8 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air yang Berlubang dan Menghitam

EDY SYAM
0

8 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air yang Berlubang dan Menghitam
Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air yang Berlubang dan Menghitam


Sehat-Selalu.com - Pada saat kita kecil, banyak di antara kita yang sudah merasakan sakitnya cacar. Rasa terbakar, sakit menggigit dan rasa tidak nyaman pada seluruh tubuh merupakan pengalaman yang ingin sekali kita lupakan. Cacar merupakan salah satu kondisi yang diakibatkan virus varicella-zoster, yang membuat banyak bentolan kecil di seluruh tubuh. Bentolan ini bisa saja berisi cairan, yang bila pecah akan terasa sakit.


Cara Menghilangkan Bekas Cacar yang Ampuh


Bagi sebagian orang dewasa, kenangan pahit dari cacar ini akan terbawa hingga tua. Pasalnya, ada beberapa bagian tubuh yang menyisakan bekas cacar, mulai dari perubahan pada kulit hingga tidak tumbuhnya rambut. Berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas cacar yang bisa Anda terapkan di rumah dengan mudah.


1. Oat


Ya, salah satu cara mudah untuk menghilangkan bekas cacar adalah menggunakan oat. Oat yang terbuat dari gandum terbukti dapat bermanfaat untuk kulit, mulai dari mencerahkan kulit hingga menghaluskannya. Oat ini juga mampu membuat kulit tetap lembap dan juga mampu membuat kulit sembuh lebih cepat.


Untuk menggunakan oat pada bekas cacar, pertama-tama campurkan oat dengan air hangat hingga membentuk pasta bertektstur kasar dan kental. Pastikan campuran oat dan air ini sudah dingin, baru kemudian aplikasikan pada bekas cacar Anda. Diamkan selama 10 menit, baru kemudian basuh dengan air.


2. Baking Soda


Mungkin Anda terheran-heran, apa hubungannya baking soda dengan menghilangkan bekas cacar? Jangan salah, baking soda memiliki kandungan yang aktif dan mampu membersihkan sel-sel kulit mati. Selain itu, baking soda juga dapat menghilangkan peradangan dan rasa gatal pada kulit, yang sekaligus menjaga kelembapanya.


Cara membuat campuran baking soda pun cukup mudah, cukup campurkan dua sendok makan dengan satu cup air hangat. Campurkan hingga membentuk pasta, dan balurkan pada permukaan kulit yang memiliki bekas cacar. Setelah itu, diamkan selama 10 menit baru kemudian bersihkan dengan air.


3. Air Kelapa


Salah satu bahan yang sanggup menghilangkan bekas cacar secara alami adalah air kelapa. Selain rasanya yang manis dan enak, air kelapa memiliki banyak komponen yang baik untuk kulit. Mineral yang ada di dalamnya pun sudah terbukti dapat membuat kulit semakin sehat.


Air kelapa ini bisa Anda gunakan dengan cara membanjurkannya langsung pada bekas cacar. Cara lain untuk melakukannya adalah, mencampurkannya dengan air sebelum Anda berendam. Anda juga bisa meminum air kelapa ini untuk memperbaiki kulit dari dalam tubuh.


4. Madu


Madu dihasilkan dari alam, khasiatnya pun sudah pasti alami. Banyak kandungan dari madu yang sangat bermanfaat bagi kulit, yang salah satunya adalah menghilangkan bekas luka cacar. Madu yang dikenal sebagai pelembab kulit alami ini dapat menghilangkan sel kulit mati dan membuat kulit beregenerasi lebih cepat.


Anda bisa mencampurkan madu ini dengan oat sebelum dibalurkan untuk mendapatkan efek yang maksimal. Kemudian, gosok-gosok dengan lembut pasta campuran oat dan madu ini pada bagian kulit bekas cacar. Diamkan mengering pada kulit selama sekitar 1 jam, baru kemudian basuh dan bersihkan dengan air.


5. Pepaya


Pepaya merupakan satu jenis buah yang sudah terbukti bermanfaat bagi pencernaan. Namun ternyata, pepaya ini baik juga digunakan untuk kulit. Kandungan dalam buah pepaya dapat membantu menghilangkan bekas luka yang berasal dari cacar. Pepaya ini juga sudah terbukti dapat membuat kulit lembap dan menghilangkan sel kulit mati dengan cepat.


Anda bisa menggunakan pepaya ini dengan mencampurkan pepaya dengan brown sugar dan susu putih. Campurkan ketiga bahan hingga membentuk sebuah cairan pasta, dan kemudian baru balurkan pada kulit yang ada bekas cacarnya. Setelah 10 menit, basuh campuran yang menempel pada kulit dengan sabun dan air hangat.


6. Aloe Vera


Aloe vera sudah terbukti memiliki khasiat yang baik untuk rambut dan kulit, terutama dalam menghilangkan bekas luka. Faktanya, aloe vera merupakan salah satu jenis tumbuhan yang dipercaya sebagai obat segala bisa untuk segala urusan. Hal ini dikarenakan aloe vera memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita.


Gunakan aloe vera ini dengan cara memotongnya menjadi dua, dan mengeluarkan gel yang ada di dalamnya. Balurkan pada kulit bekas cacar Anda dan gosok dengan lembut selama beberapa menit. Setelah itu, diamkan dahulu selama beberapa menit hingga mengering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan hal ini sebanyak dua hingga tiga kali setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.


7. Lemon


Lemon yang merupakan buah citrus ini sudah terbukti memiliki manfaat menyembuhkan, terutama pada kulit. Kandungan kolagen pada lemon ini mampu meremajakan kulit secara alami, yang juga dapat menghilangkan bekas cacar Anda.


Lemon ini bisa Anda langsung aplikasikan langsung pada kulit bekas cacar Anda. Caranya adalah, gunakan cotton ball pada cairan lemon yang sudah Anda peras sebelumnya. Kemudian, diamkan selama 15 menit hingga mengering. Bersihkan setelahnya, dan lakukan perawatan ini selama 2 minggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang terbaik.


8. Minyak Kelapa


Tak jauh beda dengan air kelapa, minyak kelapa pun memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas luka. Minyak kelapa memiliki kandungan yang dapat membuat kulit halus, lembap, dan juga meremajakannya. Sel-sel kulit mati yang terkena minyak kelapa ini akan terangkat, yang membuat sel kulit sehat muncul dengan cepat.


Biasanya, minyak kelapa yang paling banyak digunakan untuk urusan kulit adalah extra virgin coconut oil. Caranya pun sangat mudah, cukup balurkan minyak ini pada daerah kulit bekas cacar, dan biarkan kering dengan sendirinya. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, lakukan selama 3 hingga 4 kali setiap harinya.


Demikian cara menghilangkan bekas cacar yang bisa dilakukan. Mudah bukan menghilangkan bekas cacar? Memang, cara yang non-alami seperti menggunakan bahan kimia atau melakukan operasi lebih cepat. Tapi hal tersebut juga tidaklah murah, dan memiliki risiko tersendiri. Jika Anda masih bingung antara menggunakan cara alami atau tidak, konsultasikan hal ini pada dokter kulit.


Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)