Ketahuilah Tanda-Tanda Atau Gejala Stroke Sejak Dini

Sehat Selalu
0

 

Ketahuilah Tanda-Tanda Atau Gejala Stroke Sejak Dini - Sehat Selalu

Ketahuilah Tanda-Tanda Atau Gejala Stroke Sejak Dini | Siapa pun dari kita pasti berisiko besar terserang stroke, hanya saja hal tersebut dapat kita hindarkan dengan selalu menerapkan pola hidup yang sehat. Stroke ini terjadi akibat adanya gangguan pada aliran darah ke bagian organ otak yang bisa menyebabkan otak secara mendadak terserang masalah. Kurangnya suplai darah ke otak menyebabkan reaksi biokimia yang membunuh sel-sel saraf otak. Sehingga hal ini akan menyebabkan hilangnya fungsi yang seharusnya dikontrol oleh jaringan tersebut.


Tanda-Tanda Atau Gejala Stroke

Penderita yang selamat dari serangan stroke, bisanya akan mengalami kelumpuhan, kehilangan kemampuan berbicara, berjalan dan hilangnya beberapa ingatan yang ada di dalam otaknya. Penyakit stroke juga dapat dipicu karena adanya cabang pembuluh darah yang terganggu oleh emboli. Emboli di sini dapat berupa gangguan dari adanya masalah kolesterol ataupun udara.


Gejala Penyakit Stroke

Ada beberapa hal yang dapat menjadi gejala penyakit stroke, di antaranya adalah sebagai berikut :


Lengan dan Kaki Terasa Lemas

Timbulnya masalah pada kaki dan juga tangan yang tiba-tiba terasa lemas dan seperti mati rasa, maka jangan diabaikan begitu saja. Karena gejala tersebut merupakan salah satu indikasi penyakit stroke. Untuk lebih mendapatkan kepastian maka cobalah angkat kedua tangan secara sejajar dengan posisi telapak tangan menghadap ke bagian atas selama 10 detik. Jika salah satu dari lengan tersebut terjatuh, itu menandakan otot lengan tadi mengalami pelemahan yang tak lain adalah gejala dari  penyakit stroke. Lakukan gerakan push up untuk melatih kekuatan  otot pada lengan.


Timbul Masalah Sakit Kepala

Penyakit stroke juga bisa memberikan gejala yang sangat mudah dirasakan oleh penderitanya, yaitu timbul masalah sakit kepala yang datang secara mendadak dan rasanya sangat menyakitkan. Jika sampai kita merasakan sakit kepala yang amat sangat dan yang datang secara tiba-tiba, maka jangan menyepelekannya. Karena sakit kepala tersebut bukanlah sakit kepala biasa, dan bisa menjadi salah satu tanda dari penyakit stroke.


Pandangan Mengalami Gangguan

Salah satu gejala yang dapat timbul akibat penyakit stroke ini adalah terjadinya gangguan pada pandangan, yang dapat membuat pandangan penderita menjadi kabur bahkan bisa hilang. Gejala pandangan kabur ini sering kali diabaikan oleh para penderitanya, bahkan banyak para penderita stroke yang tidak mengetahui atau mengerti bahwa hal tersebut merupakan bagian dari suatu tanda penyakit stroke.


Bahasa yang Sulit Di Pahami

Selanjutnya untuk tanda-tanda dari penyakit stroke adalah adanya kata-kata atau bahasa dari penderita yang membuat pendengarnya merasa kesulitan untuk memahami bahasa yang digunakan oleh penderita. Hal ini sangat sering terjadi pada penderita stroke, yang sering disebut dengan gangguan bahasa atau afasia disorder.


Hilang Keseimbangan

Gejala selanjutnya pada penyakit stroke adalah hilangnya keseimbangan tubuh. Ketika muncul rasa pusing, mual dan hilang keseimbangan saat berjalan maka kita harus mewaspadainya, karena bisa jadi masalah stroke sedang mengintai.


Susah Untuk Berekspresi

Banyak penderita stroke yang akhirnya merasakan kesusahan untuk memperlihatkan ekspresi wajahnya. Stroke dapat membuat seseorang mengalami pelemahan misalnya di bagian wajahnya. Dokter biasanya akan menyuruh pasien untuk mencoba tersenyum dan menunjukkan gigi mereka. Akan tetapi jika seseorang tersebut benar-benar terserang stroke, maka hal semudah itu pun mereka tidak mampu untuk melakukannya.


Kesusahan Bernapas

Waspadailah masalah kesusahan bernapas yang kita alami, jika ternyata gejala tersebut datang padahal kita tidak sedang melakukan aktivitas berat atau aktivitas fisik apa pun. Kesusahan napas yang terjadi tanpa adanya sebab yang jelas merupakan gejala dari penyakit stroke yang terkadang dianggap remeh.


Muncul Rasa Nyeri

Munculnya rasa nyeri pada bagian kaki, lengan atau setengah bagian wajah atau dada merupakan salah satu tanda dari adanya penyakit stroke. Namun untuk gejala yang satu ini tidak selalu dirasakan pada penderita stroke, karena banyak juga para penderita stroke yang tidak merasakan rasa nyeri di bagian-bagian tersebut.


Mudah Merasa Lelah

Para penderita stroke cenderung akan mudah merasa kelelahan, bahkan ketika sedang tidak melakukan hal apa pun. Rasa lelah ini memang akan timbul karena adanya gangguan dari stroke ini, yang membuat seseorang dapat merasa sangat kelelahan. Selain itu, perubahan mental pun akan terjadi dengan sendirinya.


Cegukan

Dari kita pasti sering merasakan cegukan, namun perlu untuk diketahui bahwa tidak semua cegukan yang timbul pada diri kita  adalah sebuah tanda dari penyakit stroke. Hal ini tentu harus lebih diperhatikan lagi. Cegukan pada stroke memang akan terjadi karena, stroke akan mempengaruhi fungsi dari kerja otak yang mengatur sistem pernapasan, terlebih utama adalah untuk kaum perempuan.


Itulah tadi informasi mengenai gejala dari stroke yang perlu kita waspadai. Mengingat bahwa stroke ini dapat menyerang siapa saja, sehingga kita harus selalu hati-hati dan menjaga tubuh kita  agar bisa terhindar dari penyakit stroke ini.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)