Top Label

Manfaat Ngopi Cantik untuk Kesehatan Perempuan

 

Manfaat Ngopi Cantik untuk Kesehatan Perempuan - Sehat Selalu


Sehat Selalu - Kopi.. siapa coba yang gak suka kopi, eh tapi ada juga pastinya yang ga suka  atau bahkan justru menghindarinya karena alasan lain. Minum kopi atau ngopi cantik sekarang kayanya udah jadi kebiasaan banyak orang termasuk perempuan. Kalau dulu kopi identic dengan kopi hitam dan kopi pahit saja, dan penggemarnya pun sebagian besar adalah kaum pria dan berusia dewasa atau tua, berbeda dengan sekarang kopi udah tambah kekinian. 


Banyak perempuan jadi penyuka kopi dan pastinya termasuk saya hehe. Rasanya ga lengkap kalau pagi – pagi belum minum kopi. Café tempat ngopi cantik pun tambah banyak dan variatif dari rasa dan penyajiannya. Harganya pun beragam dari mulai harga yang biasa sampai harga yang selangit pun ada. Selain kopi yang ada di café – café, kopi instan juga sekarang banyak dijual dengan kemasan sachet yang tinggal diseduh dengan mudahnya.


Tapi dibalik enaknya minum kopi kita juga harus hati – hati karena kebanyakan minum kopi juga ga bagus buat kesehatan. Seberapa banyak kita baiknya minum kopi dalam sehari? Kalau menurut dr. david dari DF Clinic, kita khususnya perempuan minum kopi dalam sehari itu sebaiknya tidak lebih dari 1 sachet sehari. Atau bisa juga satu sachet itu untuk 3 kali minum dalam sehari. Jadi 1 sachet kopi dibagi 2 atau 3 saja untuk sehari, dan bukan 3 sachet dalam sehari yaa. 

(ads)

Nah dibalik enaknya minum kopi atau ngopi cantik ada manfaatnya juga lho untuk kesehatan buat perempuan khususnya, apa sih manfaatnya? Yuk kita intip :


Meningkatkan Stamina dan Mood

Buat yang biasa minum kopi rasanya ga lengkap kalau belum ngopi dulu sebelum beraktivitas. Dan kopi juga menyebabkan hilangnya rasa kantuk, kenapa? Di mana di dalam tubuh ada adenosine yang bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kopi mengandung kafein yang cukup tinggi dan kafein inilah yang mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lambat. Dan karena pergerakannya lambat sehingga menyebabkan perasaan segar yang lebih lama.


Selain meningkatkan stamina, kopi juga bisa meningkatkan mood, pada kebanyakan orang yang terbiasa minum kopi mereka akan merasa lebih bergairah dan ceria ketika dan setelah minum kopi. Kopi juga bisa memberikan efek korelasi pada rasa bahagia.


Melawan Depresi

Pastinya sering kan kita mendengar istilah Depresi bahkan teramat sering kali ya dikit – dikit orang bilang Depresi. Depresi kerap kali dirasakan atau  terjadi pada perempuan hal ini bisa jadi karena perempuan yang kadang harus multitasking dan dan juga perempuan kadang kalau memikirkan masalah selalu dengan perasaan. Tuh makanya jangan suka baper yaa. Berbeda dengan laki – laki yang lebih logis dan rasional kalau masalah. 


Terus apa hubungannya Depresi dengan kopi?

Sebuah penelitian menemukan adanya hubungan kopi antara minum  kopi dan Depresi. Dengan minum kopi dalam batas normal dapat meminimalisir Depresi sebanyak kurang lebih 10 persen dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi kopi. Hal ini karena kandungan yang terdapat dalam kopi dapat membantu meminimalisir Depresi. Tapi kandungan gula dalam kopi kalau terlalu banyak ga baik juga buat kesehatan. Jadi sebaiknya kurangi gulanya saat minum kopi. Kalau kurang manis ya minum kopinya bareng sama yang manis kaya saya haha.


Menghindari stres dan putus asa

Stres dan putus asa juga kerap di derita oleh perempuan. Kalau kemarin saya bahas stres bisa di hindari dengan jalan kaki, nah minum kopi juga ternyata bisa menghindari terjadinya stres. Perempuan yang minum kopi maksimal 2 gelas sehari bisa mengurangi stres dan risiko untuk bunuh diri, ups serem amat ya. Hal ini karena aroma pada kopi diyakini berperan dalam mengurangi stres dengan memicu aktivitas gen untuk melindungi sel – sel saraf. Dan perlu diingat juga bahwa minum kopi lebih dari 4 gelas dalam sehari bisa merugikan kesehatan kita juga, nah hati – hati jangan kebanyakan tuh atau sebaiknya mulai sekarang yuk dikurangi.


Menjaga kesehatan hati

Hati bukan hanya dijaga dari penyakit hati seperti iri, dengki, yang tidak kalah penting juga hati harus dijaga kesehatannya. Perempuan yang minum kopi secara teratur dapat mengurangi risiko dari PSC atau Primary Sclerosing Cholangitis yaitu penyakit autoimun yang terbilang langka yang bisa mengakibatkan  gagal hati, sirosis hati dan kanker.


Dapat membantu menurunkan berat badan

Nah good news neh buat yang lagi punya  program menurunkan berat badan, karena ada cara lain baut menurunkan berat badan. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi kalau dikonsumsi secara tepat bisa membantu menekan nafsu makan. Selain itu kafein juga sifatnya diuretic di mana bisa membantu mengeluarkan cairan dalam tubuh, dan hal ini mengakibatkan tubuh memproses panas dan energi. Tapi tentunya kita juga harus tetap mengganti cairan yang hilang itu untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh kita. Pada beberapa suplemen untuk terapi atau pengobatan yang menggunakan kandungan kafein ini harus dengan resep atau sepengetahuan dokter supaya tidak mengganggu kesehatan organ tubuh yang lainnya.


(ads)


Dapat menurunkan risiko diabetes tipe II

Kalau dalam tulisan saya sebelumnya yang membahas pentingnya jalan kaki untuk kesehatan di mana salah satunya bisa menurunkan risiko diabetes tipe II, diabetes tipe II juga bisa dibantu diturunkan dengan minum kopi. Dengan minum kopi dalam porsi yang sesuai setiap hari dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe II. Kandungan kromium dalam dan magnesium yang terdapat dalam kopi dapat menekan risiko diabetes tipe II. Tapi kita juga harus ingat dalam minum kopi sebaiknya juga memperhatikan kadar gula dalam kopi. Kalau gula berlebihan gak baik juga buat tubuh kita dan juga berisiko diabetes, nah lohhh….


Menurunkan risiko Alzhaimer, Parkinson dan Demensia

Kopi tidak hanya enak saat diseruput tapi juga bisa membantu kita lebih konsentrasi  dan juga memperlambat timbulnya penyakit neurodegenerative. Pada beberapa studi menunjukkan kalau perempuan yang biasa minum kopi akan menurunkan risiko terhadap terjadinya alzhaimer dan juga demensia kurang lebih 60 persen. Menurut formasi kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.


Kopi dapat menangkal kanker kulit

Kanker merupakan salah satu penyakit yang ditakuti semua orang tidak terkecuali perempuan. Kanker kulit merupakan salah satu dari sekian banyak jenis kanker yang berbahaya. Perempuan berisiko terkena kanker kulit dan Antioksidan pada kopi dapat membantu menekan risiko gejala kanker pada tubuh. Dengan minum kopi dalam porsi yang tepat risiko kanker kulit dapat dihindari dibanding dengan yang tidak minum kopi.  Penelitian di Jepang yang dilakukan pada sejumlah perempuan yang minum kopi 2 kali sehari dapat menurunkan terjadinya risiko kanker usus sebesar 25%.


Dan inilah kandungan yang terdapat dalam kopi :

  • Nutrisi Pada Kopi 
  • Riboflavin (Vitamin B2): 11% dari AKG. 
  • Asam pantotenat (vitamin B5): 6% dari AKG
  • Mangan dan Kalium: 3% dari AKG. 
  • Magnesium dan Niasin (B3): 2% dari AKG.


Dari beberapa uraian di atas, ini informasi dari berbagai sumber dan pemikiran penulis, kalau ada yang kurang setuju atau ada ilmu lain boleh saring dan menanggapi. Karena ilmu kesehatan itu selalu up date dan berkembang terus, terima kasih. 

#Kesehatan
Sehat Selalu 25 Jun 2023 Last Updated 2023-06-24T23:38:23Z
Komentar

Tampilkan