7 Obat Sakit Mata Alami, Ampuh dan Mujarab yang Mudah Didapat

EDY SYAM
0
7 Obat Sakit Mata Alami, Ampuh dan Mujarab yang Mudah Didapat
Obat Sakit Mata Alami, Ampuh dan Mujarab yang Mudah Didapat



Obat Sakit Mata AlamiBermacam-macam jenisnya penyakit mata tentu cara menangani dan obatnya berbeda-beda. Tidak bisa disamaratakan karena harus disesuaikan dengan gejala, penyebab, dan bahkan umur penderitanya. Seperti misalnya mata merah karena lelah depan komputer, tidak mungkin penderitanya harus sampai dioperasi. Biasanya dengan diistirahatkan dan dikompres air atau obat alami lainnya saja sudah cukup.


Cara mengobati sakit mata golongan berat, seperti misalnya juling, rabun, katarak, glukoma, graves, degenerasi makula, sebaiknya anda hubungi dokter mata untuk mengatasinya. Namun kalau sakit mata ringan seperti mata lelah, mata panda, kantung mata, bintitan/timbilan, bahkan belek dan sejenisnya, kebanyakan orang lebih memilih untuk mengatasi sendiri di rumah.


Jika anda ingin tau obat alami apa sajakah yang bisa menyembuhkan sakit mata ringan yang ampuh dan mujarab, berikut inilah sehat-selalu.com akan memberikan daftarnya. Namun sekali lagi harap diingat ya, hanya bisa untuk sakit mata ringan saja. Untuk sakit mata yang parah lebih baik serahkan urusan ke dokter. Dan bila anda ragu terhadap daftar di bawah ini, lebih baik jangan pernah dicoba. Anggap saja sebagai bacaan umum untuk menambah wawasan.


7 Obat Sakit Mata Alami yang Ampuh dan Mujarab


Kami menginventarisir, paling tidak ada 7 obat sakit mata alami yang bisa digunakan untuk membantu mengobati sakit mata ringan. Dan istimewanya, bahan-bahan tersebut juga mudah didapat. Ketujuh obat alami tersebut yaitu air, daun sirih, bawang putih, timun, stroberi dan bengkuang. Mari kita bahas cara menggunakannya satu per satu:


1. Air


Saya tidak tahu apakah air bisa dikategorikan sebagai obat atau tidak. Yang jelas saat kita membaca internet cara mengatasi mata merah, mata panda, belek, bintitan, dan sejenisnya, banyak yang menyarankan untuk mengompresnya dengan air.


Seperti kita ketahui, mata sendiri butuh air mata untuk melembapkan. Bila terasa kering biasanya bisa diatasi dengan obat tetes mata yang mengandung air mata buatan. Namun yang akan dibahas di sini kan obat alami, jadi untuk obat tetes mata lebih baik kita bahas lain kali saja.


Kembali ke topik, untuk menjaga kesehatan mata yang paling dasar adalah kebersihan mata. Nah untuk membersihkan mata, airlah yang bisa kita andalkan.


Beberapa masalah mata ringan seperti kantung mata bisa kita kempeskan dengan mengompresnya dengan es batu. Mata belek dan bintitan kita bisa mengompres dan membersihkannya dengan air hangat dan lap.


2. Daun sirih


Dalam dunia medis, daun sirih sangat banyak manfaatnya. Zat yang terkandungnya bisa berfungsi sebagai antibakteri. Oleh karena itu banyak orang merekomendasikan daun ini sebagai obat infeksi bakteri.


Hal yang sama berlaku untuk masalah mata ringan yang disebabkan oleh bakteri seperti bintik dan bintil. Daun sirih ini bisa menyembuhkan penyakit.


Caranya siapkan daun sirih. Cuci dengan baik. Kemudian didihkan air dalam panci kecil. Angkat dari api dan biarkan dingin. Sebelum membuang rebusan daun sirih sebaiknya disaring hingga ampasnya hilang.


Selain direbus, kita juga bisa memanfaatkannya dengan cara ditempelkan saja. Siapkan 2 lembar daun sirih. Lalu cuci bersih sampai kuman hilang. Kemudian tempelkan lembaran daun sirih sebelum tidur. Paginya, saat bangun tidur cuci muka dan mandilah seperti biasa.


3. Bawang putih


Bawang putih yang hampir mirip dengan daun sirih sering digunakan untuk mengobati penyakit mata seperti penyakit kelopak mata. Kandungan dalam bawang putih dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab sakit mata.


Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat alami yang efektif dan efisien untuk sakit mata mulailah dengan satu siung bawang putih bersih. Pada salah satu ujungnya, irislah menggunakan pisau. Kemudian oleskan getah dipinggir irisan pada kelopak mata yang sakit.


Sakit mata diobati dengan bawang putih memang tidak langsung sembuh. Minimal 2-3 hari baru terasa efeknya. Itu pun kalau anda rajin mengoleskannya 2-3 kali dalam sehari.


4. Irisan timun, Kentang, Stroberi, dan Bengkoang


Untuk masalah mata ringan seperti kelelahan dan kantung mata panda hitam Anda bisa menggunakan irisan mentimun, stroberi dan jicama ubi jalar. Bahan-bahan tersebut dipercaya dapat merevitalisasi dan memulihkan kesehatan mata.


Jika mata anda lelah, ada lingkaran yang menghitam seperti mata panda, bagian bawah menggelembung atau yang biasa disebut kantung mata, anda coba mengatasi dan memutihkan warnanya kembali dengan irisan timun, kentang mentah, stroberi, dan bengkoang.


Begini caranya jika Anda ingin mencobanya. Pertama siapkan salah satu buah yang disebutkan di atas. Lebih baik dinginkan dulu di lemari es. Setelah dipastikan bersih potong tipis-tipis setebal 1-2 cm. Untuk luas/lebar, setidaknya cukup menutupi mata saja. Dan untuk buah stroberi belahlah jadi dua bagian.


Oh ya, jangan lupa memotongnya pakai pisau yang bersih juga. Jika sudah dipotong tinggal tempelkan saja ke atas mata sambil terbaring dan tentu pula dalam keadaan kelopak mata tertutup. Benar, penggunaannya adalah ditempel, bukan dimakan. Kalau ingin yang dimakan, silakan baca 10 Makanan Sehat untuk Mata.


Tempelkan begitu sampai kurang lebih 15-20 menit. Untuk frekuensinya cukup 2-3 kali saja dalam sehari. Setelah 2 hari kemudian, di jamin mata anda yang sebelumnya lelah akan terasa segar dan nyaman kembali. Yang awalnya ada lingkaran hitam seperti mata panda akan berangsur hilang dan memutih kembali. Dan yang matanya berkantung akan mengempes dan normal kembali.


Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang 7 obat sakit mata alami yang ampuh, mujarab, dan gampang ditemukan di sekitar kita. Semoga tulisan di atas bisa bermanfaat.


Kalau seandainya dalam 4-5 hari ke depan mata anda tidak ada perubahan membaik, segeralah hubungi dokter. Karena kantung mata yang anda derita bisa jadi tanda adanya penyakit lain yang lebih serius.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)