Penyebab Mata Katarak dan Obat Cara Menyembuhkannya

EDY SYAM
0
Penyebab Mata Katarak dan Obat Cara Menyembuhkannya
Penyebab Mata Katarak dan Obat Cara Menyembuhkannya



Penyebab mata katarak dan obat cara menyembuhkannya | Mata katarak adalah salah satu penyakit mata dengan tanda-tanda yang sangat tampak. Yaitu bagian lensa mata yang seharusnya bening, menjadi agak keruh atau ada bercak putih seperti awan. Meskipun awal-awal gejalanya tidak tampak dan penderitanya tidak merasakan sakit ataupun nyeri, namun katarak bisa tumbuh seiring usia dan nanti tingkat parahnya bisa menyebabkan mata buta.


Seperti kita ketahui bahwa lensa mata berfungsi untuk menangkap cahaya dari pupil dan meneruskannya ke retina, jadi seandainya di lensa mata ada keruhan tersebut, otomatis akan menghalangi cahaya masuk sehingga penglihatan jadi terganggu. Bercak katarak semakin tua bisa semakin tebal, akhirnya bisa mengganggu penglihatan secara keseluruhan atau bisa di bilang kebutaan.


Baca Juga : 7 Obat Sakit Mata Alami, Ampuh dan Mujarab yang Mudah Didapat


Maka dari itu sebaiknya mata katarak harus segera disembuhkan sedini mungkin. Agar pengobatannya tepat tentu harus diketahui penyebabnya dulu. Nah berikut inilah sehat selalu akan bahas mata katarak dengan lebih detail.


Gejala penyakit mata katarak


Penderita mata katarak memang tak merasa sakit ataupun nyeri. Namun seiring waktu noda putih di lensa mata akan tumbuh melebar dan menebal hingga menutupi bagian lainnya. Jika sudah ditahap ini barulah penderita merasa penglihatan terganggu dan makin lama bisa membuat kepala pusing dan sakit. Selain hal itu, gejala lain katarak adalah sebagai berikut:


  •     Pandangan kabur, suram, dan tampak seperti ada awan putih yang mengganggu.
  •     Mengalami kesulitan penglihatan pada malam hari
  •     Mata sangat sensitif terhadap cahaya
  •     Saat melihat sinar, di sekitar sumber cahaya tampak lingkaran putih
  •     Butuh cahaya terang untuk membaca dan aktivitas sebagainya
  •     Pandangan seakan-akan berwarna kuning
  •     Jika melihat dengan satu mata, bayangan menjadi ganda.


Penyebab katarak pada mata


Biasanya katarak awalnya satu mata saja. Semakin tua bercak putih pada mata akan semakin tampak. Begitu juga dengan mata lainnya, akan mulai tumbuh bercak juga. Namun ada juga sih yang mata katarak hanya satu mata saja.


Nah apa sajakah yang bisa menyebabkan mata mengalami katarak? Berikut daftarnya


  •     Seringnya mata terkena sinar ultraviolet/matahari
  •     Radiasi
  •     Efek lain dari penyakit diabetes dan hipertensi
  •     Faktor usia
  •     Keturunan
  •     Cedera atau trauma fisik


Itulah alasan mengapa para tukang nelayan yang bekerja di area terbuka dan luas (laut) disarankan menggunakan kaca mata hitam. Begitu juga dengan tukang las. Lalu pilot juga iya, bisa terkena radiasi dari luar angkasa.


Baca Juga : Penyebab Kanker Mata dan Cara Pencegahannya


Jenis-jenis katarak mata


Salah satu alasan mengapa katarak bisa makin parah seiring bertambahnya usia karena serat protein yang terdapat di lensa mata bisa menurun kadarnya saat di usia tua. Maka dari itu bercak noda katarak bisa makin tampak dan parah.


Kekeruhan katarak pada mata bisa dibagikan menjadi 3 jenis berikut:


Nuclear


Katarak yang terjadi di tengah lensa mata. Awalnya bisa meningkatkan penglihatan, tapi makin lama makin buruk dan bayangan tampak menguning. Pada tingkatan parah anda tidak bisa lagi mengenali warna, karena semyanya akan terlihat agak biru atau ungu.


Cortical


Katarak dimulai dari lapisan luar mata. Kemudian menyebar masuk ke dalam lensa mata. Penyebarannya sebetulnya lambat. Penderita jenis ini akan merasakan gampang silau.


Subcapsular


Katarak dimulai dari belakang lensa mata, berupa bercak hitam yang mengganggu cahaya masuk ke retina. Penderita ini mengalami susah membaca, silau, dan bila melihat matahari akan tampak lingkaran putih yang mengelilinginya.


Menua bukan satu-satunya penyebab mata katarak. Kadang ada juga bayi yang terlahir dengan katarak bawaan. Sehingga dengan menua akan memperparah tingkatannya. Namun pada bayi yang matanya sehat, tidak sedikit juga yang tidak mengalami katarak sampai tua sekalipun.


Cara mengatasi katarak sampai sembuh


Ilmuan tidak mengetahui dengan pasti mengapa usia bisa mempengaruhi perubahan lensa mata. Satu kemungkinannya dikarenakan molekul tidak stabil yang disebabkan radikal bebas.


Sedangkan cara mengobati mata katarak agar sembuh biasanya harus dioperasi. Nanti lensa yang rusak akan diganti. Operasi katarak tergolong ringan. Hanya menggunakan bius lokal dan tidak perlu menginap di rumah sakit. Tapi untuk penyembuhannya butuh waktu sekitar 2-3 minggu.


Baca Juga : Cara Mengurangi Mata Minus Yang Sudah Parah


Obat untuk mata katarak agar tidak perlu operasi


Operasi yang bagi kebanyakan orang adalah menakutkan serta biayanya yang mahal, kini banyak orang yang mencari alternatif lainnya. Contohnya penggunaan obat. Saat ini banyak beredar obat yang katanya bisa menyembuhkan mata katarak tanpa operasi.


Mengingat biaya operasi mata katarak yang bisa mencapai 10 sampai 30 juta, itu pun untuk satu mata, obat katarak macam ini banyak yang mencarinya. Namun jika anda memang ingin menggunakannya, saran saya harus konsultasikan dulu kepada dokter spesialis mata kepercayaan anda. Saya tidak menganjurkan anda mencari sendiri di internet tanpa pengetahuan khusus. Ini masalah mata, jika ada kesalahan risikonya sangat fatal.


Sekian artikel kali ini yang membahas tentang penyebab katarak dan obat cara menyembuhkannya. Semoga tulisan di atas bisa bermanfaat. Jangan lupa baca info kesehatan lainnya di bawah ini.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)