Top Label

Khasiat Rempah-Rempah untuk Menghangatkan Tubuh

Khasiat Rempah-Rempah untuk Menghangatkan Tubuh
Khasiat Rempah-Rempah untuk Menghangatkan Tubuh


Khasiat Rempah-Rempah untuk Menghangatkan Tubuh - Indonesia dikenal dengan berbagai hasil rempahnya. Maka dari itu, tidak sulit bagi kita untuk menemukan berbagai macam rempah-rempah pada saat kita butuhkan. Bahkan rempah-rempah tidak hanya berfungsi sebagai penambah cita rasa masakan saja tetapi punya khasiat untuk kesehatan dan untuk stamina tubuh kita agar sehat selalu. Khususnya ketika cuaca sedang dingin maka makanan yang mengandung rempah-rempah tersebut bisa memberikan efek menghangatkan sehingga sangat cocok untuk Anda konsumsi.


Untuk memaksimalkannya, Anda bisa memerhatikan jenis rempah apa yang harus ada. Rempah tersebut haruslah mampu menaikkan suhu badan Anda. Rempah-rempah apa saja yang bisa menaikkan suhu badan Anda? Mari kita mengenal khasiat rempah-rempah hasil Indonesia ini sebagai sarana untuk stamina dan menghangatkan tubuh Anda.


1. Cabai


Cabai adalah rempah yang paling dikenal untuk memberikan efek rasa pedas dan tentunya panas pada tubuh. Banyak orang yang suka makanan pedas dan memilih mengkonsumsi cabai pada saat udara dingin. Tidak heran karena cabai bisa memicu sensasi pedas dan panas pada daerah kulit, mulut, dan perut Anda. Seperti yang dikutip dari MD Junction, dikatakan bahwa cabai bisa meningkatkan kandungan thermogenesis sehingga tubuh menjadi terasa lebih hangat.


2. Lada Hitam


Lada hitam adalah rempah yang termasuk kategori favorit untuk mendapatkan rasa pedas hangat bukan panas seperti cabai. Ini dikarenakan oleh kandungan diaphoretic yang ada di dalam lada yang bisa memberikan efek hangat dalam tubuh serta membuat seseorang mengeluarkan keringat. Di dalam lada hitam pun terkandung asam hydrochloric yang bisa membantu protein terserap dengan baik.


3. Jahe


Jahe punya rasa pedas dan mampu menghangatkan tubuh. Anda pun pasti sering mendengarnya dan bahkan merupakan salah satu rempah wajib, apakah mereka yang suka pedas atau tidak. Rasa panas atau hangat yang dimunculkan jahe tidak seperti pada lada hitam apalagi cabai yang cenderung terbatas pada orang-orang tertentu yang memang suka pedas. Kemampuan jahe sebagai rempah yang bisa menghangatkan tubuh ini disebabkan oleh 2 senyawa yang terkandung. Senyawa tersebut adalah gingerol dan shogaol yang dapat membuat suhu tubuh meningkat. Senyawa ini pun mampu membantu Anda mengatasi rasa sakit kepala serta mengatasi masalah pencernaan. Maka dari itu, makanan atau minuman yang mengandung rempah jahe bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih nyaman khususnya ketika cuaca dingin.


4. Kayu manis


Kayu manis bisa meningkatkan kemampuan sistem metabolisme Anda dan juga meningkatkan suhu tubuh. Oleh karena itu, rempah kayu manis sangat cocok untuk ditambahkan ke dalam makanan dan bahkan minuman supaya tubuh terasa lebih hangat. Kayu manis tidak hanya dalam bentuk batangan saja tetapi juga ada yang berbentuk bubuk. Kayu manis bubuk ini bisa Anda gunakan ke dalam kopi atau pun teh supaya rasanya semakin kuat dan aromanya lebih tajam.


Sudahkah Anda memanfaatkan beragam rempah Indonesia ini? Indonesia dikenal kaya akan hasil rempah. Maka dari itu, Anda tentu tidak akan melewatkan berbagai rempah ini dari kehidupan sehari-hari, bukan? Khasiat rempah-rempah untuk menghangatkan tubuh ini sebaiknya Anda nikmati.


Tidak hanya itu, bahkan rempah-rempah ini bisa meningkatkan stamina tubuh Anda karena panas tubuh yang dihasilkan. Panas tubuh yang timbul ini sendiri meningkatkan daya kerja dan ‘motivasi’ pada tubuh untuk bergerak dan tidak malas-malasan.


Maka dari itu, jangan lupakan rempah-rempah seperti cabai, lada hitam, kayu manis, dan jahe sebagai penambah pada makanan atau minuman Anda.

#Kesehatan#Tips Sehat
EDY SYAM Minggu, 26 Juni 2022 Last Updated 2022-07-17T12:25:49Z
Komentar

Tampilkan