Top Label

10 Daftar Obat Sakit Gigi di Apotek Resep Dokter

10 Daftar Obat Sakit Gigi di Apotek Resep Dokter
Daftar Obat Sakit Gigi di Apotek Resep Dokter


10 Daftar Obat Sakit Gigi di Apotek Resep Dokter - Sakit gigi adalah suatu kondisi di mana muncul rasa sakit dan nyeri pada rongga mulut yang disebabkan adanya aktivitas bakteri, bakteri tersebut dapat menyerang bagian gigi yang berlubang dan juga gusi. Gigi berlubang sendiri adalah salah satu indikasi penyebab munculnya sakit gigi. Selain itu, gusi bengkak atau berdarah juga sering menjadi penyebab utama alami sakit gigi akibat dari aktivitas bakteri yang ada dalam mulut.


Munculnya rasa sakit gigi pada mulut memang dapat membuat kita merasa tidak nyaman, apalagi jika gusi dan juga pipi ikut mengalami pembengkakan. Maka dari itu, pastinya rasa sakit menjadi semakin parah dan berdenyut-denyut. Meskipun sakit gigi ini hanya dirasakan di bagian rongga mulut, tetapi penderitanya tidak mampu melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari menjadi terganggu dan menjadi murah marah. Itulah kenapa, sakit gigi ini tidak bisa dianggap sepele dan harus segera diatasi dengan minum obat sakit gigi paling ampuh dan tidak kambuh lagi, sehingga aktivitas sehari-hari bisa kembali lancar.


Ada banyak sekali jenis obat sakit gigi yang bisa anda minum untuk meredakan rasa sakit yang diderita, mulai dari obat sakit gigi alami atau obat sakit gigi yang bisa anda dapatkan di apotek-apotek terdekat. Nah, pada artikel kesehatan kali ini, Sehat Selalu akan membagikan informasi mengenai daftar nama-nama obat sakit gigi yang bisa anda dapatkan di apotek. Apa saja itu, simak informasi selengkapnya di bawah berikut ini!


10 Daftar Obat Sakit Gigi di Apotek Resep Dokter


Berikut ini beberapa jenis obat sakit gigi paling ampuh yang bisa anda dapatkan dengan mudah di apotek-apotek terdekat, di antaranya yaitu :


1. Asam Mefenamat


Obat sakit gigi pertama yang bisa anda dapatkan di apotek dengan mudah yaitu Asam Mefenamat. Obat ini dapat bekerja sebagai obat anti inflamasi non steroid (OAINS) dengan cara menghambat kinerja dari enzim tertentu untuk membantu meredakan inflamasi. Dengan demikian, rasa sakit pada gigi dan gusi pun berangsur-angsur akan hilang.


2. Kalium Diclofenac


Kalium Diclofenac merupakan jenis obat sakit gigi yang sama seperti asam mefenamat, yaitu sejenis obat OAINS dengan kegunaan yang sama. Cara kerja dari obat ini yaitu memadukan senyawa diklofenak dengan gadar kalium yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi yang sangat aktif. Kerja dari obat ini sangat efektif untuk meredakan rasa sakit dan nyeri mulai dari tingkat ringan, sedang hingga berat.


3. Paracetamol


Obat sakit gigi berikutnya yang bisa anda gunakan yaitu paracetamol, mungkin sebagian kalangan masyarakat yang masih awam dalam mengenali obat hanya mengetahui jika obat paracetamol hanya berkhasiat untuk mengobati demam atau obat penurun panas saja. Namun ternyata paracetamol sendiri merupakan jenis obat yang bersifat analgesik yang berkhasiat untuk membantu meredakan rasa sakit dan nyeri termasuk sakit gigi.


4. Natrium Diclofenac


Obat sakit gigi lainnya yang bisa anda dapatkan dengan mudah di apotek yaitu Natrium Diclofena, obat ini juga termasuk jenis obat OAINS yang sangat ampuh untuk meredakan rasa sakit dan nyeri pada tubuh. Meskipun dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi, tetapi pada dasarnya obat ini merupakan jenis obat yang digunakan untuk mengobati peradangan sendi.


5. Antalgin


Nama dari obat ini memang sudah cukup dikenal di masyarakat umum yang dapat meredakan sakit gigi dengan cepat, obat ini juga sangat mudah untuk didapatkan di apotek. Antalgen sendiri merupakan jenis obat yang berfungsi sebagai jenis obat analgesik untuk membantu meredakan rasa sakit pada tubuh, sehingga obat ini pun sangat ampuh untuk meredakan sakit gigi dengan cepat saat sakit gigi menyerang.


6. Clindamycin


Obat ini sangat efektif untuk meredakan sakit gigi dengan cepat, karena obat ini merupakan jenis obat yang bersifat antibiotik. Cara kerja dari obat Clindamycin ini yaitu dapat membasmi bakteri yang bersarang dalam rongga mulut dan mengurangi peradangan yang terjadi. Selain itu, sifat antimikroba yang ada pada obat ini dapat meredakan efek peradangan yang disebabkan oleh bakteri serta menghentikan aktivitasnya.


7. Dexamethasone


Obat sakit gigi di apotik lainnya yang sudah terbukti ampuh menghilangkan rasa sakit pada gigi yaitu Dexamethasone. Obat ini memiliki sifat anti inflamasi yang dapat bertugas untuk menghentikan peradangan yang terjadi dalam tubuh. 


Cara kerja dari Dexamethasone sendiri dapat mengurangi jumlah produksi prostagladin yang akan menyalurkan rasa sakit ke otak. Selain itu, obat ini juga dapat menembus membran sel agar dapat menghentikan proses sintesa protein yang disebabkan oleh inflamasi yang terjadi dalam tubuh. Maka dari itu, tak heran jika obat ini sangat ampuh menghilangkan rasa sakit pada gigi.


8. Ibuprofen


Ibuprofen merupakan jenis obat yang juga sudah sangat dikenal oleh masyarakat secara umum sebagai jenis obat untuk menurunkan demam. Sama hal nya dengan paracetamol, obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dengan cepat serta menghentikan peradangan yang terjadi pada gigi dan di sekitar rongga mulut. 


Cara kerja dari Ibuprofen sendiri yaitu berfungsi sebagai analgetik, yaitu dapat membantu menghilangkan rasa sakit pada tubuh. selain sangat ampuh untuk mengatasi peradangan atau inflamasi dalam tubuh, ternyata obat ini juga sangat mudah diserap tubuh dan bekerja dengan tepat pada jaringan tubuh yang terinfreksi dengan cara melepaskan zat asam arakidonik, sehingga dapat meredakan rasa sakit yang diderita dengan cepat.


9. Ponstan


Obat lain yang dapat membantu meredakan rasa sakit pada gigi yaitu dengan minum obat Ponstan, obat ini dapat dengan mudah dibeli di apotek-apotek terdekat. Ponstan sendiri merupakan jenis obat yang termasuk ke dalam golongan asam mefenamat dan juga berfungsi sebagai obat analgetik yang sangat ampuh meredakan peradangan dan mengobati rasa sakit.


Cara kerja dari obat ini juga hampir sama dengan jenis obat asam mefenamat, karena di dalam obat ini mengandung sejumlah asam mefenamat yang dapat berguna untuk meredakan rasa sakit dan juga efek peradangan pada tubuh dengan cara menghambat proses produksi enzim prostaglandin dalam tubuh.


10. Cataflam


Cataflam adalah obat sakit gigi yang juga sudah dikenal olah banyak kalangan masyarakat. Obat sakit gigi ini juga berfungsi sebagai analgesik untuk mengurangi rasa sakit sehingga sangat efektif untuk mengobati sakit gigi dan mencegah peradangan. Cara kerja dari obat ini sama dengan obat natrium diclofenat yang masih memiliki kandungan sejumlah diclofenat di dalamnya, sehingga obat ini sangat ampuh untuk menghambat peradangan dan meredakan rasa sakit dengan cepat.


Itulah beberapa nama obat sakit gigi yang mudah ditemukan di apotek dan harga obat yang ditawarkan sangat terjangkau dan bisa dibeli secara gratis tanpa menggunakan resep dokter.. Meski demikian, anda sebaiknya tetap mengonsultasikannya dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum dilakukan pengobatan.


Sekian informasi yang dapat kami bagikan mengenai obat sakit gigi paling ampuh di apotek, semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

#Obat Sehat
EDY SYAM Senin, 26 September 2022 Last Updated 2022-09-25T23:09:12Z
Komentar

Tampilkan