14 Obat Salep Luka Bakar Pilihan dan Paling direkomendasikan

EDY SYAM
0

14 Obat Salep Luka Bakar Pilihan dan Paling direkomendasikan
Obat Salep Luka Bakar Pilihan dan Paling direkomendasikan


Sehat Selalu - Luka bakar sering kali terjadi akibat kecelakaan tak terduga yang biasanya lebih rentan menimpa anak-anak ataupun lansia. Apabila tidak ditangani dengan benar, luka tersebut dapat mengalami infeksi yang menyebabkan terbentuknya nanah dan adakalanya juga menyebabkan demam. Luka bakar biasanya disertai rasa nyeri dan demam yang berkepanjangan. Untuk penyembuhan luka bakar yang sempurna Anda membutuhkan salep luka bakar yang lebih efektif dan sesuai. Salah penanganan pada luka bakar akan berisiko meninggalkan bekas luka yang pada akhirnya dapat mengurangi kepercayaan diri.


Tidak banyak orang yang mengetahui cara menangani luka bakar dengan benar. Sering kali cedera tak terduga membuat korban menjadi panik dan melalaikan langkah pertolongan pertama yang sebenarnya sangat vital dan mempengaruhi kesembuhan luka itu sendiri. Berdasarkan tingkat keparahannya, luka bakar bisa dikategorikan sebagai luka bakar ringan hingga berat. Obat luka bakar yang dapat diberikan pun keefektifannya berbeda-beda, tergantung dari tingkat keparahan atau stadium luka yang di derita.


Cara Mengobati Luka Bakar


Pada kondisi di mana tingkat luka bakar sudah terlalu parah misalnya akibat kebakaran atau tersetrum listrik hingga membakar lapisan kulit dengan area yang luas atau dalam, maka korban harus segera mendapat pertolongan medis di rumah sakit. Pada kasus kebakaran, sering kali korban juga mengalami cedera inhalasi dan keracunan karbon monoksida sehingga memerlukan perawatan yang intensif. Penanganan secara intensif dilakukan oleh dokter secara langsung dengan pengobatan yang lebih terjamin di rumah sakit.


Tindakan pertolongan pertama yang penting untuk luka bakar ringan seperti dari percikan minyak mendidih dalam air panas atau terkena limbah panas adalah segera menyiram area yang terkena dengan air selama minimal 10 menit. Jika diakibatkan oleh bahan kimia / Chemical burn maka cucilah daerah yang terdampak dengan air sebanyak-banyaknya. 


Air yang digunakan untuk mencuci sebaiknya diberi larutan antiseptik seperti Betadine, Dettol atau Albothyl, atau bisa juga di kompres menggunakan Rivanol. Setelah dirasa kering, olesi daerah luka dengan salep luka bakar atau topical antiobiotik. Kemudian tutup luka dengan plastik cling wrap untuk mengurangi resiko terjadinya infeksi atau agar luka tidak semakin parah. Topical antibiotik untuk mengobati luka bakar yang sering kali digunakan adalah salep jenis Neomycin Sulfate, dan Silver Sulphadiazine.


Sedangkan untuk tingkat luka bakar yang serius, Anda mungkin perlu memberikan obat secara oral untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri. Pemberian obat anti radang yang bersifat analgesik seperti Ibuprofen, asam mefenamat (Ponstan, Mefinal), atau paracetamol ditujukan untuk mengurangi rasa sakit dan supaya korban bisa istirahat. Jika Anda mengalami infeksi luka bakar Anda memerlukan antibiotik untuk mengobati infeksi tersebut. Dengan petunjuk dokter, kita bisa mengonsumsi antibiotik secara aman dan meminimalisir risiko terjadinya efek samping.


Ragam Merek Salep Luka Bakar dan Khasiatnya


Pada waktu yang lalu saya telah menulis artikel mengenai 16 macam obat luka bakar tradisional. Namun tentunya tak semua orang menyukai jenis pengobatan luka bakar secara herbal, dan lebih menyukai obat yang tersedia instan di apotek. Nah, pada artikel kali ini saya ingin membagikan kepada Anda beberapa merek salep luka bakar yang biasa digunakan untuk mengobati luka bakar.


Obat yang dapat diberikan untuk mengatasi luka bakar sangat beragam macamnya. Pada umumnya obat jenis salep atau krim adalah yang paling sering digunakan untuk merawat luka bakar. Penggunaan krim atau salep luka bakar bertujuan untuk mempercepat penyembuhan, mencegah infeksi, menjaga kelembapan luka serta mengurangi nyeri. Namun, tak semua salep itu memiliki kandungan yang sama serta efektif digunakan pada semua keadaan. Akan lebih baik jika mendapat saran dari dokter untuk memilih obat luka bakar yang paling tepat.


Berikut ini adalah 14 merek salep luka bakar pilihan yang penting untuk Anda ketahui dan Anda jadikan referensi.


Obat Salep Luka Bakar Tingkat 1


Luka bakar derajat I merupakan tingkatan luka bakar paling ringan di mana luka bakar ini hanya mengenai lapisan luar epidermis (lapisan terluar kulit), namun tidak sampai mengenai daerah dermis (bagian dalam kulit). Biasanya kulit akan sedikit mengalami bengkak dan timbul nyeri. Luka bakar seperti ini tidak perlu dibalut, namun cukup dengan pemberian salep luka bakar atau topikal antibiotik untuk mengurangi infeksi dan melembapkan kulit. Berikut adalah perawatan luka bakar yang paling efektif untuk mengobati luka bakar tingkat pertama:


1. Nutrimoist


Salep Nutrimoist ini pada dasarnya adalah obat alami untuk luka biasa. Namun salep ini juga sangat efektif dan direkomendasikan sebagai salep untuk luka bakar. Salep produk dari CNI ini terbuat dari ekstrak herbal langka dari negeri Tiongkok. Kandungan utamanya adalah Panax ginseng, Polygonum cuspidatum, Polygonum multiflori dan Angelica sinensis. 


Efek ekstrak tersebutlah yang membuatnya efektif sebagai penanganan luka bakar karena mempunyai khasiat untuk melembapkan kulit dan sebagai sumber nutrisi kulit sehingga mempercepat proses regenerasi sel dan penyembuhan luka bakar. Salep atau krim ini cukup baik digunakan dalam menangani luka bakar apa pun jenis kulit Anda karena kandungan alaminya yang tak menimbulkan efek samping.


2. Bioplacenton


Salep luka bakar Bioplacenton mungkin adalah merek obat luka bakar yang paling populer. Salep yang terjangkau ini banyak digunakan untuk mengobati luka bakar tingkat pertama. Setiap kemasan tube 15 gram salep Bioplacenton mengandung Neomycin Sulphate sebanyak 0.5 % serta ekstrak Placenta sebanyak 10%.


Perlu diketahui bahwa pada luka bakar dengan kulit yang mengelupas disarankan untuk memberikan salep yang mengandung antibiotik dengan tambahan ekstrak plasenta. Antibiotik dalam salep ini neomycin sulfate mencegah infeksi dan pembengkakan dan ekstrak plasenta membantu mengembalikan kulit yang terbakar ke bentuk aslinya. Tentu saja anak-anak pun bisa menggunakannya sebagai salep luka bakar yang aman.


Selain berfungsi sebagai obat luka bakar, salep buatan Kalbe Farma ini juga berkhasiat menyembuhkan ulkus kronis, luka yang lama sembuh (biasanya akibat diabetes) dan terdapat granulasi, ulkus dekubitus, eksim pioderma, impetigo, furunkolosis dan infeksi kulit lainnya. .


Oleskan bioplacenton pada luka bakar 4-5 kali sehari guna mempercepat penyembuhan luka bakar. Salep ini juga dapat mengurangi rasa nyeri pada luka bakar berkat kandungan gel di dalamnya yang menyebabkan sensasi dingin pada kulit. Namun salep ini memiliki efek samping khususnya terhadap penderita yang mempunyai hipersensitif terhadap Neomycin sulfat dan ekstrak plasenta.


3. Madecassol


Madecassol merupakan obat luka bakar berbentuk salep yang diproduksi oleh Corsa/Roche Nicholas/Serdex. Didalamnya terdapat kandungan Titrated Extract of Centella Asiatica (asiaticoside 40%, asiatic acid 30%, madecassic acid 30%).


Salep ini berfungsi sebagai obat yang efektif untuk mencegah dan menghilangkan keloid yang timbul pada luka bakar, luka trauma serta luka bedah. Salep ini juga berguna untuk mengatasi masalah jaringan parut abnormal, dekubitus, retraktil, luka mukosa dan kulit pada telinga, hidung dan tenggorokan, lesi ulkus pada lepra, sindroma prevarikosis, ulkus varikosis serta varices.


Obat salep luka bakar ini bisa terus digunakan tanpa menimbulkan efek samping berbahaya. Aturan pemakaiannya, cukup oleskan salep ini pada daerah luka satu sampai dua kali sehari saja. Gunakan obat luka bakar ini sampai luka sembuh. Jika sampai timbul iritasi pada kulit, hendaknya segera menghentikan penggunaan obat ini.


4. Sulfamylon Cream


Sulfamylon Cream adalah krim antimikroba topikal yang digunakan sebagai terapi antimikroba ajuvan pada pasien dengan luka bakar derajat kedua dan ketiga. Obat berbentuk krim ini mengandung Mafenide acetate yang berguna mengurangi risiko penyebaran bakteri ke kulit di sekitarnya atau hingga ke darah, sehingga membantu mencegah infeksi darah yang serius. Obat ini juga berkhasiat untuk mencegah luka bakar mengalami penebalan.


5. Bacitracin


Bacitracin adalah salep yang digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi kulit ringan yang disebabkan oleh luka kecil, goresan, termasuk luka bakar. Antibiotik oles ini berguna untuk menghentikan pertumbuhan bakteri. Obat ini hanya bisa mencegah atau mengobati infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri saja, tidak termasuk oleh virus dan jamur. Walaupun salep ini dijual bebas, namun alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan obat ini.


6. Nebacetin


Nebacetin merupakan salep obat luar yang bekerja sebagai antibiotik (membunuh bakteri dan mengobati infeksi) pada luka tertutup. Kandungan neomycin sulfat dan bacitracin pada salep ini bermanfaat untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Neomycin sulfat dapat secara efektif membunuh bakteri Gram-positif dengan menghambat biosintesis dinding sel bakteri sedangkan bacitracin dapat secara efektif membunuh bakteri Gram-negatif dengan menghancurkan kode genetik dan urutan sintesis protein bakteri.


Keunggulan salep luka bakar Nebacetin ini adalah mengandung 2 antibiotik yang bekerja sinergis (saling menguatkan) sehingga lebih efektif membunuh bakteri penyebab infeksi. Salep ini memiliki komposisi 5 mg Neomycin sulfat serta 250 unit Bacitracin. Pada dasarnya Nebacetin tidak menimbulkan efek samping karena tidak diserap oleh kulit dan mukosa, sehingga pada pemakaian lokal dapat diberikan pada dosis tinggi. Selain itu bahan dasar salep Nebacetin ini tidak menimbulkan suatu iritasi apapun.


7. Enbatic


Enbatic merupakan salep yang efektif untuk mengobati luka bakar, luka karena operasi, penyakit kulit dan mukosa yang disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap Neomycin dan Bacitracin, pioderma dan folikulitis. Salep Enbatic mengandung Neomycin sulfate yaitu antibiotik golongan aminoglikosid yang menghambat pertumbuhan bakteri dan Zn Bacitracin yang merupakan antibiotik yang membunuh infeksi bakteri penyebab penyakit kulit.


Sama halnya dengan Nebacetin, obat ini juga mengandung Neomycin sulfat dan Bacitracin. Keduanya digunakan dalam bentuk topikal (obat luar). Yang membedakan keduanya adalah jumlah kandungan bacitracin yang lebih banyak dimana Enbatic mengandung 5 mg Neomycin sulfat dan 500 unit Bacitracin.


8. Bioderm


Bioderm Cream merupakan obat topikal berbentuk krim yang mengandung Gentamicin Sulfate. Zat ini efektif dalam pengobatan penyakit kulit primer dan sekunder seperti impetigo folikulitis superfisial furunkulosis acne vulgaris luka bakar eksim dan dermatitis. Penggunaan salep ini secara teratur pada area yang terkena akan membantu ramuan dalam salep menyembuhkan kulit secara efektif.


9. Metcovazin


Salep Metcovazin merupakan topical therapy (obat oles) buatan anak negeri untuk perawatan luka. Metcovazin dibuat dalam bentuk ointment jenis krim atau salep dan memiliki warna putih agak kekuningan. Salep Metcovazin diramu untuk mengobati semua jenis luka, termasuk luka bakar. Metcovazin memiliki sifat mempertahankan kelembaban luka sehingga permukaan luka tetap pada lingkungan optimal (moist wound healing). 


Kelebihan inilah yang menjadikan metcovazin juga direkomendasikan sebagai salep luka bakar. Metcovazin secara selektif dapat membunuh jamur bakteri anaerob dan organisme protozoa. Metcovazin tersedia dalam 3 varian, yaitu Metcovazin Reguler (mengandung Metronidazole dan Zinc) untuk semua jenis luka, Metcovazin Red (+iodosorb) untuk jaringan berwarna merah, dan Metcovazin Gold (+hidrokoloid) untuk jaringan nekrosis hitam dan kuning atau infeksi.


Salep metcovazin dapat digunakan untuk pemakaian topikal pada kasus luka bakar, luka kanker, luka akibat tirah baring yang lama, luka diabetes, dan luka kronis lainnya. Salep metcovazin juga berkhasiat untuk mengatasi infeksi bakteri dan jamur, mengurangi bau tak sedap pada perawatan luka kanker, mencegah perdarahan terutama pada saat mengganti balutan (karena tidak menyebabkan balutan menjadi kering), dan mempertahankan kelembaban pada luka untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Cara Pemakaian obat ini cukup mudah, yaitu cuci luka terlebih dahulu, oleskan Metcovazin pada luka, kemudian beri balutan kasa lalu plester.


Pada kasus perawatan luka dengan therapi radiasi, salep ini tidak boleh digunakan karena mengandung zinc yang dapat mengganggu aktifitas pengobatan therapi radiasi. Selain itu salep ini juga tidak cocok untuk yang memiliki hipersensitivitas terhadap zinc oxide.


10. Minol


Berbeda dengan semua obat luka bakar di atas yang berbentuk salep, minol dikemas dalam bentuk minyak. Minol merupakan perpaduan dari minyak atsiri yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka bakar tanpa menimbulkan perih. Komposisi alami yang terkandung dalam minol terdiri atas Curcumae domesticae rhizoma (20%), Kaempferiae rhizoma (20%), Oleum eucalypti (10%), Benzoe sumatra (15%), Persicae semen (15%) dan Draconis resina (15%). Kombinasi dari bahan alami tersebut terbukti mampu mempercepat proses penyembuhan luka bakar secara efektif.


Persicae semen atau biji buah prunus persica dan Draconis resina (daemonorop draco BI) bermanfaat sebagai anti infeksi dan mengurangi rasa sakit. Oleum eucalypti merupakan minyak atsiri (volatile oil) yang efektif sebagai obat luka di kulit, termasuk luka bakar. Benzoe sumatra merupakan kandungan yang sangat bermanfaat sebagai obat luka bakar dan luka lecet. Tak ketinggalan ada pula Kaempferiae rhizoma yang dalamnya mengadung minyak atsiri dan zat pati yang bermanfaat untuk melemaskan otot yang tegang.


Karena diramu dari perpaduan herbal, maka jangan heran jika Minol ini memiliki aroma tradisional yang cukup khas. Bagi Anda yang tidak menyukai bau rempah, mungkin bau obat ini sedikit mengganggu. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, bau ini tidak terlalu tajam dan akan menghilang setelah beberapa menit Anda oleskan. Cara menggunakan minol sebagai obat luka bakar cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak ini pada daerah luka 3 sampai 5 kali sehari.


Obat Salep Luka Bakar Tingkat 2 dan 3


Luka bakar derajat II dan III merupakan tingkat luka bakar yang lebih parah dari derajat I. Luka bakar tingkat ini perlu perawatan luka setiap harinya, yaitu luka dibersihkan dengan air, kemudian diolesi dengan salep luka bakar, kemudian dibalut dengan perban katun atau perban elastik. Berikut ini adalah beberapa jenis obat luka bakar yang cukup ampuh dan disarankan untuk mengatasi luka bakar tingkat dua dan tiga:


11. Burnazin


Salep luka bakar Burnazin merupakan antibiotik topikal berbasis Silver sulfadiazine. Obat luka bakar berbasis Silver sulfadiazine dapat dipergunakan untuk mengobati dan mencegah infeksi luka bakar pada tingkat keparahan dua dan tiga. Obat luka bakar ini sangat populer dan banyak digunakan dalam krim luka bakar lainnya. Burnazin merupakan salep antimikroba topikal yang sering digunakan untuk mencegah serta menanggulangi sepsis luka pada pasien luka bakar tingkat dua dan tiga.


Meski digunakan sebagai obat luar, namun salep ini dilarang digunakan pada wanita hamil. Hal itu disebabkan karena kandungan Silver sulfadiazine dalam salep dapat terserap kedalam tubuh dan mempengaruhi perkembangan janin. Selain itu salep ini juga tak dianjurkan bagi pasien luka bakar yang memiliki penyakit ginjal maupun hati. Penggunaan salep ini juga menyebabkan area kulit yang diolesi akan sensitif terhadap sinar matahari dan mudah mengalami iritasi. Sehingga ketika menggunakan salep ini sangat disarankan untuk melindungi area luka bakar dari paparan sinar matahari.


12. Mebo


Salep luka bakar Mebo atau moist exposed burn ointment adalah salah satu obat luka bakar yang paling ampuh dan paling direkomendasikan oleh para dokter untuk pengobatan luka bakar. Namun disamping memiliki harga yang cukup mahal, salep produk impor buatan Shantou S.E.Z. MEBO Pharmaceutical Factory, Beijing, China ini juga sedikit susah didapatkan. Namun mahalnya harga salep ini sebanding dengan khasiatnya yang sudah terbukti ampuh dalam menyembuhkan dan mengeringkan luka bakar. Banyak sekali kasus luka bakar baik tingkat 1, 2, maupun 3 yang lukanya sembuh dan mengering hanya dalam hitungan hari saja sejak di olesi dengan obat manjur ini.


Salep ini memiliki kandungan yaitu Radix Scutellariae, Cortex Phellodendri, dan Rhizoma Coptidis. Khasiat dari obat ini yaitu mengurangi panas atau materi toxic lainnya akibat luka bakar, mengurangi nyeri, dan mempercepat regenerasi/pertumbungan jaringan. Salep Mebo ini ampuh untuk mengobati luka bakar, scalds, dan luka bakar kimiawi / chemical burn. Ciri khas salep ini yaitu memiliki warna kuning kecoklatan dan berbau minyak wijen. 


Sebelum mengoleskan salep Mebo pada luka bakar ada baiknya mencuci luka terlebih dahulu menggunakan air infus / NaCl, baru kemudian oleskan tipis salep mebo dengan ketebalan tidak melebihi 1 mm. Oleskan salep Mebo setiap 4 hingga 6 jam. SSebelum mengoleskan kulit harus dibersihkan sebelum mengoleskan salep mebo. Ini harus digunakan dengan hati-hati pada pasien yang hipersensitif atau alergi terhadap minyak wijen.


13. Sibro


Salep luka bakar Sibro pada dasarnya serupa dengan mebo. Salep ini juga merupakan produk dari Shantou S.E.Z. MEBO Pharmaceutical Factory, Beijing, China yang di impor oleh PT Combiphar. Khasiat salep satu ini juga sama dengan salep mebo yang banyak disarankan untuk mengobati luka bakar.


14. Salep lidah buaya


Obat salep luka bakar terakhir yang sangat direkomendasikan yaitu salep lidah buaya. Krim lidah buaya cukup ampuh digunakan untuk mengobati luka bakar tingkat dua yang Anda alami. Bahkan menurut penelitian, luka bakar yang diobati menggunakan krim lidah buaya lebih cepat sembuh dibandingkan dengan salep Silver sulfadiazine. 


Luka bakar yang diobati dengan menggunakan salep Silver sulfadiazine sembuh dalam waktu 19 hari sedangkan luka yang diobati dengan krim lidah buaya dapat sembuh dalam waktu kurang dari 16 hari. Salah satu krim lidah buaya yang banyak dijual di pasaran adalah merk Medigel. Salep tersebut terbuat dari lidah buaya dan tidak mengandung aloin (getah kuning beracun yang dapat menyebabkan gatal).


Nah, itulah tadi 14 merek salep luka bakar pilihan yang paling umum digunakan dan direkomendasikan untuk mengobati luka bakar. Jadi jika suatu saat Anda merasakan sensasi terbakar Anda tidak perlu bingung lagi mencari pengobatannya. Dari beberapa alternatif obat luka bakar di atas, ada baiknya Anda memilih salah satunya dan menyimpannya ke dalam kotak obat. Hal itu agar Anda siaga dengan pertolongan pertama jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan luka bakar tak terduga. Jangan lupa, jauhkan obat tersebut dari jangkauan anak-anak khususnya balita.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)