Pengertian Penyakit Liver Dan Kenali Gejalanya

Daftar Isi

 

Pengertian Penyakit Liver Dan Kenali Gejalanya  - Sehat Selalu

Sehat-Selalu.com - Setiap tubuh manusia pasti memiliki hati (liver), ukurannya tidak besar dan posisinya tepat ada tulang rusuk bagian bawah sebelah kanan perut manusia. Fungsi hati (liver) sangat penting, karena dapat mencari alat pencerna makanan serta mampu mencegah racun yang masuk ke dalam tubuh. Menurut para ahli, bahwa penyakit hati (liver) umumnya datang dari keturunan. Namun sebagian ada yang bisa terjadi karena beberapa faktor. Sehingga membuat hati (liver) terkena virus. Penyebabnya dapat terjadi karena penderita terlalu sering konsumsi minuman beralkohol, atau kelebihan berat badan (obesitas). Bisa juga terjadi karena kebiasaan yang kurang sehat.


Jika organ hati (liver) manusia mengalami masalah, maka sebaiknya tidak mengabaikan. Karena itu dapat berakibat fatal, dan bisa mengancam keselamatan. Lantas tindakkan apa yang harus dicegah atau dilakukan? Bagaimana cara penanganan yang paling tepat jika seseorang telah terkena penyakit hati (liver). Di sini kami akan sedikit membantu Anda untuk menemukan jawaban tersebut. dengan membaca penuh pengertian penyakit liver dan mengenali gejalanya. Maka Anda telah berhasil mencegah penyakit untuk tidak menjadi semakin parah.


Gejala Jika Anda Mengidap Penyakit Liver


1. Mata Dan Kulit Terlihat Kekuningan (Jaundice)

Ketika hati (liver) Anda mengalami masalah dan sudah tidak berfungsi dengan baik, ada beberapa gejala yang akan timbul. Anda dapat perhatikan bagian mata dan kulit yang terlihat sedikit menguning. Hal itu diakibatkan karena adanya gumpalan zat kuning dalam darah kita, ini akan disebut dengan bilirubin.


Tetapi sebagian ada yang menyebutnya dengan nama jaundice. Adapun penyebab utama orang mengalami penyakit hati (liver) adalah karena kanker, hepatitis, alkohol, salah gunakan ekstasi, infeksi dan zat beracun.


Penyakit ini akan terlihat sangat jelas ketika sudah masuk ke tahap yang cukup parah. Di mana penderitanya akan melihat warna urin menjadi lebih gelap, dan kotoran tampak pucat warnanya. Namun berbeda jika fungsi hati (liver) normal, maka dapat membersihkan darah dengan baik. Serta mampu cerna makanan dengan baik, sehingga infeksi tidak akan terjadi dan terus regenerasi.



2. Bengkak

Apabila fungsi hati (liver) manusia tidak bisa menjalankan perannya dengan baik, maka sangat riskan bagi seseorang terkena penyakit hati (liver). Jika benar, ada kemungkinan orang tersebut dapat mengalami pembengkakan pada bagian kaki atau perutnya. Hal itu, dikarenakan air yang seharusnya berjalan dengan baik tertahan di sana.


(ads)


3. Kulit Menjadi Gatal

Penyakit hati (liver) dapat menimbulkan gejala kulit gatal. Namun hal buruk yang dapat terjadi jika tidak segera ditangani adalah dapat mengarah menjadi tiroid, gagal ginjal, dan kanker. Efek gatal pada kulit tersebut, akan menjalar ke seluruh bagian tubuh. Meskipun kulit tampak normal, tetapi akan tetap menyisakan luka atau goresan di sana.



4. Mudah Terluka Atau Memar

Bagi penderita penyakit hati (liver), tubuhnya akan sangat sensitif. Sehingga mereka mudah terluka atau memar. Karena fungsi hati (liver) tidak bekerja dengan optimal, di mana akan memperlambat produksi protein yang memang sangat diperlukan membekukan darah dalam tubuh.



5. Menghilangkan Nafsu Makan

Bagi orang-orang yang sedang mengalami penyakit hati (liver), mereka akan kehilangan nafsu makan. Diantarnya bahkan ada yang cenderung lebih sering merasakan mual atau ingin muntah ketika makan. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya makan dalam porsi kecil.


Efek muntah dan mual yang dirasakan penderita penyakit hati (liver), itu dikarenakan organ tidak mampu terima makanan yang masuk dan mencernanya secara baik. Dengan begitu, otomatis makanan yang masuk ke dalam tubuh akan ditolak dengan sendirinya. Konsultasikan segera dengan dokter, jika rasa yang dialami terus berlanjut.



6. Pencegahan Penyakit Hati (Liver)

Beberapa orang yang memiliki aktivitas berat, serta kekurangan istirahat lebih berpeluang terkena virus hepatitis. Di Jakarta sendiri banyak sekali para pekerja kantoran yang terinfeksi. Dengan gaya hidupnya yang sering bergadang, lembur untuk pekerjaan, sehingga tidak memiliki waktu yang cukup. Untuk mencegah penyakit hati (liver) ini, Anda perlu membiasakan diri dengan gaya hidup yang lebih sehat. Beberapa di antaranya adalah:


  • Selalu menjaga berat badan proporsional.
  • Mencegah Hepatitis dengan melakukan vaksinasi khusus.
  • Batasi konsumsi obat-obatan. Kalau perlu konsultasikan ke dokter sebelum Anda mengonsumsi sembarang obat.
  • Membatasi konsumsi alkohol seperti bir hingga minuman berat.
  • Kurangi makanan mentah.
  • Kurangi aktivitas yang melelahkan.
  • Menggunakan kondom ketika melakukan hubungan intim.
  • Mengonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan.
  • Kurangi jajanan di luar.


Menjaga organ hati seperti sedia kala sebenarnya tidak terlalu sulit. Tergantung dari gaya hidup Anda masing-masing. Yang terpenting harus beristirahat dengan cukup dan makan makanan yang sehat. Selain penyakit jantung, tentu Anda juga harus memperhatikan hati yang fungsinya juga tak kalah penting di tubuh kita. Jika Anda memiliki keluhan seperti gejala di atas, cepat periksakan ke dokter sebelum terlambat.

Sehat Selalu
Sehat Selalu Sehat-Selalu.com merupakan website mandiri atau personal yang dengan sengaja mengumpulkan berbagai macam informasi seputar kesehatan, kecantikan dll.

Posting Komentar