Bahaya Yang Mengancam Akibat Begadang

Sehat Selalu
0

 

Bahaya Yang Mengancam Akibat Begadang - Sehat Selalu

Sehat-Selalu.com - Selama ini tidak ada info mengenai dampak begadang yang baik untuk kesehatan. Tapi sebaliknya, kurang tidur bisa membuat keadaan fisik dan psikis bertambah lebih jelek. Inі tеrkаіt dengan faedah tidur untuk bаdаn manusia. 


Waktu tidur yang diperlukan setiap orang berbeda berdasarkan umur. orang dewasa dinyatakan cukup tidur jika durasi jam tidurnya sepanjang 7 – 9 jam /hari. Sedang beberapa anak perlu tidur sepanjang 10 – 13 jam tiap hari. Bila mengalami kesulitan tidur malam sesuai dengan durasi yang dianjurkan, Anda dapat coba tidur bifasik.


Saat manusia tidur, badan memperbaiki keadaan fisik dan psikis. Terutamanya pada umur remaja, tidur adalah waktu di mana badan melepaskan hormon perkembangan. Hormon yang akan membuat massa otot dan membenahi kumpulan sel tubuh yang rusak.


Dampak Buruk Begadang Untuk Kesehatan

Selain rasa kantuk yang berlebihan dan sering menguap akibat begadang di malam hari kurang tidur memengaruhi kinerja kognitif keadaan emosi dan fungsi otak.. Dampak buruk begadang untuk kesehatan termasuk juga menaikkan risiko penyakit seperti; diabetes, kegemukan, tekanan darah tinggi, kanker, dan penyakit jantung.


Selain beberapa hal yang telah disebut di atas, ternyata ada banyak risiko-risiko yang mengikuti kebiasaan bergadang. Mari kita pelajari apa saja dampak buruk begadang berikut:


1. Meningkatkan Berat Badan

Riset menyatakan, orang yang kurang tidur condong banyak makan camilan yang memiliki kalori tinggi pada malam hari. Di samping itu, mereka condong konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dengan porsi yang lebih banyak. Studi lain menunjukkan orang yang tidur kurang dari 7 jam dalam satu hari condong mengalami kenaikan berat badan.


Kurang tidur ada hubungannya dengan kenaikan selera makan dan pertambahan rasa lapar. Untuk Anda yang berencana menurunkan berat badan, jauhkan kegiatan yang membutuhkan begadang.



3. Kulit terlihat lebih tua

Berkebalikan dengan hormon perkembangan yang dilepaskan dengan jumlah semakin sedikit saat bergadang, kekurangan tidur membuat hormon kortisol (hormon stress) dilepaskan dengan jumlah yang semakin banyak. Hormon ini memiliki sifat merusak kolagen di kulit, walau sebenarnya kolagen ialah protein yang membuat kulit lebih kuat dan plastis.


Kekurangan tidur karena bergadang dapat mengakibatkan mata bengap dan kulit jadi pucat dan kusam. Rutinitas bergadang secara berkelanjutan akan memunculkan dampak kekurangan tidur akut. Mengakibatkan, muncul garis-garis penuaan lembut di muka dan jadikan kulit tampak kusam.


Pernah dengar arti mata panda? Mata panda ialah lingkaran gelap di seputar mata yang tampil karena perluasan pembuluh darah dibalik kulit mata yang tipis. Keadaan kekurangan tidur ialah pemicu khusus berlangsungnya mata panda.



3. Pelupa

Saat tidur, otak akan alami siklus pergantian sel yang bermanfaat untuk perkuat daya ingat. Proses ini akan mengalihkan daya ingat dan memori ke sisi otak yang berperan selaku area untuk menyimpan memori periode panjang.


Begadang akan menghalangi seluruh proses ini dan tingkatkan rasa mengantuk, hingga Anda jadi pelupa dan susah fokus. Supaya tidak gampang lupa, sekalian untuk tingkatkan kekuatan ingat, hentikan rutinitas bergadang. Khususnya untuk Anda yang direpotkan dengan rutinitas bersekolah dan bekerja.



4. Menurunkan Kemampuan memikir

Dampak bergadang bisa kurangi daya logika, kekuatan pecahkan permasalahan, dan fokus. Kekuatan memerhatikan suatu hal dan tingkat kesiagaan akan alami pengurangan. Kesusahan konsentrasi bisa berpengaruh pada kecelakaan waktu mengemudi atau bekerja.



5. Menurunkan libido

Libido yang turun adalah dampak bergadang. Saat kekurangan tidur, badan jadi kecapean, mengantuk, energi menyusut, tingkatkan kemelut, dan selanjutnya jadi kurang tertarik ke sex.



6. Depresi

Bergadang bermakna menggunting waktu tidur Anda pada malam hari. Banyak orang yang di diagnosa alami depresi dan kekhawatiran ialah mereka yang tidur kurang dari 6 jam pada malam hari. Bukan hanya rutinitas bergadang, masalah tidur juga bisa ke arah ke insomnia yang paling terkait dengan keadaan depresi.



7. Risiko kanker

Rupanya dampak bergadang terkait dengan kenaikan risiko terserang kanker. Riset memperlihatkan jika mereka yang mempunyai rutinitas kekurangan tidur, atau kerap bekerja shift pada malam hari, mempunyai risiko terserang kanker yang tinggi. Belum tahu tentu apa dampak bergadang pada munculnya kanker, tetapi diperhitungkan terkait dengan depresi dan kerusakan sel badan.


8. Meningkatkan risiko kematian

Satu studi mengatakan jika tidur yang cuman dengan durasi lima jam, bisa tingkatkan risiko kematian sejumlah 12 %. Kenaikan risiko ini berlaku untuk semuanya pemicu kematian, khususnya kematian yang karena penyakit jantung dan pembuluh darah.


Sesudah mengenali jika dampak bergadang tidak ada yang bagus untuk badan, sekarang waktunya Anda memikir kembali saat sebelum memilih untuk bergadang. Hindari bermain game sampai larut malam untuk menghindari kekurangan tidur. Upayakan untuk membayar hutang tidur Anda dan penuhi keperluan tidur minimum tujuh jam sehari-harinya. Bila ada masalah tidur yang membuat kualitas atau waktu tidur menyusut, Anda bisa konsultasi ke dokter untuk memperoleh penyembuhan selanjutnya.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)