Top Label

Cara Mengatasi Ketombe dengan Makanan

Cara Mengatasi Ketombe dengan Makanan
Cara Mengatasi Ketombe dengan Makanan


Mengalami masalah rambut berketombe tentu tidak mengenakkan. Rambut sendiri memang mudah untuk berketombe apalagi jika Anda bekerja di luar terkena polusi udara dan sebagainya.


Cara mengatasi ketombe memang tidaklah mudah, Anda butuh usaha yang ekstra untuk menghilangkan serpihan putih dan gatal ini. Terkadang sangat menguras waktu dan mengganggu aktivitas, terlebih ketika ketombe sudah seperti ‘menumpuk di kepala’.


Siapa yang tidak ingin memiliki rambut indah dan punya kulit kepala yang sehat selalu pula? Namun tahukah Anda bahwa Anda tidak perlu ke salon untuk mendapatkan perawatan tersebut. Melalui makanan Anda bisa mengatasi ketombe dan punya rambut sehat.


Bahkan makanan tersebut ternyata adalah ubi yang diteliti memiliki kandungan beta karoten yang berfungsi mengatasi ketombe yang ada di kulit kepala. Seperti halnya berat badan yang senantiasa ingin kita pertahankan agar proporsional maka kesehatan rambut pun perlu dijaga juga agar tetap dalam kondisi yang baik dan tidak mengganggu.


Nah, Anda yang ingin memiliki rambut yang sehat butuh nutrisi dan vitamin alami yang berguna menjaga kesehatan kulit kepala serta dapat menguatkan rambut. Berikut jenis-jenis makanan tersebut:


Ikan Salmon Pada faktanya ikan salmon tidak hanya berfungsi untuk membantu pertumbuhan otak anak. Tahukah Anda bahwa kandungan vitamin D dan protein yang ada di dalam ikan salmon bisa mempertahankan kesehatan rambut dan kulit kepala. Sementara itu, asam lemak omega-3 yang terkandung di dalamnya membantu untuk membuat akar rambut menjadi lebih kuat.


Teh Hijau Teh hijau atau sering pula disebut sebagai green tea memiliki kandungan polifenol yang bisa menjaga kesehatan kulit kepala. Maka dari itu, tidak jarang juga kita melihat shampoo yang menggunakan kandungan varian teh hijau – berfungsi untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala secara ampuh!


Ubi Mungkin Anda tidak pernah terpikir jika ubi ternyata ampuh untuk mengatasi ketombe. Ubi mengandung beta karoten yang memang wajib dikonsumsi. Kandungan vitamin A yang terdapat pada ubi pun membantu sirkulasi oksigen ke folikel rambut. Maka dari itu pula ubi berkhasiat untuk mencegah ketombe dan rambut kusam.


Kacang Hijau Anda pasti sudah mengenal kacang hijau dengan segudang manfaatnya, tak terkecuali untuk rambut. Makanan ini mampu menjaga kesehatan rambut karena kandungan serat, zat besi, vitamin B, dan mineral. Kandungan-kandungan tersebut mampu mencegah ketombe muncul pada kulit rambut serta akar rambut menjadi lebih kuat.


Telur Telur tidak hanya enak untuk dimakan tetapi juga punya kandungan yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Telur merupakan sumber protein yang tinggi dengan kaya kandungan vitamin B dan biotin. Kedua nutrisi tersebut mampu menciptakan rambut yang lebih berkilau serta mencegah munculnya ketombe.


Daftar makanan tersebut tidak sulit untuk didapatkan, bukan? Bahkan Anda tidak asing dengan jenis-jenis makanan tersebut. Oleh karena itu, mencegah ketombe dan mengatasinya pun bisa menjadi bagian dari hidup sehari-hari. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang dan waktu untuk perawatan rambut.


Memang perawatan rambut dari luar sangat penting dan tidak dipungkiri Anda membutuhkan salon. Akan tetapi perawatan dari luar saja tidaklah cukup, Anda butuh perawatan dari dalam yaitu termasuk makanan yang Anda konsumsi.


Dengan begitu, tubuh akan menyalurkan nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut untuk membantu rambut tetap sehat dan ketombe pun teratasi. Cara mengatasi ketombe pada rambut pun bisa dilakukan dengan memerhatikan makanan yang kita konsumsi.

#Kesehatan#Tips Cantik
EDY SYAM Kamis, 30 Juni 2022 Last Updated 2022-07-17T12:20:20Z
Komentar

Tampilkan