Top Label

Cara Mencegah Flu dan Pilek di Musim Hujan

Cara Mencegah Flu dan Pilek di Musim Hujan
Cara Mencegah Flu dan Pilek di Musim Hujan

Cara Mencegah Flu dan Pilek di Musim Hujan - Di musim hujan biasanya batuk, flu, dan pilek sering menyerang kita. Memang penyakit ini termasuk penyakit ringan namun tidak dipungkiri dapat mengganggu aktivitas kita secara keseluruhan.


Biasanya di saat-saat hujan seperti ini kekebalan tubuh kita menjadi lemah sehingga gampang tertular penyakit, beberapa di antaranya pada umumnya adalah penyakit flu dan pilek. Apabila sudah terkena gejala flu dan pilek ini tentu mengganggu aktivitas sehari-hari kita.


Ada banyak makanan yang memang dikenal dapat berkhasiat mencegah penyakit flu, mulai dari buah yang mengandung vitamin C sampai dengan bumbu dapur. Selain itu, ada juga bahan makanan lainnya yang bermanfaat sama hebatnya dengan buah-buahan tersebut dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Berikut beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh yang bisa menjadi alternatif sebagai cara mencegah flu :


1. Buah kiwi 


Buah kiwi memiliki kandungan 90-110 mg vitamin C, bahkan melebihi kandungan vitamin C pada buah jeruk. Vitamin C sendiri berfungsi sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh. Buah jeruk dikenal pula sebagai sumber potassium yang baik yang dapat menjadi mineral penting bagi syarat dan otot agar tetap kuat. Di dalam buah kiwi pun terdapat kandungan vitamin E yang bisa memperkuat kekebalan tubuh. Buah yang dikenal dengan rasa asam manisnya ini mengandung anti-oksida flavonoid dan karotenoid yang dapat membantu menjaga kesehatan saluran pernapasan, jantung serta kebugaran tubuh.


2. Buah bit 


Buat bit memiliki kandungan anti-oksida dan magnesium serta mineral yang membantu fungsi otot dan syaraf. Selain itu, bit dikenal dapat mencegah cacat lahir pada bayi karena kandungan asam folatnya. Umbi ini dikenal baik bagi wanita yang akan melahirkan dan cocok untuk kesehatan jantung. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa memblender bit yang telah dimasak dengan jus jeruk, kemudian disaring sebelum diminum.


3. Biji labu kuning


Biji labu kuning mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan juga zinc. Zinc berfungsi sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh yang berperan sebagai anti-oksida dan dapat meminimalisir kerusakan pada bagian membran sel karena radikal bebas. Bahan makanan ini bisa dikudap dan dijadikan sebagai camilan, biji labu kuning ini pun dapat dicampur ke dalam yogurt, kue atau pun oatmeal dan sangat nikmat.


4. Lemon 


Lemon dikenal dengan vitamin C-nya yang tinggi dan mendorong pertumbuhan bakteri baik. Lemon juga sering sebagai pengganti gula dan garam agar menghindari sistem kekebalan tubuh yang melemah karena gula dan garam. Anda bisa mengonsumsi lemon sebagai minuman teh pada pagi hari, sebagai contoh bisa mencampurkan perasan air lemon pada teh Anda namun tidak ditambahkan gula.


Tahu Orang yang kurang konsumsi protein bisa mengakibatkan penumpukan karbohidrat yang akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kandungan ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tahu adalah makanan komplit karena punya kandungan protein, asam lemak omega-3, dan kalsium yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


5. Blueberry 


Blueberry termasuk dalam jenis makanan super karena banyak sekali mengandung anti-oksida bahkan apabila dibandingkan dengan buah dan sayuran lainnya. Blueberry adalah salah satu makanan yang paling banyak mengandung anthocyanidin atau anti-oksida yang dapat memerangi kanker. Kandungan vitamin C, mangan, dan serat pun banyak.


Cara mencegah flu dan pilek di musim hujan adalah mengonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Anti-oksida ini akan dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas yang terdapat pada air hujan yang jatuh.

#Buah Sehat#Tips#Tips Sehat
EDY SYAM Jumat, 01 Juli 2022 Last Updated 2022-07-17T12:17:38Z
Komentar

Tampilkan