Manfaat Daun Bayam

EDY SYAM
0

Manfaat Daun Bayam – Anda pasti pernah mendengar nama kartun popeye yang gemar sekali memakan bayam supaya mendapatkan kekuatan supernya untuk melawan musuhnya? Begitulah daun bayam yang memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, memberikan kekuatan dan memberikan energi  bagi kita. Ada dua macam bayam, yaitu bayam cabut dan bayam petik.


Bayam cabut adalah bayam yang umurnya lebih pendek, dicabut langsung sampai akarnya, biasanya di buat sayur bening, dan sup bubur. Sedangkan bayam petik umurnya lebih lama daunnya juga lebih lebih lebar. Biasanya di buat untuk lalapan untuk masakan berbau sambal seperti gado-gado, urap, dll. Manfaat daun bayam untuk kesehatan begitu banyak antara lain:


Manfaat Daun Bayam


manfaat bayam dan bahayanya, manfaat air rebusan bayam, manfaat sayur bayam merah, manfaat daun bayam untuk gatal, vitamin sayur bayam, 10 manfaat sayur bayam, manfaat makan bayam setiap hari, kandungan bayam
Manfaat Daun Bayam


1. Menjaga Pencernaan


Daun bayam banyak mengandung beta karoten dan vitamin C yang sangat bagus untuk menjaga sel-sel tubuh dari efek buruk radikal bebas.


2. Menjaga Kesehatan Kulit


Kandungan vitamin A di dalam bayam dapat menjaga kesehatan kulit anda. Maka perbanyaklah mengonsumsi daun bayam supaya kulit tetap sehat, selalu tampak lebih bersinar setiap hari, lembap dan kencang.


3. Merangsang Pertumbuhan Anak


Bayam juga sangat berperan penting untuk anak-anak remaja atau balita karena kandungan zat besi di dalam bayam tersebut sangat berguna untuk menstimulasi pertumbuhan anak.


4. Menyehatkan Mata


Bayam juga banyak mengandung anti-oksidan yang sangat bagus untuk melindungi mata dari efek buruk sinar ultraviolet, dan dari masalah katarak yang terjadi karena usia lanjut.


5. Menyehatkan Otak


Bayam juga sangat berkhasiat bagi kesehatan otak, karena daun bayam memiliki kandungan vitamin K yang menjadi penjaga bagi sistem syaraf otak dan sintesis Shpingolipids.


6. Menjaga Kesehatan Tulang


Daun bayam dapat menjaga kepadatan pada tulang sehingga terhindar dari gangguan osteoporosis. Di dalam satu cangkir daun bayam mengandung 100% AKG vitamin K yang sangat berguna untuk mencegah kerusakan sel-sel tulang.


7. Mencegah Kanker


Daun bayam adalah sumber Flafonoid yang sangat melimpah, sebuah phytonutrisi yang melambatkan pembelahan sel pada perut dan juga sel kanker. Mengonsumsi bayam yang cukup juga dapat menjauhkan diri dari kanker prostat agresif.


8. Menurunkan Tekan Darah


Daun bayam memiliki kandungan zat yang di sebut Peptida dan Angiotensin, dan dua zat tersebut sangat bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. Baca : Gejala Penyakit Ginjal.


9. Anti Inflamasi


Violaxabthin dan Neoxanthin adalah dua zat di dalam bayam yang sangat berpengaruh besar bagi peradangan. Karena kedua zat tersebut mampu mengontrol dan mengatur proses peradangan di dalam tubuh.


10. Menurunkan Berat Badan ( Diet )


Yang ingin melakukan menurunkan berat badan atau ingin berdiet, anda dapat mencoba mengonsumsi daun bayam. Karena bayam sangat bagus bagi pencernaan. Dari satu gelas bayam mengandung 20% dari RDA serat makanan yang sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengontrol gula darah tetap rendah, dan mencegah terjadinya sembelit.


11. Membuat Tubuh tidak Mudah Capek


Karena kandungan zat besi bayam yang cukup tinggi maka tubuh pun tidak akan mudah capek. Kandungan zat besi di dalam bayam tersebut akan membuat tubuh memiliki energi lebih untuk pekerjaan dan aktivitas anda.


12. Nutrisi Sempurna Bagi Jantung


Berbagai gaya hidup yang tidak sehat akan mengakibatkan terjadinya penyakit jantung dan berpotensi terjadinya serangan jantung. Maka dari itu konsumsi daun bayam secara teratur karena memiliki kandungan vitamin A, C dan folat, serta magnesium yang cukup tinggi.


Demikian manfaat-manfaat kandungan yang terdapat di dalam daun bayam bagi kesehatan tubuh anda, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembacanya. Terima kasih

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)