Top Label

Pantangan Bagi Ibu Hamil Muda yang Harus Dihindari

 

Pantangan Bagi Ibu Hamil Muda yang Harus Dihindari - Sehat Selalu

Sehat-Selalu.com - Mempunyai anak merupakan dambaan setiap pasangan suami istri, tetapi tidak sedikit pasangan suami istri yang sudah menikah cukup lama belum juga diberi momongan. Sehingga berbagai cara dilakukan agar supaya cepat hamil, mulai dari terapi pijat, obat herbal sampai ke medis.


Sembilan bulan lamanya anak di dalam kandungan sang ibu sebelum dilahirkan. Selama sembilan bulan itu anak akan mengalami berbagai perkembangan, dimulai dari janin sampai bayi siap dilahirkan.


Selama sedang hamil, ada beberapa pantangan mulai dari makanan yang dikonsumsi sampai kebiasaan buruk yang wajib dihindari. Mengonsumsi makanan yang tidak sesuai bisa berefek buruk bagi janin serta ibunya, oleh karena itu pengetahuan seputar kehamilan sangatlah penting agar bayi yang dikandungnya sehat, ibu sehat dan bisa melahirkan dengan selamat


Berikut beberapa pantangan bagi ibu hamil muda yang wajib dihindari :


1. Hindari mengonsumsi alkohol

Alkohol sangatlah berbahaya untuk dikonsumsi manusia, apalagi saat dalam kondisi sedang hamil. Mengonsumsi alkohol saat sedang hamil bisa berefek, terjadinya cacat pada bayinya. 


2. Hindari merokok

Rokok mengandung lebih dari 4000 bahan kimia, termasuk di antaranya terdapat zat-zat yang berbahaya seperti : timbal, sianida dan 60 zat penyebab penyakit kanker. Apabila seorang wanita yang sedang hamil merokok, maka zat-zat tersebut akan masuk ke aliran darah yang merupakan sumber nutrisi dan oksigen bagi bayi yang dikandungnya. Hal itulah yang bisa menjadikan bayi lahir dalam kondisi prematur/ badan bayi terlalu kecil saat dilahirkan.


3. Hindari diet

Satu satunya sumber asupan nutrisi bagi bayi adalah berasal dari ibunya, jadi apabila ibunya melakukan diet secara otomatis akan membuat asupan nutrisi bagi bayinya pun kurang, sehingga pertumbuhan pada bayinya pun akan terganggu.


4. Hindari beraktivitas terlalu berat

Tiga semester awal dan tiga semester akhir kehamilan sangatlah rawan terhadap goncangan, goncangan yang berlebihan bisa menyebabkan terjadinya keguguran.


5. Hindari foto rontgent

Radiasi foto rontgent yang terkena janin bisa menimbulkan kecacatan.


6. Hindari banyak pikiran (Stres)

Stres bisa menyebabkan terjadinya keguguran, jadi usahakan buat hati senang ya.


7. Hindari pemakaian kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti mengandung mercuri


8. Hindari meminum obat atau jamu sembarangan

Kesalahan saat mengonsumsi obat, bisa menyebabkan banyi mengalami keracunan


9. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein

Berikut makanan dan minuman yang mengandung kafein : kofi, teh, minuman berenergi, permen penyegar nafas, coklat dan sebagainya.


10. Hindari makanan yang banyak mengandung msg dan formalin

Msg dan formalin yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa menyebabkan beberapa efek buruk pada janinnya, di antaranya : merusak saraf janin, terjadi resiko hipertensi saat kehamilan, bayi lahir cacat, autisme sampai keguguran.


11. Hindari memakan buah nanas

Buah nanas mengandung enzim bromelian, enzim ini memiliki efek melemahkan leher rahim, dan bisa menyebabkan rahim berkontraksi sehingga berpotensi terjadinya keguguran.


Demikian info mengenai "Pantangan Bagi Ibu Hamil Muda Yang Wajib Dihindari", semoga bermanfaat.


Terima kasih atas kunjungannya, dapatkan informasi kesehatan lainnya di website ini.

#Kehamilan
Sehat Selalu 22 Mar 2023 Last Updated 2023-03-22T00:33:09Z
Komentar

Tampilkan