Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

EDY SYAM
0

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan
Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Sehat-Selalu.com - Tentu Anda tahu ada berbagai jenis rempah-rempah di Indonesia, mengingat negara kita merupakan sumber penghasil rempah-rempah terbesar sejak dulu dan selalu menjadi pemasok besar di dunia. Rempah-rempah Indonesia memiliki kualitas terbaik sehingga diminati oleh negara-negara lain. 


Rempah-rempah kita tidak hanya dijadikan sebagai bumbu masak tapi juga sebagai obat atau ramuan kesehatan alami. Salah satunya jahe yang sudah terbukti khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Jahe sendiri ada jahe biasa yang berwarna putih dan jahe merah. Jahe merah tidak bisa digunakan sebagai bumbu masak, manfaat jahe merah begitu besar pada kesehatan tubuh. Si merah ini memang begitu menarik untuk dibahas.



1. Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan


Jahe merah memiliki nama latin Zinger Officinale Roxb Var Rubra. Tinggi tanaman ini dapat mencapai 40- sampai 50 centimeter dan sudah dikenal memiliki segudang manfaat atau dampak positif. Tanaman tersebut memang terbilang kecil tapi manfaat jahe merah bagi kesehatan begitu besar dan sudah diakui oleh masyarakat dunia. 


Jahe merah sudah digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk sumber kesehatan. Selain warna fisiknya yang berbeda dari jahe biasa yaitu berwarna merah, jahe merah rasanya lebih ringan dan tidak sepedas jahe pada umumnya. Jahe merah sudah sejak dahulu diolah oleh masyarakat secara tradisional sebagai obat batuk dan cara alamiah berdiet.


Jahe merah dapat melegakan tenggorokan sehingga batuk bisa segera teratasi. Manfaat lain jahe merah yaitu dapat mencegah seseorang untuk mencegah kendaraan karena mengandung zat-zat yang berguna untuk menetralisir pemicu mabuk. Perut akan terasa lega dan ringan dan jahe juga mampu mengobati sakit kepala. 


SI jahe merah ini juga bisa menyembuhkan penyakit rematik dan pegal linu sehingga bagi Anda yang terbiasa bekerja berat wajib mengkonsumsinya. Pengolahan jahe merah sebagai obat rematik cukup direbus bersama rempah-rempah yang lain seperti madu dan minumlah secara teratur supaya vitalitas tubuh kembali dan kebugaran kembali prima. Jahe merah juga bisa mengurangi resiko osteoporosis dan sebagai obat sakit kepala.


2. Manfaat jahe merah untuk batuk


Manfaat jahe merah untuk batuk dan obat lainnya sudah jelas dan terjamin. Di sini kita akan membahas hal lain dari jahe merah yang perlu Anda tahu. Bagi Anda yang menginginkan berat tubuh ideal perlu mencoba kiat jahe merah untuk melangsingkan badan. 


Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Institute For Human Nutrition di Columbia University, jahe merah yang diolah menjadi minuman panas efektif untuk diet karena jahe panas ini menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu, jahe merah mengandung anti inflamasi, detoksifikasi dan sangat baik untuk pencernaan. Jahe juga dapat mengontrol nafsu makan, membakar lemak dalam tubuh dan mengolahnya menjadi sumber energy.


3. Manfaat jahe merah untuk diet


Manfaat jahe merah untuk diet memang sudah terbukti nyata melalui percobaan ilmiah terpercaya. Pasti sekarang kamu tertarik mencobanya. Yuk, jadikan jahe sebagai tambahan menu diet Anda. Selain sebagai obat batu dan menu diet, jahe merah juga berkhasiat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. 


Secara langsung, jahe merah dapat membuang racun sehingga segala sesuatu yang tidak baik segera disaring. Kolesterol jahat ini jika menumpuk dapat menyumbat peredaran darah yang menyebabkan serangan jantung sehingga secara tidak langsung mengonsumsi jahe merah pun dapat mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit berbahaya lainnya.


Tidak hanya baik untuk kesehatan, para wanita bisa mengambil manfaat jahe merah untuk kecantikan. Perawatan alamiah jahe merah ini bisa membersihkan jerawat membandel pada wajah. Cara menggunakannya pun mudah, terlebih dahulu memarkan jahe merah kemudian pijatkan jahe pada wajah hingga mengeluarkan cairan seperti minyak dan tutupi seluruh bagian wajah dengan jahe tadi. Biarkan beberapa saat dan bersihkan wajah. Selain itu, jahe merah juga bisa menghilangkan keriput secara perlahan dan mencegah penuaan dini. Oke, sekarang kamu sudah tahu khasiat jahe merah, segera dicoba ya.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)