Top Label

10 Jenis Makanan Sehat Anak Yang Sangat Dianjurkan

 

makanan sehat untuk anak sd, makanan sehat untuk anak sekolah, makanan sehat untuk anak tk, menu makanan anak usia 4-6 tahun, menu makanan anak usia 6-12 tahun, makanan sehat untuk anak 2 tahun, menu makanan anak sehat dan cerdas, makanan sehat untuk anak usia 10 tahun, 10 Jenis Makanan Sehat Anak Yang Sangat Dianjurkan
10 Jenis Makanan Sehat Anak Yang Sangat Dianjurkan


10 Jenis Makanan Sehat Anak Yang Sangat Dianjurkan – Makanan sehat anak adalah cara yang paling tepat untuk membantu tumbuh dan kembang anak. Dengan memberi makanan sehat, anak akan mengalami perkembangan yang optimal sehingga Ia bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas dan ceria.


Makanan sehat anak adalah makanan yang mengandung zat besi, protein,  kalsium dan juga protein yang mampu mencukupi angka kebutuhan gizi Mereka. Tanpa adanya zat-zat tersebut, perkembangan motorik dan sensorik anak bisa terganggu, dalam kasus yang parah, anak juga bisa mengalami mal nutrisi atau gizi buruk.


Jenis makanan sehat anak yang baik untuk pertumbuhan


Agar anak tak mengalami gizi buruk, cobalah penuhi kebutuhan gizinya dengan 10 makanan sehat anak berikut ini.


1. Buah Berrie


Kelompok berry-berryan mengandung vit C, antioksidan dan fitokimia penting yang mampu menguatkan sistem imun anak. Oleh karena itu, buah berry sangat dianjurkan bagi anak agar tubuhnya tidak mudah sakit.


2. Telur


Telur merupakan agen kolin yang paling baik. Kolin adalah zat penting yang berguna dalam perkembangan otak anak. Selain itu, telur juga mengandung vitamin dan protein yang baik untuk pertumbuhan anak. Kelebihan lain dari makanan sehat untuk anak sd berbahan dasar telur adalah rasanya yang gurih seta proses pemasakan yang mudah.


3. Susu sapi murni


Susu sapi mengandung fosfor dan protein yang sangat baik untuk perkembangan otot dan tulang anak. Namun sayangnya, menu makanan anak usia 6-12 tahun yang satu ini tidak cocok untuk semua anak karena terkadang ada anak yang alergi terhadap susu sapi.


4. Selai kacang


Makanan sehat untuk anak sd yang satu ini jarang Kita ketahui. Kebanyakan orang tua melarang anaknya mengonsumsi selai kacang dengan alasan kacang mengandung lemak. Padahal, lemak yang ada pada selai kacang merupakan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk kesehatan jantung.


5. Gandum


Gandum merupakan makanan yang kaya serat alami. Serat yang ada pada gandum akan membuat pencernaan anak menjadi sehat dan lancar. Anda bisa memberikan gandum pada anak dalam bentuk biskuit atau sereal gandum yang dipadukan dengan biji-bijian lain agar lebih menyehatkan.


6. Daging


Sudah menjadi rahasia umum jika daging merupakan makanan sehat untuk anak usia 10 tahun yang sangat dianjurkan. Jika Anak berusia kurang dari satu tahun, Anda dapat mencampurkan kaldu daging ayam atau sapi pada MPASI. Sedangkan, jika anak berusia lebih dari 1 tahun, Anda bisa memberikannya dalam bentuk daging cincang.


7. Ikan


Makanan sehat untuk anak sekolah lain adalah ikan. Ikan mengandung banyak protein yang baik untuk pertumbuhan. Selain itu, beberapa ikan berdaging merah seperti ikan salmon dan ikan tuna juga mengandung omega 3 yang mampu menyehatkan mata, jantung dan mendukung perkembangan otak.


8. Keju


Keju merupakan makanan olahan susu yang sangat baik bagi anak karena mengandung fosfor, protein, lemak dan vitamin D. Agar anak tertarik mengonsumsi keju, berikanlah keju bersama makanan lain seperti roti, ice cream, nasi goreng atau pizza.

 

9. Brokoli


Menu makanan anak usia 4-6 tahun yang tak kalah pentingnya adalah brokoli. Brokoli mengandung senyawa penting yang baik untuk kesehatan mata dan menyehatkan sel. Tidak hanya itu, brokoli juga disebut-sebut sebagai sayuran paling bergizi di dunia.


10. Buah dan sayur berwarna cerah


Buah dan sayur berwarna cerah mengandung beta karoten, retinol AE dan karatenoid yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A. Vitamin A sangat diperlukan tubuh untuk pembentukan jaringan, menutrisi mata dan menyehatkan sel.

 

Itulah tadi 10 menu makanan anak sehat dan cerdas yang sangat dianjurkan. Berikan makanan sehat tersebut setiap hari secara bergantian agar anak tidak bosan.

#Anak Sehat#Tips Sehat
EDY SYAM Rabu, 20 Juli 2022 Last Updated 2022-07-20T07:27:28Z
Komentar

Tampilkan