Diabetes Bisa Menyebabkan Komplikasi Stroke hingga Kebutaan

EDY SYAM
0

Diabetes Bisa Menyebabkan Komplikasi Stroke hingga Kebutaan
Diabetes Bisa Menyebabkan Komplikasi Stroke hingga Kebutaan


Sehat Selalu - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menglasifikasikan diabetes melitus menjadi salah satu penyakit yang tergolong paling mematikan di seluruh penjuru dunia. Penyakit ini bisa mengganggu proses pengolahan glukosa dalam tubuh sehingga mengakibatkan gangguan kesehatan.


Diabetes mellitus sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Kedua jenis tersebut dibedakan berdasarkan penyebabnya.


Dikutip dari lama mayoclinic.org, diabetes tipe 1 terjadi karena masalah autoimun dalam tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang seharusnya dapat bekerja melawa patogen, malah justru menyerang sel-sel beta dalam pankreas yang berperang penting dalam produksi insulin. Akibatnya tubuh tidak bisa mendapatkan suplai insulin yang cukup untuk mengurai glukosa menjadi energi sehingga terjadi penumpukan gula darah.


Sedangkan diabetes tipe 2 terjadi akibat tubuh tidak bisa merespon hormon insulin dengan baik. Hal ini akan berdampak pada insulin yang diproduksi pankreas tidak lagi bekerja secara maksimal untuk mengurai glukosa. Dampaknya sama dengan diabetes tipe 1 yakni penumpukan gula darah.


Diabetes tipe 1 umumnya muncul karena faktor genetik, infeksi virus, atau riwayat penyakit turunan. Adapun diabetes tipe 2 sering terjadi karena masalah kelebihan berat badan, kurang aktivitas fisik, maupun seiring bertambahnya usia. Gejala umum yang muncul pada kedua tipe diabetes tersebut hampir sama, sering buang air kecil, rasa lapar dan haus secara terus menerus, penurunan berat badan ekstrem tanpa dikehendaki, kelelahan, penglihatan buram, luka sulit sembuh.


Selain itu, diabetes juga berpotensi menimbulkan komplikasi penyakit. Berikut adalah beberapa komplikasi yang disebabkan oleh diabetes.


1. Penyakit Jantung


Timbunan gula darah memicu adanya masalah pada sistem jantung. Penderita diabetes sangat berisiko mengalami penyempitan pembuluh darah, yang bisa mengakibatkan serangan jantung atau stroke.


2. Gagal Ginjal


Kontaminasi gula darah menyebabkan ginjal bekerja lebih keras dalam proses penyaringan.. Keadaan seperti itu sangat berisiko merusak struktur ginjal hingga terjadi gagal ginjal kronis yang dapat membahayakan kesehatan.


3. Gangguan Pengingatan


Penderita diabetes tipe 2 rentan mengalami gangguan ingatan atau alzheimer yang bisa berakibat pikun atau lupa ingatan. Masalah kesehatan ini terjadi karena kondisi gula darah tidak terkontrol hingga kinerja otak tidak bisa bekerja secara optimal.


4. Luka Parah


Seperti yang sudah bahas sebelumnya, diabetes akan membuat penderitanya mudah mengalami luka dan sulit disembuhkan. Dalam kondisi yang parah, luka yang dialami oleh penderita diabetes semakin membesar hingga terjadi pembusukan dan berakhir pada tindakan amputasi.


5. Kerusakan Mata


Diabetes juga berpotensi menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di mata yang bisa mengakibatkan kebutaan. Selain itu diabetes juga dianggap dapat meningkatkan risiko timbulnya katarak dan glaukoma pada mata.


Agar tidak mengakibatkan komplikasi serius dan membahayakan, diabetes harus ketahui secepat mungkin. Jika sudah mengetahui gejala-gejala diabetes, segera konsultasikan dengan dokter.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)