7 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

EDY SYAM
0

Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan

Manfaat buah kesemek bagi kesehatan sangat beragam untuk tubuh kita, namun demikian masih banyak yang belum mengetahuinya. Kurangnya informasi tentang manfaat buah ini membuat masyarakat kita tidak terlalu peduli dengan adanya buah dengan bedak putih pada bagian luarnya ini. Karena buah ini mengandung semacam bedak, maka tidak jarang orangnya menyebutnya dengan buah genit. Selain dikenal dengan buah genit, kesemek yang banyak ditemukan di daerah Jawa ini juga dikenal dengan nama apel Jawa.


Pengobatan Dengan Buah Kesemek


Buah kesemek yang memiliki warna oranye dengan rasa manis ini, sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Meskipun banyak yang tidak begitu mengenal buah ini, namun faktanya beberapa penyakit bisa diatasi dengan sangat baik. Karena dapat menjadi obat dari beberapa penyakit, sudah tentu buah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik.


Ternyata, buah yang sering kita jumpai di pasar tradisional ini memiliki kandungan nutrisi yang hampir sama dengan buah apel. Bahkan kandungan seratnya dua kali lipat dari buah apel, sehingga sudah bisa dipastikan buah ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Nah, apa saja manfaat dari buah kesemek ini? Mari kita simak berikut ini.


Manfaat Buah Kesemek


1. Mencegah penyakit kanker


Manfaat buah kesemek bagi kesehatan yang pertama adalah sebagai pencegah penyakit kanker. Hal ini tentu saja disebabkan oleh tingginya zat antioksidan yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu, buah ini sangat baik jika dikonsumsi secara kontinu.


2. Anti Aging


Tua memang tidak bisa dihindari, namun Anda bisa menunda proses penuaan pada kulit yaitu dengan mengonsumsi buah kesemek ini. Anda bisa mengatasi kerutan pada kulit dengan sangat baik jika rajin makan buah dengan rasa manis ini. Dan inilah salah satu manfaat buah kesemek untuk kulit selain dapat mencerahkan kulit dan menghaluskannya.


3. Menjaga kesehatan jantung


Dengan memakan buah kesemek secara teratur, maka kesehatan jantung bisa terjaga dengan baik. Jadi sebelum jantung Anda mengalami gangguan, sebaiknya Anda memperbanyak makan buah berwarna oranye ini.


4. Mengatasi hipertensi


Buah kesemek sangat segar jika dikonsumsi secara langsung, karena rasanya sangat manis dan menyegarkan. Memang sedikit lebih lembek daripada apel, namun soal rasa manis dari kesemek ini tidak bisa tertandingi. Selain enak, buah ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi hipertensi.


5. Melangsingkan tubuh


Memiliki masalah dengan kelebihan berat badan memang sangat sulit untuk diturunkan, namun  sudah dirasakan banyak orang. Sehingga bagi Anda yang merasa memiliki tubuh gemuk dan perlu untuk melangsingkannya, rajin-rajinlah konsumsi buah ini untuk mendapatkan tubuh yang langsing.


6. Obat batuk berdahak dan asma


Batuk berdahak bisa menyerang siapa saja, karenanya bila batuk menyerang Anda bisa memanfaatkan kebaikan buah kesemek. Selain bermanfaat sebagai obat batuk berdahak, kesemek juga bisa mengobati penyakit asma. Bagaimana caranya? Keringkan buah kesemek dengan cara menjemurnya, kemudian masukkan ke dalam panci dan beri air lalu kukus hingga matang. Langkah selanjutnya silakan haluskan kesemek yang telah dikukus, tambahkan madu murni, aduk rata dan minum.


7. Ketahanan tubuh saat hamil


Selain untuk kesehatan, manfaat buah kesemek untuk ibu hamil juga sangat penting untuk Anda ketahui. Ternyata buah ini dapat membantu meningkatkan kadar darah ketika ibu hamil mengalami anemia, selain itu juga dapat membantu untuk meningkatkan ketahanan tubuh sehingga ibu hamil tidak akan mudah terkena virus selama masa kehamilannya.


Sangat banyak bukan manfaat dari buah yang memiliki rasa enak ini, Anda tertarik untuk mencobanya? Baca juga tentang Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)