8 Cara Meredakan Sakit Gigi Dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

EDY SYAM
0

cara meredakan sakit gigi dengan cepat, cara meredakan sakit gigi berlubang, cara meredakan sakit gigi dengan pijatan, cara meredakan sakit gigi gusi bengkak, cara meredakan sakit gigi pada anak, cara meredakan sakit gigi pada ibu hamil, cara meredakan sakit gigi berlubang dengan cepat
8 Cara Meredakan Sakit Gigi Dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami


Hampir semua orang pernah mengalami sakit gigi. Sakit gigi dapat menimbulkan ketidaknyamanan hingga terasa sangat menyiksa. Kondisi ini terjadi karena munculnya rasa nyeri di sekitar gigi. Rasa nyeri ini sering terasa terus menerus atau kadang muncul menghilang. Bukan hanya sekitar gigi, terkadang area rahang dan telinga juga bisa mengalami nyeri akibat sakit gigi yang timbul. Beberapa orang juga bisa mengalami bengkak pada area gigi dan gusi, pusing dan demam.


Ada banyak penyebab dari munculnya sakit gigi. Mulai dari gigi berlubang, infeksi, akar gigi yang terbuka, masalah gusi, kelainan sendi rahang dan sebagainya. Sakit gigi tentu tidak dapat dibiarkan begitu saja. Nyeri yang ditimbulkan bukan hanya menimbulkan ketidaknyamanan namun juga bisa membuat aktivitas terhambat.


Cara Meredakan Sakit Gigi Secara Alami


Saat Anda mengalami sakit gigi, mengonsultasikan ke dokter adalah menjadi pilihan yang baik. Dokter akan memeriksa serta mengidentifikasi penyebab terjadinya sakit gigi sehingga masalah dapat ditangani dengan tepat. Walaupun begitu, anda juga tetap bisa melakukan pengobatan sendiri dari rumah untuk penanganan yang cepat. Berikut ini adalah cara meredakan sakit gigi dengan cepat yang bisa anda coba di rumah:


1. Air garam


Segelas air garam hangat banyak dimanfaatkan untuk cara meredakan sakit gigi gusi bengkak. Berkumur dengan air garam hangat sudah terbukti mampu meringankan nyeri dari sakit gigi. Larutan ini bisa mengurangi pembengkakan sekaligus melawan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Cara pemakaiannya sangat mudah, yang perlu anda lakukan cukup mencampurkan setengah sendok garam ke dalam segelas air panas. Kemudian berkumur-kumur dengan larutan garam ini beberapa saat.


2. Daun jambu biji


Daun jambu biji banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit. Ia juga digunakan sebagai salah satu cara meredakan sakit gigi dengan cepat. Daun jambu bersifat analgesik, anti mikroba dan anti-inflamasi. Kandungan ini tentu sangat baik untuk meringankan gejala sakit gigi. Anda hanya perlu mengunyah satu atau dua lembar daun jambu biji agar bisa mendapatkan manfaatnya. Anda juga bisa merebus empat sampai lima daun jambu dalam air. Biarkan air tersebut hangat kemudian tambahkan sedikit garam. Anda dapat menggunakan larutan ini sebagai obat kumur.


3. Es batu

 

Tempatkan es batu berukuran kecil dalam kantong plastik, kemudian bungkus lagi dengan kain tipis kemudian oleskan di area gigi yang sakit. Biarkan sekitar 15 menit. Ini akan mematikan saraf sementara sehingga rasa nyeri bisa mereda. Bungkusan tersebut juga dapat ditempelkan di pipi anda. Selain itu Anda juga bisa mencoba menggosok es batu di antara ibu jari dengan jari telunjuk selama beberapa menit untuk meredakan nyeri.


4. Cengkeh


Cengkeh memiliki sifat antibakteri, antioksidan, anti-inflamasi bahkan anestesi. Kandungan ini bisa membantu meringankan sakit gigi yang anda alami. Sifat yang dimiliki oleh cengkeh tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk melawan infeksi yang dapat memperburuk masalah. Haluskan dua buah cengkeh lalu campurkan dengan sedikit minyak zaitun. Kemudian balurkan pasta tersebut pada gigi Anda yang sakit. Anda juga bisa mencoba mengoleskan bola kapas yang telah dibaluri minyak cengkeh. Gosokkan langsung ke gigi yang bermasalah. Selain itu berkumur dengan air yang mengandung beberapa tetes minyak cengkeh juga dapat membantu meredakan sakit gigi.


5. Bawang Putih


Bawang putih dapat memberikan manfaat yang besar untuk mengatasi sakit gigi. Kandungan antibiotik dalam bawang putih akan sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit pada area gigi. Mengunyah satu atau dua siung bawang putih juga dapat meringankan gejala sakit gigi. Selain itu, cara meredakan sakit gigi gusi bengkak juga bisa anda lakukan dengan mengoleskan campuran bubuk bawang putih beserta garam pada gigi yang mengalami sakit. Ulangi cara ini selama beberapa hari hingga rasa sakit mereda.


6. Lada dan garam


Larutan air garam dipercaya bisa meredakan sakit gigi. Garam ditambah lada bisa menjadi kombinasi yang tepat saat gigi menjadi sangat sensitif. Dalam campuran ini terdapat kandungan antibakteri, anti-inflamasi dan analgesik. Anda hanya perlu membuat pasta dengan mencampurkan sejumlah lada dan garam. Kemudian oleskan pasta ini pada gigi Anda yang sakit dan biarkan selama beberapa saat. Anda bisa melakukan pengobatan ini setiap hari.


7. Membersihkan gigi


Sering kali tanpa kita sadari ada sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di dalam mulut atau sela-sela gigi. Sisa makanan inilah yang bisa mengundang bakteri dan masalah yang bisa menyebabkan sakit gigi. Kebersihan gigi menjadi hal utama untuk di jaga, oleh karena itu ketika mengalami sakit gigi memeriksa kebersihan gigi perlu untuk dilakukan. Bersihkanlah sela-sela gigi Anda dengan menggunakan benang gigi atau dental floss. Masalah sakit gigi juga bisa muncul karena anda salah menggunakan sikat gigi. Jika gigi anda sensitif akan lebih baik jika anda memilih sikat gigi yang tepat sesuai dengan kondisi gigi.


8. Teh


Meminum teh juga bisa menjadi salah satu cara meredakan sakit gigi dengan cepat. Teh peppermint tidak hanya mempunyai rasa yang enak namun juga dapat meringankan rasa nyeri. Teh hitam juga memiliki kandungan yang dapat membantu mengatasi rasa sakit dengan mengurangi pembengkakan. Anda bahkan bisa memanfaatkan kantong teh yang masih hangat dan basah.


Tempelkan kantong teh tersebut pada gigi yang bermasalah selama beberapa saat. Ketika anda mengalami nyeri di sekitar gigi, obat pereda nyeri bisa menjadi pilihan untuk penanganan yang cepat. Obat ini biasanya dijual bebas di apotek, namun anda tetap harus mengontrol penggunaannya.


Anda juga tidak bisa menempelkan obat ini pada gusi atau gigi yang sakit karena bisa menimbulkan masalah pada gusi. Berkonsultasi ke dokter gigi tentu menjadi pilihan yang bijak karena beberapa masalah gigi memerlukan perawatan yang lebih serius.


Anda bisa melakukan pencegahan sebelum sakit gigi menyerang dengan cara:


  • Sikat gigi dua kali sehari dan bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi
  • Bila perlu berkumurlah dengan mouthwash untuk menghindari bakteri
  • Hindari terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman manis
  • Periksakan gigi ke dokter gigi minimal dua kali setahun
  • Kurangi dan berhentilah merokok

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)