cuci dengan air bersih, setelah itu anda peras akar alang-alang tadi dan air hasil perasan anda taruh di gelas jika anda rasa air perasan sudah cukup anda bisa langsung minum.


Sudah tidak perlu meragukan lagi manfaat atau khasiat tumbuhan akar alang-alang untuk kesehatan ya karena sebenarnya sangat banyak sekali manfaat nya namun saya hanya bisa menuliskannya hanya beberapa saja. Semoga artikel ini bisa membuat wawasan anda menjadi lebih luas dan menambah ilmu pengetahuan anda ya.

#Obat#Obat Sehat
EDY SYAM Sabtu, 30 Juli 2022 Last Updated 2022-07-30T13:33:39Z
Komentar

Tampilkan