5 Cara Menggunakan Serum yang Benar

EDY SYAM
0

5 Cara Menggunakan Serum yang Benar
5 Cara Menggunakan Serum yang Benar

Cara Menggunakan Serum yang Benar – Serum termasuk salah satu produk skincare yang dapat merawat kulit di mana tiap jenis serum memiliki bahan aktif yang tentunya berbeda dan dirancang dengan fungsinya masing-masing agar wajah dapat memperoleh manfaatnya dan kalian perlu mengetahui cara pemakaiannya yang baik dan benar.


Seperti apa cara pemakaian serum dengan baik dan benar? Tentunya Sehat Selalu akan memberikan beberapa informasi terkait cara pemakaian serum, juga ada beberapa informasi serum sebagai tambahan untuk kalian yang saat ini merupakan pengguna serum.


5 Cara Menggunakan Serum Yang Benar Hasilnya Ampuh


Serum ini berfungsi maksimal bila digunakan dengan benar di mana produk perawatan kulit ini mengandung konsentrasi bahan aktif yang cukup tinggi dan berikut ini adalah sederet hal yang kalian perlu cermati.


1. Bersihkan Wajah


Bahan aktif yang terdapat di dalam serum ini hanya akan terserap sempurna pada kulit wajah yang bersih di mana jika kalian tidak bersihkan muka maka kotoran dan minyak pada wajah dapat menghalangi serum untuk bisa terserap sempurna ke dalam kulit.


Oleh sebab itu hal yang pertama kali dilakukan sebelum menggunakan serum ialah mencuci muka di mana kalian perlu membersihkan wajah dengan sabun dan air hangat kemudian air hangat akan melembapkan kulit dan membuka pori pori untuk membantu penyerapan serum.


Pastikan untuk tidak ada sisa sabun yang tertinggal pada wajah dan kemudian keringkan wajah menggunakan handuk lembut dengan cara ditepuk lalu tunggu sekitar satu menit untuk lanjut ke langkah berikutnya.


2. Gunakan Serum di Wajah Yang Lembap


Setelah membersihkan muka, gunakan beberapa tetes produk toner untuk menghilangkan sisa kotoran yang masih menempel pada wajah, Memakai toner ini merupakan cara yang baik untuk melembapkan kulit wajah sebelum menggunakan serum.


Tunggulah 1 – 2 menit sampai kulit dalam keadaan masih lembap, tapi tidak terlalu basah dari toner, ketika wajah masih setengah lembap kalian segerakan teteskan serum wajah agar produk perawatan wajah bisa menyerap dengan sempurna.


3. Gunakanlah Serum Secukupnya


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya bukan berarti kalian harus menggunakan serum wajah dalam jumlah yang banyak, tentu kebiasaan ini akan membuat kalian lebih boros tanpa memberikan hasil yang berbeda dan maksimal.


Serum ini punya bahan aktif dengan konsentrasi tinggi dan ukuran molekul yang kecil yang memungkinkan kulit wajah untuk menyerap serum dengan lebih cepat dan menyeluruh jadi cukup gunakan 1 – 2 tetes dalam rangkaian skincare kalian.


Tanda kalian menggunakannya terlalu banyak ialah kulit akan terasa berminyak atau lengket setelah di tetesi serum dan ini berarti kalian memakai serum dengan cara yang salah, karena serum tidak akan terserap dengan baik kecuali kalian mengurangi jumlahnya.


4. Gunakan Dengan Cara Ditepuk dan Dipijat


Setelah cairan serum ini menempel pada wajah tentu ratakanlah dengan cara menepuk wajah dan memijatnya perlahan dari bagian tengah wajah menuju garis rambut di mana hal ini bertujuan agar bahan aktif di dalam serum bisa terurai dan masuk ke dalam kulit.


Kemudian tunggu beberapa saat hingga serum benar-benar tak meninggalkan kesan lengket sebelum melanjutkan ke produk berikutnya di mana pada tahap ini kulit seharusnya akan terasa kenyal dan lembut tanpa kesan berminyak.


5. Lanjutkan Dengan Produk Skincare Lain


Setelah serum terserap ke dalam kulit kalian bisa menggunakan produk skincare lain di mana segera oleskan krim mata, moisturizer atau produk sejenis yang ada dalam rangkaian perawatan wajah kalian.


Jangan lupa untuk melengkapi dengan tabir surya yang mengandung sedikitnya 30 SPF yang berfungsi penting untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dan selain itu produk yang kalian gunakan sebelumnya juga bisa bekerja secara optimal dengan menggunakannya.


Apakah Boleh Menggunakan Dua Serum Wajah Sekaligus?


Sebenarnya hal ini boleh boleh saja meskipun demikian pemakaian serum ini juga tidak bisa sembarangan karena setiap jenis serum ini mengandung bahan aktif tersendiri dan menimbulkan reaksi yang berbeda pada tiap tipe kulit.


Sembarangan mencampur dua atau lebih serum, yang juga disebut layering, dapat membuat kulit yang sensitif mengalami iritasi dan oleh sebab itu kalian harus tahu betul produk yang akan digunakan.


Kunci untuk memakai lebih dari satu serum sekaligus ialah dengan cara mencermati bahan aktif di dalamnya dan jika kalian ingin memakai dua serum dengan cara sekaligus, berikut bahan bahan aktif dalam serum wajah yang tidak boleh untuk digabungkan.


1. Vitamin C dan Retinol


Serum vitamin C ini berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melawan kerusakan kulit akibat matahari dan polutan serta vitamin C juga bisa membantu menyamarkan bintik gelap dan merangsang produksi kolagen untuk mengurangi garis halus.


Retinol untuk kulit ini merupakan turunan vitamin A yang bisa menyamarkan bintik cokelat atau garis halus akan tetapi bahan ini bisa menjadikan kulit lebih sensitif terhadap cahaya matahari.


Gunakanlah vitamin C dan retinol di waktu terpisah misalnya pagi dan malam hari, janganlah kombinasi dua serum ini dalam satu waktu.


2. AHA atau BHA dan Retinol


Alpha hydroxy acid atau AHA dan Beta hydroxy acid atau BHA ini merupakan asam yang digunakan untuk eksfoliasi kulit alias mengelupaskan sel kulit mati sementara itu retinol sendiri digunakan untuk mengobati jerawat dan mengurangi bintik cokelat, garis halus serta kerutan.


Ketika keduanya digunakan sekaligus, kedua bahan aktif ini bisa membuat kulit menjadi sangat kering dan kulit yang sangat kering tidak hanya menjadi rentan mengelupas tapi juga mengalami kemerahan dan iritasi.


Oleh sebab itu kombinasi dua serum antara AHA dan BHA dengan retinol sebaiknya tidak dipakai bersamaan, gunakanlah salah satunya saja secara bergantian di pagi atau malam hari.


3. Benzoil Peroksida dan Retinol

Serum yang mengandung benzoil peroksida dan retinol ini sebaiknya tidak digunakan bersamaan karena kombinasi keduanya bisa menghilangkan efek satu sama lain.


Selain itu retinol juga tidak boleh digunakan dengan produk yang ada asam seperti vitamin C karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.


Tentunya ada banyak sekali jenis serum sehingga sangat wajar bilamana kita mencari cara bagaimana memakai serum wajah agar benar karena saat memakai serum yang terpenting ialah kalian bisa memahami urutan dan bahan bahan aktif yang tidak boleh digabungkan dengan produk lain seperti yang telah di jelaskan pada 5 Cara Menggunakan Serum Yang Benar

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)