10 Makanan Sehat Untuk Mata Minus, Rabun, Silinder, Katarak, dll

EDY SYAM
0

10 Makanan Sehat Untuk Mata Minus, Rabun, Silinder, Katarak, dll

Saat membahas mengenai kesehatan indra penglihatan, untuk menjaga agar tidak terkena berbagai macam penyakit seperti yang sudah pernah di bahas di Macam-macam penyakit mata, ciri, gambar, dan penjelasannya, selain harus digunakan dengan baik, pola hidup dan pola makan juga harus yang sehat.


Seperti misalnya jangan biarkan terlalu lelah, menonton TV dan menatap layar gadget tidak terlalu dekat, pakai kaca mata hitam bila di tempat silau, hindari mer0kok, polusi, debu, cuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh mata agar tidak tertular dan menularkan sakit mata, serta yang tidak kalah penting makanlah makanan yang bagus untuk kesehatan mata.


Nah ngomong-ngomong tentang makanan sehat untuk mata, kebanyakan terdiri dari buah dan sayur. Buah dan sayuran tersebut mengandung zat dan vitamin yang diperlukan oleh mata. Karena begitu banyak jenisnya yang ada di dunia ini, kita pasti jadi tanya, “Kira-kira buah dan sayur apa sajakah yang paling bagus untuk mata?”


10 makanan sehat untuk mata minus, rabun, katarak, silinder, dan lainnya


Meskipun judul artikel kali ini adalah 10 makanan sehat untuk mata minus, rabun, katarak, silinder, dan penyakit mata lainnya, tapi bukan berarti hanya orang yang sudah menderita sakit mata tersebut saja yang boleh mengonsumsinya. Untuk orang yang matanya masih normal dan sehat pun sebaiknya rutin mengonsumsi buah dan sayuran di bawah ini.


1. Wortel


Saat menyebutkan kata wortel, hal yang pertama terlintas di benak kebanyakan orang pasti hewan bertelinga panjang itu. Yup, wortel adalah makanan favorit kelinci. Apakah dengan makan wortel setiap hari membuat mata kelinci menjadi sangat tajam? Hmmm…bukan itu bahasan kali ini.


Yang jelas, umbi warna kuning yang termasuk sayuran ini kalau dikonsumsi manusia bisa bagus untuk kesehatan mata. Mengapa bisa begitu? Karena wortel mengandung banyak vitamin A. Apa yang terkandung dalam wortel memang tidak bisa menyembuhkan kebutaan, tapi hanyalah memperbaiki kondisi mata. Untuk orang yang sudah tua atau lanjut usia, antioksidannya wortel bisa mencegah katarak dan degenerasi makula.


Meskipun wortel bagus untuk kesehatan mata, namun sebaiknya anda mengonsumsinya dalam batas wajar saja. Makan wortel berlebihan konon justru bisa bahaya. Bayi yang setiap hari dikasih wortel bisa membuat kulitnya berubah warna seakan-akan kuning.


Apakah wortel sebaiknya dimakan matang dibuat sop atau makan mentah saja dibikin jus? Banyak dokter yang bilang asal dalam jumlah tidak berlebihan boleh dimakan mentah atau matang terserah. Namun bila ingin mentah pastikan dulu tidak ada kuman dan bakteri yang nantinya justru membuat pencernaan jadi terganggu. Dan bila matang sebaiknya jangan dimasak terlalu matang. Nanti kandungan zat yang dimiliknya bisa berkurang.


2. Biji bunga matahari atau kuaci


Biji bunga matahari atau kuaci sering kita makan sebagai camilan. Meskipun terlihat sepele dan murah, namun kuaci selain terkenal untuk menghaluskan kulit juga bisa menyehatkan mata.


Yang membuat biji bunga matahari dipercaya sebagai makanan sehat untuk mata karena mengandung selenium zinc dan vitamin E. Keduanya bisa mencegah katarak dan gangguan mata lainnya yang disebabkan faktor penuaan.


Oh ya jangan ketinggalan, biji bunga matahari juga mengandung vitamin B2 yang mana berfungsi untuk mengurangi mata yang terlalu sensitif terhadap cahaya atau yang biasa disebut photopobia.


3. Ikan salmon


Ngomong-ngomong makanan ikan pasti kita akan teringat orang Jepang, hehe. Banyak yang bilang bangsa Jepang pintar-pintar karena banyak konsumsi makanan laut ini.


Banyak jenis ikan yang mengandung omega3. Banyak penelitian yang membuktikan kalau orang banyak konsumsi asam lemak omega3, maka matanya cenderung lebih sehat. Bagaimana penjelasan lebih detailnya? Omga3 pada mata bisa membantu menghindari mata kering.


4. Telur


Meskipun saat mata kita sedang sakit entah belek, timbilan, dan sebagainya para orang tua menganjurkan untuk menghindari makan telur, namun mengonsumsi telur saat mata sehat justru membuat makin sehat.


Hal itu dikarenakan telur mengandung lutein, B12, vitamin D, vitamin A, zinc, dan cystein. Lutein dan cystein yang terdapat di putih telur adalah antioksidan terbaik yang bisa mencegah degenerasi makula dan sakit mata katarak.


5. Bayam


Makanan sehat untuk mata yang kelima adalah bayam. Makanan favorit Popeye ini mempunyai kandungan yang hampir sama seperti telur yang sebelumnya kita bahas. Tambahannya bayam memiliki kandungan vitamin C yang bisa mencegah penyakit mata glaukoma.


6. Alpukat


Pada poin ke-4 tadi kita sedikit singgung fungsi Lutein, yaitu untuk mencegah degenerasi makula dan mata katarak. Nah di buah yang sangat enak dibuat jus inilah zat lutein bisa ditemukan lebih banyak bila dibandingkan dengan makanan, buah, dan sayuran lain.


Selain lutein, jangan lupakan juga alpukat memiliki nutrisi penting lainnya berupa alfa dan beta karoten yang mana bisa membentuk vitamin A dan siap diserap agar berguna untuk mata sehat.


7. Bawang putih


Saat mata belekan, bengkak, bahkan timbilan, bawang putih bisa kita manfaatkan untuk mengobatinya. Caranya yaitu siapkan satu siung bawang putih. Lalu iris salah satu ujungnya. Kemudian oleskan ke mata yang sakit. Lakukan hal tersebut selama 3 kali dalam sehari.


Ternyata, selain dioleskan, bawang putih kalau dimakan pun ada manfaatnya untuk kesehatan mata. Hal itu dipengaruhi oleh selenium, vitamin C, B1, quercetin, dan glutathione yang terkandung di dalamnya. Semua zat tersebut diyakini bisa melindungi lensa mata dan menangkal radikal bebas seperti sinar UV. Fungsi lain dari bawang putih iyalah menjaga sirkulasi darah dan memperkuat sel-sel optik mata.


Sama seperti di atas, meskipun fungsi bawang putih sangat banyak, tapi bukan berarti kita bebas mengonsumsinya secara berlebihan. Mungkin cukup dijadikan bumbu saat memasak saja.


8. Tomat


Setelah dulu ada perdebatan apakah tomat termasuk buah atau sayur, di sehat-selalu.com kali ini tidak akan ikut-ikutan beradu pendapat. Dari pada mendebatkan masuk klasifikasi apa, lebih baik kita membicarakan manfaatnya.


Tomat yang menurut para ahli botani termasuk kategori buah ini diperkaya akan vitamin A, vitamin C, dan lycopene. Ketiganya merupakan nutrisi penting untuk kesehatan mata.


9. Coklat hitam


Sama seperti poin ke-3, makanan sehat untuk mata di urutan ke sembilan ini bukanlah golongan dari buah atau pun sayuran.


Coklat hitam atau biasa disebu dark chocolate mengandung zat flavonoid. Fungsi zat ini bisa melindungi pembuluh darah yang terletak di mata yang tentu saja membuat kornea dan retina akan menjadi lebih kuat dibuatnya. Tentu saja efek yang dihasilkannya membuat penglihatan jadi lebih tajam.


10. Brokoli atau kol


Zat yang terkandung dalam sayuran brokoli hampir sama dengan bayam, yaitu lutein dan zeaxanthin. Fungsinya sebagai “sunglasses” atau pelindung radikal bebas ultra violet. Selain itu konsumsi brokoli secara teratur bisa mengurangi penyakit mata katarak. Itulah sebabnya brokoli saya masukan ke daftar sebagai makanan sehat untuk mata.


Itulah 10 makanan yang banyak orang percaya sebagai makanan yang sehat untuk mata kalau dikonsumsi dengan tepat, tidak kurang atau lebih. Seperti nasehat yang sering kita dengar, segala sesuatu apa pun kalau berlebihan jadinya tidak baik. Begitu juga dengan makanan-makanan di atas. Santap dan nikmatilah sesuai porsi wajar. Terima kasih dan jangan lupa baca artikel lainnya di bawah ini.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)