Top Label

15 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan Tubuh

15 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Terong ungu – Terong ungu pasti sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Sayur lonjong ini sering digunakan sebagai bahan masakan Indonesia seperti Vegeta Lode Terong Saus Lode dan masih banyak masakan lainnya yang menggunakan terong ungu ini sebagai bahan dasarnya.


Rasa terong ungu cukup enak, gurih dan memiliki tekstur lembut di mulut setelah di masak. Selain rasanya yang lezat terong ungu kaya akan nutrisi dan memiliki gizi penting bagi tubuh manusia sangat baik dan diperlukan untuk tubuh manusia. Sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa terong ungu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.


Kandungan Gizi Dan Nutrisi Penting Dalam Tubuh


Dibalik rasanya yang enak dan nikmat ternyata terong mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh. Terong ungu mengandung vitamin A vitamin B vitamin C vitamin E dan vitamin K. Terong ungu juga mengandung mineral dan nutrisi seperti kalsium magnesium kalium fosfor mangan zat besi asam folat dan serat. air dll. Vitamin B pada terong merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang meliputi beberapa jenis seperti tiamin (vitamin B1) riboflavin (vitamin B2) dan niasin (vitamin B3). Vitamin ini larut dalam air dan mudah diserap oleh tubuh.


15 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan Tubuh


Konsumsi terong ungu secara rutin memiliki banyak manfaat antara lain:


1. Menjaga Kesehatan Jantung


Mengonsumsi terung ungu sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan dan fungsi jantung karena nutrisi dan zat penting yang dikandungnya dan mencegah peningkatan resistensi cairan sehingga mencegah penyakit jantung.


2. Meningkatkan Fungsi Dan Kerja Otak


Di dalam terong ungu mengandung nutrisi penting dan fitonutrien yang berupa nasunin, kandungan nutrisi tersebut mampu melindungi membran sel saraf dan juga otak agar terhindar dari risiko terjadinya kerusakan akibat dari dampak burung radikal bebas. Selain itu konsumsi terong ungu secara teratur bermanfaat untuk transmisi informasi antar neuron di otak sehingga meningkatkan fungsi dan fungsi otak.. Dengan demikian, manfaat terong ungu juga tidak hanya baik dikonsumsi oleh orang dewasa saja tetapi juga baik untuk anak-anak dalam membantu meningkatkan kecerdasan otak anak.


3. Membantu Menurunkan Berat Badan


Tentu saja memiliki tubuh yang melar bisa membuat seseorang merasa minder dan tentunya tidak hanya wanita saja tetapi banyak juga pria yang mengalami hal ini. Selain itu kelebihan berat badan dapat memicu berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Namun diet saja tidak cukup untuk menurunkan berat badan, makanan yang Anda makan setiap hari dapat berdampak besar dalam membantu Anda menurunkan berat badan.


Salah satu makanan terbaik untuk membantu menurunkan berat badan yaitu dengan rutin mengonsumsi terong ungu, karena di dalam terong ungu mengandung serat yang cukup tinggi dan sangat rendah kalori, sehingga disarankan untuk dimasukkan dalam menu diet harian bagi mereka yang mengikuti rencana diet sehat. Di samping itu, untuk mendapatkan hasil optimal tetap harus diimbangi dengan olahraga secara rutin dan teratur.


4. Melancarkan Pencernaan


Kandungan serat dalam terong ungu juga sangat efektif dalam membantu pencernaan sehingga jika Anda menderita masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar. Maka sebaiknya anda rutin mengonsumsi terong ungu untuk membantu mengatasinya, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar dan sembelit pun akan berkurang.


5. Mencegah Diabetes


Manfaat lain terong ungu yang harus Anda ketahui adalah diduga dapat menurunkan risiko diabetes karena kandungan serat dan karbohidrat dalam terong ungu sangat bagus untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Dengan demikian, terong ungu juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2, karena terong ungu ini memiliki kemampuan untuk mengatur proses penyerapan glukosa dalam darah.


6. Mencegah Penyakit Anemia


Anemia atau hipotensi adalah penyakit umum yang menyerang banyak orang dan gejala yang sering ditimbulkannya adalah kelemahan cepat lelah kekurangan energi dan kulit pucat. Meskipun kandungan zat besi dalam terong sangat rendah konsumsinya secara teratur membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.


7. Memiliki Sifat Anti Virus Dan Bakteri


Mengonsumsi terong ungu juga sangat bermanfaat sebagai pelindung tubuh terhadap virus dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Dengan rutin mengonsumsi terong ungu ini, maka tubuh anda akan terhindar dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri.


8. Menjaga Kesehatan Tulang


Tulang tidak hanya membutuhkan asupan kalsium tetapi juga asupan yang cukup dari banyak mineral penting lainnya untuk menjaga kesehatan tulang.. Beberapa kandungan mineral penting tersebut terdiri dari kalium, magnesium, tembaga dan fosfor. Semua kandungan mineral ini dapat ditemukan pada terong ungu.


9. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi


Bagi mereka yang menderita kolesterol tinggi Anda harus memasukkan violet ini ke dalam menu masakan sehari-hari Anda. Hal ini karena terong ungu mengandung unsur yang dapat dikontrol sekaligus membantu menjaga kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dalam kisaran normal.


10. Mencegah Penyakit Aterosklerosis


Aterosklerosis merupakan jenis penyakit yang sering menimbulkan rasa saki dan nyeri akibat dari penumpukan lemak pada pembuluh darah arteri. Konsumsi terong ungu secara teratur dapat membantu mencegah penyakit ini karena terong ungu mengandung senyawa penting yang menurunkan kadar kolesterol pada arteri sehingga terhindar dari risiko aterosklerosis dalam tubuh.


11. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Selain mengobati anemia konsumsi terong ungu secara teratur terbukti efektif menurunkan tekanan darah tinggi sehingga mengembalikan tekanan darah ke kisaran normal.


12. Mencegah Wasir


Konsumsi terong ungu secara teratur dapat mencegah wasir atau ambeien karena pencernaan yang sehat dan seimbang.. Maka, mengonsumsi terong ungu secara sering sangat baik untuk membantu mencegah dan bahkan mengatasi masalah wasir.


13. Merangsang Proses Pembentukan Sel Baru Dalam Tubuh


Kandungan vitamin B dan asam folat dalam terong ungu sangat baik yang membantu dalam merangsang proses pembentukan sel-sel tubuh baru sehingga organ tubuh bekerja dengan baik.


14. Melakukan Detoksifikasi Racun Dalam Tubuh


Kandungan senyawa Riboflavin yang terkandung dalam terong ungu mampu merangsang pembentukan enzim dalam tubuh, enzim ini sangat baik untuk membantu dalam proses detoksifikasi zat racun dalam tubuh.


15. Mencegah Bronchitis


Manfaat terong ungu juga sangat bermanfaat dalam mencegah risiko penyakit bronkitis atau infeksi paru-paru.


Bagaimana, masih ragu untuk mengonsumsi terong ungu?


Itulah 15 manfaat terong ungu untuk kesehatan yang dapat kami informasikan kepada anda semua, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua.


Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya.

#Buah Sehat#Manfaat Buah#Sayur Sehat
EDY SYAM Minggu, 25 September 2022 Last Updated 2022-09-24T23:03:15Z
Komentar

Tampilkan