25+ Cara Menghilangkan Kutu Air Pada Kaki Secara Alami dan Mudah

EDY SYAM
0

25+ Cara Menghilangkan Kutu Air Pada Kaki Secara Alami dan Mudah
Cara Menghilangkan Kutu Air Pada Kaki Secara Alami dan Mudah

Cara Menghilangkan Kutu Air Pada Kaki - Kutu air adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dermatofit (dermatofit) atau trichophyton (Trichophyton). Kutu air sering disebut jamur kaki, karena biasanya menyerang di sela-sela jari-jari kaki. Namun, jamur ini juga kadang menyerang bagian tubuh lain seperti paha, tangan, lengan, dan juga kulit kepala. 


Kutu air dapat menyerang siapa saja, terutama mereka yang kurang peduli dengan kebersihan. Apalagi ketika musim hujan tiba, jamur ini akan sangat mudah muncul di musim hujan. Keadaan lembap membuat jamur ini tumbuh subur selama musim hujan. Tidak heran banyak orang yang mencari cara menghilangkan kutu air.


Penyebab kutu air atau jamur kaki adalah karena kondisi lembap dan juga kotor. Nah di sini ada beberapa penyebab utama kutu air atau jamur kaki. Pertama adalah lembap. Seperti disebutkan di atas jika penyebab utama kutu air adalah kondisi lembap.


Jamur akan berkembang dalam kondisi lembap. Jadi jika Anda tinggal di lingkungan yang lembap, Anda akan lebih rentan terhadap kutu air atau jamur kaki.


Kedua adalah banjir atau terkena dampak limbah. Nah, seperti yang disebutkan di atas jika musim hujan juga merupakan penyebab utama jamur kaki. Ini karena musim hujan akan menyebabkan banyak tempat banjir, udara menjadi lembap, dan yang terburuk adalah banjir.


Air hujan membanjiri air kotor dan kaki manusia tidak dapat menghindarinya, dan jika Anda tidak bisa menjaga kebersihan di musim hujan, Anda akan sangat rentan terhadap kutu air atau jamur kaki.


Ketiga adalah terlalu lama menggunakan sepatu. Penggunaan sepatu yang terlalu lama juga bisa meningkatkan risiko terkena kutu air. Hal ini karena menutup sepatu kaki terlalu lama dengan udara dan cahaya akan membuat sulit masuk, akibatnya kulit menjadi lembap dan kaki gelap sehingga kutu air mudah akan tumbuh. 


Keempat adalah menggunakan sepatu atau kaus kaki basah. Yah, menggunakan sepatu basah atau kaus kaki akan lebih buruk. Keadaan sepatu atau kaus kaki basah akan membuat kulit menjadi sangat lembap dan kotor. Sehingga jamur akan begitu mudah tumbuh dan menyebar.


Terakhir adalah kaki sering terkena air sabun cuci. Jika kaki Anda sering terkena air cucian, maka Anda juga akan berisiko kutu air, terutama jika airnya kotor. Karena itu, hindari terkena air kotor dan juga jangan terlalu sering mencuci kaki, karena bisa membuat kaki menjadi lembap.


Ada banyak cara menghilangkan kutu air ini. Tetapi biasanya orang lebih suka menggunakan krim kutu air biasanya dijual di apotik terdekat. Tetapi Anda juga dapat menggunakan bahan alami tradisional untuk mengatasi kutu air atau jamur kaki. Berikut adalah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengobati jamur kaki sehingga sehat selalu.


1. Minyak kelapa


Minyak kelapa adalah obat alami yang sangat efektif untuk mengobati kutu air pada kaki. Kandungan asam urat yang ditemukan dalam minyak kelapa adalah zat penting yang merupakan anti-jamur dan anti-inflamasi. 


Apalagi minyak kelapa juga bisa membuat kulit Anda lembut dan halus. Cara menggunakannya sangat mudah, Anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada bagian yang terkena kutu air. Begitulah cara Anda mengaplikasikan minyak kelapa pada kulit orang sakit dan biarkan minyak merembes.


2. Cuka sari apel


Kutu air akan menyebabkan Ph menjadi menyimpang dari kisaran normal. Jadi untuk mengatasi ini Anda bisa menggunakan cuka sari apel. Ph dari cuka sari apel mengembalikan kulit adalah cara terbaik untuk menghancurkan jamur.


Untuk melakukan itu Anda membuat larutan cuka sari apel dan mencampurnya dengan air, dengan perbandingan satu banding satu. Kemudian Anda rendam kaki Anda selama 20 atau 30 menit.


3. Garam


Cara alami selanjutnya yaitu menggunakan larutan garam. Air asin sangat ampuh untuk mengatasi kutu air. Ini karena garam itu sifat anti jamur. Caranya adalah dengan mencampur 2 sendok teh garam ke baskom air. Rendam kaki Anda selama 20 menit.


4. Teh


Teh tidak hanya berfungsi sebagai minuman menyegarkan saja. Teh juga bisa digunakan sebagai ramuan ajaib untuk memecahkan kutu air. Caranya adalah dengan merebus air hingga masak, lalu Anda masukkan beberapa kantong teh, biarkan hingga dingin dan rendam kaki Anda dalam larutan air teh tersebut selama sekitar 30 menit.


5. Baking soda


Baking soda juga terkenal sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai masalah kulit, Nah salah satunya adalah mengatasi kutu air. Soda kue akan membunuh bakteri dan jamur yang menyebabkan kutu air. Untuk melakukan itu Anda rendam kaki Anda di dalam air yang Anda campurkan dengan baking soda.


6. Bawang putih


Sama halnya dengan baking soda, cara menghilangkan kutu air dengan bawang putih juga merupakan bahan alami yang sering digunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit, Nah dalam hal ini Anda juga dapat mengatasi kutu air dengan memanfaatkan bawang putih.


Cara Anda menumbuk bawang putih dan kemudian Anda tempelkan pada kulit Anda yang sakit. Sifat bawang putih yang anti bakteri akan dengan mudah membunuh bakteri yang menyebabkan kutu air pada kaki.


7. Minyak pohon teh 


Kandungan di tanaman ini mampu bekerja dengan baik untuk membunuh mikroba. Ini juga aktif dalam proses penyembuhan. Cara menggunakannya adalah dengan mengaplikasikan pada kulit yang sakit dan diamkan selama 1 jam.


8. Singkong


Ubi kayu adalah umbi yang dapat digunakan untuk mengobati kutu air pada kaki. Caranya adalah Anda memarut singkong kemudian hasil parutan tersebut dapat Anda tempelkan pada kulit Anda yang sakit dan biarkan hingga kering. Lakukan dengan cara ini berkali-kali, atau minimal 2 kali sehari, kutu air akan pulih.


9. Daun talas


Daun talas juga bisa menjadi obat alami untuk mengatasi kutu air. Ambil epidermis daun talas, kemudian buat bantalan pada kaki yang terinfestasi air. Metode ini juga terkenal kuat untuk mengatasi kutu air.


10. Daun sirih


Selain daun talas, daun sirih juga bisa Anda jadikan sebagai obat kutu air. Siapkan 10 lembar daun sirih, lalu Anda masak dengan air dan tambahkan sedikit garam. Tunggu sampai mendidih, dan diamkan hingga dingin, gunakan air untuk merendam kaki selama 20 menit, maka kutu air akan hilang.


11. Tepung maizena


Perawatan jamur kaki ini mengandung jamur yang tidak berbahaya bagi tubuh tetapi masih membunuh jamur yang menular. Campurkan secangkir tepung maizena dan dua liter air dalam bak yang cukup besar untuk menyesuaikan kaki Anda.


Biarkan tepung maizena larut di air selama satu jam dan kemudian rendam kaki atau kaki Anda selama setengah jam atau lebih.


12. Obat kumur


Obat kumur membunuh bakteri dan kuman di mulut Anda, jadi mengapa tidak menggunakannya untuk membunuh bakteri dan kuman di kaki Anda? Sifat antiseptiknya bekerja untuk menjauhkan bakteri dan jamur berbahaya.


Campurkan bagian yang sama cuka putih dan obat kumur dan rendam area yang terinfeksi selama 30 menit, kemudian gosok area kuku dengan lembut. Ulangi satu atau dua kali sehari sampai jamur kaki bersih.


13. Minyak lavender


Minyak lavender memiliki sifat antiseptik, dan juga mencegah iritasi kulit. Gunakan kapas untuk mengaplikasikan minyak lavender ke kaki Anda, biarkan selama 10 hingga 20 menit dan kemudian bilas. Ulangi beberapa kali sehari.


14. Vicks VapoRub


Vicks VapoRub adalah salep topikal. Meskipun dirancang untuk penekan batuk, bahan aktifnya, yaitu kapur barus dan minyak kayu putih, dapat membantu mengobati kutu air. Sebuah studi 2011 menemukan Vicks VapoRub memiliki “efek klinis positif” dalam perawatan kutu air.


Untuk menggunakan, aplikasikan sedikit Vicks VapoRub ke area yang terkena kutu air setidaknya sekali sehari.


15. Minyak Oregano


Minyak Oregano mengandung timol. Menurut tinjauan tahun 2016, timol memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Cara menghilangkan kutu air dengan minyak oregano sangat mudah yaitu oleskan minyak oregano ke kaki yang terkena dua kali sehari dengan kapas. 


Banyak orang memanfaatkan campuran dari minyak oregano dan minyak pohon teh. Kedua produk ini ampuh dan dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi jadi Anda perlu mencoba dan berhati-hati bila ketidak cocokan terjadi segera hentikan. 


16. Ekstrak daun zaitun


Substansi aktif dalam ekstrak daun zaitun, oleuropein, diduga memiliki kemampuan antijamur, antimikroba, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Anda dapat mengoleskan salep daun zaitun langsung ke kutu air atau menelan dalam bentuk kapsul. 


Menurut ulasan ini, mengambil satu hingga tiga kapsul daun zaitun dengan makanan dua kali sehari lebih efektif daripada salep daun zaitun dalam mengobati jamur kuku kaki. Minum banyak air selama perawatan ini.


17. Minyak ozonized


Minyak ozonized seperti minyak zaitun dan minyak bunga matahari “disuntikkan” dengan gas ozon. Menurut sebuah studi 2011, jenis paparan ozon dalam konsentrasi rendah untuk durasi yang pendek dapat menonaktifkan banyak organisme seperti jamur, ragi, dan bakteri. 


Studi lain menemukan minyak bunga matahari ter-ozonisasi lebih efektif dalam mengobati kutu air daripada antijamur topikal resep, ketoconazole (Xolegel). Untuk mengobati kutu air dengan minyak ozonized, oleskan minyak ke kaki yang terkena dampak kutu air dua kali sehari.


18. Cuka


Hanya ada bukti anekdot yang mendukung cuka sebagai pengobatan untuk kutu air pada kaki. Namun, ini adalah perawatan rumah mudah yang cukup aman untuk dicoba. Untuk menggunakannya, rendam kaki yang terkena dalam satu bagian cuka ke dua bagian air hangat hingga 20 menit setiap hari.


19. Ubah pola makan Anda


Hubungan antara diet dan kesehatan sudah jelas. Semakin sehat makanan yang Anda makan, semakin besar kesempatan tubuh Anda untuk melawan kondisi seperti jamur kuku.


20. Ekstrak snakeroot


Pengobatan rumah sebagai cara menghilangkan kutu air adalah menggunakan tanaman Ageratina pichinchensis. Umumnya dikenal sebagai snakeroot, dikenal sangat efektif dalam memerangi kutu air pada kaki. Dalam sebuah penelitian pada 96 orang, formulasi snakeroot efektif dalam 71,1 persen dari kasus. 


Ekstrak snakeroot adalah anti jamur yang dibuat dari tumbuhan di keluarga bunga matahari. Sebuah studi tahun 2008 menunjukkan bahwa obat ini sama efektifnya dengan jamur kuku sebagai obat ciclopirox resep antijamur.


Untuk penelitian ini, ekstrak snakeroot diterapkan ke daerah yang terkena setiap hari ketiga untuk bulan pertama, dua kali seminggu untuk bulan kedua, dan sekali seminggu untuk bulan ketiga.


21. Probiotik


Ketidakseimbangan flora mikro yang sehat dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab besar pertumbuhan berlebih jamur seperti onikomikosis. Pastikan untuk bermitra dengan suplemen probiotik yang baik dengan pilihan Anda untuk perawatan kutu air.


Bakteri usus yang berkembang dan sehat menghambat pertumbuhan dan penyebaran jamur parasit dan mikroba lainnya dengan membatasi ruang hidup mereka yang tersedia. 

Selain itu, bakteri lactobacillus yang ditemukan di sebagian besar suplemen probiotik sebenarnya mengeluarkan suatu zat yang beracun bagi Candida. Pastikan saja bahwa suplemen Anda tidak mengandung gula atau bahan pengisi buatan yang mungkin secara tidak sengaja memberi makan jamur yang tidak diinginkan.


22. Minyak jarak


Serupa dengan minyak esensial lainnya, minyak jarak telah digunakan untuk pengobatan kutu air. Efek desinfektan tidak hanya membunuh jamur tetapi juga meminimalkan infeksi lebih lanjut.


Dengan banyak kegunaan dan manfaatnya, minyak jarak adalah salah satu minyak esensial yang paling banyak digunakan saat ini. Anda bisa mengoleskan minyak jarak ke bagian yang terkena kutu air dan diamkan selama 30 menit.


23. Colloidal Silver 


Colloidal Silver adalah obat umum lain untuk kaki atlet dengan sifat anti jamur yang dikenal. Semprotkan atau aplikasikan ke kaki Anda dan biarkan mengering sepenuhnya.


Sebagai alternatif, Anda dapat menyemprot dan meninggalkan Colloidal Silver pada kaki Anda dalam semalam. Ada banyak penjual Colloidal Silver palsu jadi pastikan Anda hanya beli produk berkualitas tinggi dari perusahaan terkemuka.


24. Jus cranberry

Meskipun secara luas diketahui bahwa jus cranberry membantu memerangi infeksi saluran kemih, cranberry juga efektif melawan kondisi pertumbuhan jamur seperti infeksi kutu air pada kaki.


Jus cranberry mengandung zat yang membantu menghentikan bakteri menempel pada membran mukosa. Jus cranberry juga membantu memperbaiki kadar pH urin, yang membantu mencegah pertumbuhan jamur.


25. Minyak Jeruk


Minyak jeruk memiliki sifat antijamur yang kuat, sehingga ideal untuk perawatan kutu air. Beberapa orang alergi terhadap minyak jeruk sehingga melakukan tes kecil dengan menerapkannya ke patch kecil kulit terlebih dahulu sebelum menggunakannya sebagai obat.


Yang Anda butuhkan hanyalah pipet untuk mengaplikasikan minyak pada dan di tempat yang terkena kutu air Anda dan juga di antara jari-jari kaki Anda. 


Cara Mencegah Kutu Air


Setelah kita banyak membahas tentang cara menghilangkan kutu air, rasanya tidak lengkap jika kita tidak membahas cara mencegah kutu air. Inilah cara mencegah kutu air.


Pertama adalah dengan menjaga kulit, terutama kulit kaki. Kutu air disebabkan oleh jamur. Jamur akan tumbuh subur di tempat yang lembap dan kotor. Karena itu Anda harus selalu menjaga kulit Anda bersih, terutama kulit kaki. Kebersihan kulit, tidak hanya akan mencegah Anda dari kutu air tetapi juga akan menjaga kesehatan kulit Anda dari berbagai penyakit.


Cara pencegahan kedua adalah dengan menjaga kulit Anda agar kaki tetap kering. Keadaan kulit kaki yang basah dan kondisi lembap akan membuat jamur yang menyebabkan athlete’s foot mudah tumbuh. Karena itu Anda harus selalu menjaga kulit kering. Gunakan handuk bersih setelah Anda mencuci kaki Anda. 


Cara ketiga adalah menggunakan kaus kaki dan sepatu bersih. Kaus kaki atau sepatu adalah yang paling berpengaruh pada kesehatan kulit kita. Negara atau kaus kaki kotor akan mengundang berbagai penyakit kulit, salah satunya adalah penyakit kutu air. Karena itu, selalu gunakan kaus kaki atau sepatu yang bersih.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)