Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

EDY SYAM
0

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami
Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Hampir sebagian besar dari kita pernah mengalami keluhan ini. Radang tenggorokan sebenarnya bukanlah suatu jenis penyakit, melainkan gangguan pada saluran pernafasan atas yang disebabkan karena radang. Radang pada tenggorokan sebenarnya juga bukan merupakan gangguan kesehatan yang terlalu berbahaya. 


Bahkan jika dibiarkan saja juga akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika dibiarkan begitu saja tentu juga akan mengganggu konsentrasi saat kita aktivitas. Maka alangkah baiknya dilakukan pengobatan untuk mengatasi keluhan ini. Cara mengobati radang pada tenggorokan juga cukup mudah, kita bisa menggunakan cara alami tanpa obat kimia.


Seseorang mengalami radang pada tenggorokan disebabkan oleh banyak faktor, misalnya karena terkena bakteri streptococus. Ini merupakan jenis bakteri yang menyebar melalui udara, terutama jika kita sering aktivitas di luar ruangan. Kondisi lingkungan berdebu, lingkungan kurang bersih dan sebagainya bisa menjadi penyebabnya. Kondisi itulah yang sering menjadi perantara seseorang terkena virus strepcocus. 


Selain itu, jenis radang seperti ini juga bisa disebabkan oleh alergi seperti debu, polusi dan sensitive terhadap cuaca. Radang ini bisa diawali dengan gejala sakit pada tenggorokan, rongga mulut memerah, adanya pembengkakan pada amandel dan sebagainya.


Jika Anda sedang mengalami keluhan seperti ini, Anda bisa mencoba dengan cara alami. Ada beberapa cara alami yang terbukti ampuh mencegah dan mengobati radang ini. Cara mengobati radang tenggorokan menggunakan bahan herbal bisa Anda coba dengan menggunakan beberapa jenis ramuan. Contoh obat herbal anti radang pada tenggorokan misalnya sebagai berikut:


Cara mengobati radang tenggorokan


1. Minum teh dan madu


Minuman ini sebenarnya merupakan minuman yang biasa kita minum, tetapi kadang kita kurang memperhatikan manfaatnya. Teh yang hangat bisa mengurangi rasa sakit pada tenggorokan, sedangkan madu berfungsi untuk anti radang. Minum teh ditambah 1 sendok madu pada malam pagi dan malam hari. Dalam hitungan hari radang pada tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya.


2. Minum jahe hangat


Siapa yang tidak kenal jenis obat herbal ini, termasuk dalam jenis tanaman obat dan rempah-rempah. Jika diolah menjadi minuman panas, sangat baik untuk kesehatan kita, terutama untuk mengobati dan mencegah radang/inflamasi tenggorokan. Jahe memiliki kandungan curcumin yang bisa mencegah terjadinya radang. Cara membuat ramuan herbal ini cukup mudah, bakar jahe dengan bara api, kemudian memarkan jahe dan masukkan ke dalam satu gelas air panas. Tambahkan gula batu dan sedikit madu. Obat ini sangat terbukti khasiatnya mengatasi berbagai jenis radang.


Contoh lainnya lagi adalah makan bawang putih yang dibakar atau dipanaskan dengan bara api, kemudian kunyah sampai lembut. Kandungan tanin pada bawang putih merupakan senyawa yang baik untuk mengatasi radang, serta masih banyak contoh obat herbal radang tenggorokan lainnya yang berkhasiat mengatasi gangguan radang khususnya di tenggorokan. Demikian sedikit ulasan tips dan cara mengobati. Semoga bermanfaat untuk para pembaca semua.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)