Top Label

5 Penyebab Anak Susah BAB dan Solusi Mengatasinya

Penyebab dan Solusi Mengatasi Anak Susah BAB
Penyebab dan Solusi Mengatasi Anak Susah BAB


Penyebab dan Solusi Mengatasi Anak Susah BAB - Seorang ibu pasti mengkhawatirkan anaknya ketika mengalami sebuah masalah gangguan kesehatan. Biasanya seorang anak hal yang lumrah terjadi adalah kesulitan untuk makan dan turunnya nafsu makan.


Kesulitan Buang Air Besar atau disingkat dengan BAB pada anak perlu di perhatikan sama halnya memperhatikan anak ketika anak kurang nafsu makan. Mengapa demikian? karena bisa jadi kesulitan BAB tersebut menjadikan anak anda terganggu.


Untuk itu di sini Sehat Selalu akan mengupas tuntas Penyebab dan Solusi Mengatasi Anak Susah BAB, simak ulasannya di bawah ini.


Penyebab dan Solusi Mengatasi Anak Susah BAB


Setelah di teliti lebih mendalam mengenai kesulitan anak dalam buang air besar, ternyata terdapat banyak sekali penyebabnya. penasaran? simak ulasannya di bawah ini:


1. Kurang Minum Air Putih


Penyebab kesulitan BAB yang pertama adalah kurang minum air putih. Apakah benar? jelas, air sangatlah dibutuhkan oleh tubuh manusia, terutama organ pencernaan tubuh. Pada dasarnya setiap hari kita di wajibkan meminum air putih dengan jumlah 2 liter per harinya.


Anak kesulitan BAB juga kemungkinan besar sangat kurang dalam hal minum air putih. Padahal sangat jelas, anak-anak sangat membutuhkan air minum yang sangat cukup. Oleh karena itu anda patut memperhatikan anak dalam urusan minum air putih ini.


2. Terdapat gangguan organ


Gangguan organ pencernaan juga bisa menyebabkan anak kesulitan BAB. Biasanya organ yang terganggu dan menyebabkan anak kesulitan BAB adalah Usus Besar. Dalam Usus besar bisa terjadi halnya penyumbatan yang menyebabkan anak kesulitan untuk buang air besar.


3. Terlalu Sering Menahan Buang Air Besar


Sering menahan buang air besar bisa juga menimbulkan kesulitan bab pada anak. Pada dasarnya hal ini sering kali anak-anak lakukan, entah karena mereka malas atau sedang asyik-asyiknya bermain. Nah jika hal ini terjadi alangkah baiknya anda orang tua lebih peka terhadap anak.


4. Pola Makan yang tidak sehat


Pola makan juga harus anda perhatikan sebagai orang tua. Anak biasnya memilih makanan sesukanya. Namun jika hal tersebut sering dilakukan tidak baik untuk anak anda. Sesekali memang tidak mengapa, tapi anda juga harus pantau terus anak.


Pola makan dengan mengatur kandungannya juga sangat di utamakan. Bagi anak tentunya makanan dengan serat dan dan vitamin yang tinggi sangat di rekomendasikan.


5. Psikologis yang terganggu


Faktor psikologis yang terganggu seperti halnya stres juga dapat terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan BAB. Faktor stress seperti gangguan mental anak bisa menyebabkan kondisi seseorang sangat kesulitan dalam hal mengeluarkan tinja. Pada dasarnya memang semua terganggu dengan otak, ketika otak tidak bisa menginstruksikan kepada pencernaan maka hal yang akan terjadi adalah kesulitan BAB.


Solusi Mengatasi Anak Kesulitan BAB


Banyak sekali solusi yang diberikan ketika anak anda mengalami kesulitan BAB. Bisa menggunakan obat-obatan kimia ataupun penggunaan alami. Di sini kami akan menjelaskan tentang Solusi mengatasi anak kesulitan BAB dengan penggunaan alami.


1. Mengonsumsi Sayuran dan Buah-buahan


Jika anak anda mengalami kesulitan BAB, ada baiknya sayuran dan buah-buahan. Secara definisi sayuran merupakan elemen yang sangat penting untuk tubuh. Gizi yang baik dalam sayuran sangat di pentingkan oleh tubuh manusia. Sayuran yang sangat baik untuk anak anda adalah brokoli. Selain sayuran terdapat buah-buahan yang baik untuk melancarkan BAB yang lain adalah pisang dan juga buah pepaya.


2. Perbanyak minum Air Putih


Tubuh sangat membutuhkan sekali banyaknya cairan. Hal ini berimbas pada sistem pencernaan. Semakin banyak cairan akan mempermudah sistem pencernaan mencerna makanan. Nah, kondisi makanan yang sudah tercerna dengan baik maka akan melancarkan buang air besar anak anda.


3. Konsumsi Lidah Buaya


Pada dasarnya lidah buaya sangat baik dan digunakan berabad-abad untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dalam lidah buaya terdapat antibakteri yang sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Anda bisa membuat jus lidah buaya dan menjadikannya terlihat menarik agar anak anda mengonsumsinya.


Itulah beberapa Solusi untuk mengatasi anak susah BAB. Namun jika cara tersebut tidak berhasil alangkah baiknya menggunakan herbal yang sudah teruji dalam hal mengatasi pelancaran BAB anak.

#Kesehatan#Obat Sehat#Tips
EDY SYAM Kamis, 14 Juli 2022 Last Updated 2022-07-17T10:41:43Z
Komentar

Tampilkan