Top Label

Senam Lidah yang Menakjubkan, Cara Simpel Cegah Alzheimer

Senam Lidah yang Menakjubkan, Cara Simpel Cegah Alzheimer
Senam Lidah yang Menakjubkan, Cara Simpel Cegah Alzheimer

 

Penyakit Alzheimer penyebab paling umum demensia menyebabkan kerusakan otak yang secara bertahap mengurangi kemampuan untuk mengingat memahami berkomunikasi dan berpikir. Penyebab pasti penyakit ini belum diketahui, namun para ahli meyakini bahwa Alzheimer pada umumnya terjadi akibat meningkatnya produksi protein khususnya penumpukan protein beta-amyloid di dalam otak yang menyebabkan kematian sel saraf.


Walaupun lebih sering menyerang kaum lanjut usia (65 tahun ke atas), namun kini penyakit ini sudah mulai menyerang usia muda, salah satu faktornya adalah karena pola hidup.


Pertanyaan yang sering diajukan adalah apakah penyakit Alzheimer bisa disembuhkan. Jawabannya adalah TIDAK. Penyakit Alzheimer tidak bisa disembuhkan, akan tetapi penyakit ini dapat dicegah atau diupayakan untuk menghambatnya. Lantas apa yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit Alzheimer?


Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini yaitu dengan rutin menjalani senam lidah. Secara ilmiah, lidah adalah organ yang berhubungan dengan otak, saraf lingual dimulai dari otak terhubung dengan lidah, kemudian lidah mendorong saraf untuk aktif. Oleh karena itu, untuk mencegah atrofi otak, lidah harus melakukan aktivitas secara rutin, yang dapat secara tidak langsung merangsang otak.


Berikut ini adalah tata cara melakukan senam lidah berdasarkan pengalaman nyata seorang lansia yang saya kutip dari sebuah grup milis dengan perubahan seperlunya.


Senam Lidah yang MENAKJUBKAN!

“Saya adalah seorang yang sudah tua renta, di usia seperti saya ini, pasti banyak mengidap penyakit. Akan tetapi yang paling saya khawatirkan adalah terkena penyakit Alzheimer, bukan saja karena tidak bisa merawat diri sendiri, bahkan merepotkan dan menyusahkan sanak keluarga.


Suatu hari putra saya pulang dan mengatakan bahwa seorang teman dokter telah mengajarinya keterampilan bahasa. Konon tidak hanya bisa mencegah alzheimer, tapi juga sanggup menurunkan berat badan, hipertensi, penyumbatan pembuluh darah otak, rabun jauh, asma, telinga mendengung, infeksi tenggorokan, infeksi pundak, insomia, dan lain-lain.


Anakku mengatakan bahwa gerakannya sangat mudah, cukup dengan setiap pagi setelah membasuh muka di depan cermin,


  • Keluarkan lidah Anda dan tarik ke belakang sebanyak 10 kali,
  • Selanjutnya julurkan lidah lagi, lalu geserkan ke kanan dan kiri sebanyak 10 kali, cukup!


Sejak saat itu saya melakukan senam lidah setiap hari, sebagaimana yang di ajarkan oleh anakku.


Kami mempraktikkannya terus menerus, dan juga mengembangkan cara gerakan senam lidah dari pengalaman kami, latihan berlangsung selama lebih dari setahun, dan membuahkan hasil. Tidak hanya otak menjadi lebih jernih dan segar, kepala pusing, rabun jauh, mudah pilek, problem pencernaan, dan lain-lain yang selama ini saya derita, semuanya terasa menjadi lebih ringan, badan menjadi lebih gesit dan lincah.”


Catatan redaksi :


Senam lidah mencegah alzheimer ada dasarnya, berdasarkan penelitian ilmu kedokteran, syaraf lidah berhubungan dengan otak besar, ketika badan kita menjadi tua dan lemah, tanda-tanda yang muncul terlebih dahulu adalah lidah menjadi kaku. Oleh karena itu, menggerakkan lidah secara rutin dengan senam lidah, akan menstimulasi (memberikan kejutan positif) otak besar, mencegah otak mengecil, dan mencapai tujuan kita menyehatkan tubuh kita.


Kami berharap teman-teman kami yang sudah lanjut usia giat melakukannya.


Semoga bermanfaat!

#Kesehatan
EDY SYAM 24 Des 2022 Last Updated 2022-12-23T22:52:22Z
Komentar

Tampilkan