Cara Menurunkan Kolesterol Paling Tepat

Daftar Isi

 

Cara Menurunkan Kolesterol Paling Tepat - Sehat Selalu

Sehat-Selalu.com - Perlu anda ketahui, cara menurunkan kolesterol sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Penggunaan obat-obat penurun kolesterol biasanya kurang bekerja dengan baik jika pola hidup anda masih tidak teratur. Kolesterol ini sebenarnya ada dua jenis yaitu kolesterol jahat dan kolesterol baik. Adanya kolesterol ini bisa dihasilkan oleh tubuh kita sendiri maupun dari luar tubuh yaitu makanan hewani seperti telur dan juga daging. Jika anda tidak mengatur pola makan anda dengan baik, tubuh anda dapat menghasilkan kolesterol yang tinggi.


Kolesterol yang tinggi ini akan menimbulkan gejala migrain, pegal pada bagian tengkuk belakang leher, kesemutan disertai persendian terasa nyeri dan sakit. Jika anda sudah mengalami gejala ini sebaiknya anda segera mencegah kolesterol tersebut dan menurunkan kolesterol agar stabil kembali.


Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan kolesterol dengan tepat :


Menghindari makanan yang mengandung unsur hewani 

Jika anda sudah terkena kolesterol tinggi, sebaiknya anda menghindari makanan hewani di antaranya adalah kuning telur, telur puyuh, susu yang berlemak tinggi, keju, sosis, otak sapi, gajih sapi, sapi berlemak, gajih daging kambing. Selain itu, hindari juga makanan yang digoreng dengan minyak biasa maupun mentega, sebaiknya gunakan minyak zaitun atau minyak canola. Beberapa jenis makanan laut juga harus anda hindari di antaranya yaitu kepiting, cumi-cumi, udang belut, dan juga siput.


Berolahraga dan menghindari zat berbahaya 

Selain menghindari makanan-makanan yang sudah kami sampaikan di atas, anda juga perlu mengubah pola hidup anda yang tidak teratur dengan membiasakan diri untuk berolahraga. Olahraga yang tepat untuk menurunkan kolesterol yaitu olahraga yang berhubungan dengan latihan kardio seperti aerobic, treadmill dan juga lari ringan. Latihan tersebut dapat anda lakukan 3-5 kali dalam seminggu. Selain itu, hindari juga zat-zat berbahaya seperti merokok dan juga minuman beralkohol.


Mengonsumsi beberapa makanan yang dianjurkan 

Makanan yang dapat anda konsumsi dan tidak membahayakan kesehatan anda seperti mengonsumsi havermurt pada saat sarapan pagi yang dapat membantu menurunkan kolesterol dengan baik. Jika anda ingin mengonsumsi susu, sebaiknya pilih yang rendah lemak selain itu jika mengonsumsi daging, pilihlah daging yang tanpa kulit dan lemak.


Demikianlah beberapa tips yang dapat kami sampaikan di atas mengenai cara menurunkan kolesterol. Semoga info kesehatan ini dapat bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol anda dengan baik.

Sehat Selalu
Sehat Selalu Sehat-Selalu.com merupakan website mandiri atau personal yang dengan sengaja mengumpulkan berbagai macam informasi seputar kesehatan, kecantikan dll.

Posting Komentar