7 Cara Mengatasi Demam Pada Anak Yang Jitu, Alami Dan Ampuh

Daftar Isi

 

7 Cara Mengatasi Demam Pada Anak Yang Jitu, Alami Dan Ampuh -  Sehat Selalu

Sehat-Selalu.com - Demam biasa diderita oleh siapa pun. Demam terjadi dengan gejala suhu badan meningkat. Secara medis, belum ada penjelasan pasti bagaimana demam bisa mengenai seseorang. Baik orang dewasa, remaja maupun anak-anak pastinya bisa menderita demam. Orang dewasa tentunya bisa mengatasi demam dengan cara yang lebih baik dari pada remaja atau bahkan anak-anak.


Anak-anak tentunya memerlukan perawatan khusus jika menderita demam. Tentu saja menggunakan obat berbahan kimia sangat berbahaya. Obat alami umumnya lebih disukai untuk mengobati demam pada anak-anak. Berikut cara mengatasi demam pada anak secara alami yang dapat orang tua lakukan.


Cara Mengatasi Demam Pada Anak Secara Alami

 

1. Kenakan Pakaian yang hangat

Saat suhu tubuh anak naik biasanya orang tua bingung bagaimana cara mengatasi panas tersebut. Langkah pertama yang harus dilakukan orang tua adalah mulai mendandani bayinya dengan pakaian hangat.


Pakaian hangat melindungi bayi Anda dari udara dingin di luar. Anak akan cepat merasa panas dan berkeringat jika memakai baju hangat. Berkeringat bisa menjadi tanda bahwa virus penyebab demam sedang keluar dari tubuh anak.


2. Berikan Kompres pada anak

Demam meningkatkan suhu kepala dan kaki. Kepala yang panas dapat menyebabkan pusing dan lemas. Sebaiknya orang tua memberikan pendingin yang ditempelkan di dahi anak.


Gunakan air dingin atau bersuhu rendah sebagai air pendingin. Bukan air es tetapi air biasa. Celupkan kain pada air tersebut untuk kemudian diletakkan pada dahi anak. Kompres dapat diletakkan di bawah ketiak atau di belakang leher bayi untuk hasil yang maksimal. Semoga kehangatan dari pakaian yang dingin tersebut lambat laun akan menurunkan suhu tubuh anak. 


Saat kain mulai mengering dan menyerap panas tubuh anak, masukan kembali ke dalam air guna mendapatkan suhu kain kompres yang dingin, kemudian kompres kembali ke anak. Jika panas atau demam cukup tinggi, usahakan air yang digunakan untuk mengompres agak hangat atau suam-suam kuku. Ini dilakukan untuk menghindari perbedaan suhu yang tinggi antara panas tubuh anak dan dinginnya air pengompres, yang bisa berakibat anak menjadi menggigil kedinginan.

 

3. Oleskan minyak kayu putih

Cara lain yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan mengoleskan minyak kayu putih pada anggota tubuh bayi. Bagi kebanyakan orang demam juga dikenal sebagai pilek. Keunggulan minyak kayu putih adalah dapat mengeluarkan udara yang masuk ke dalam tubuh anak melalui pori-pori kulit anak.


Oleskan minyak kayu putih di bagian dada, punggung atau pun leher untuk hasil yang lebih baik. Minyak kayu putih merupakan hasil alami sehingga para orang tua tidak perlu takut dengan adanya efek samping yang mungkin berdampak pada tubuh anak.


4. Gunakan bawang merah

Pada zaman dahulu, orang tua bisanya melakukan hal yang dinamakan “kerokan” untuk mengobati demam ataupun masuk angin. Walaupun belum terbukti secara medis, cara ini bisa dibilang efektif untuk mengobati demam.


Cara kerjanya adalah dengan  menggosokkan suatu logam dengan minyak pelicin untuk kemudian membuat pori-pori pada tubuh membuka yang ditandai dengan warna merah hasil goresan itu. Pada anak cara mengisik dengan logam bisa dibilang bahaya karena kulit anak masih terlalu tipis dan akan terasa sakit. Gunakan bawang merah sebagai ganti logam. Andа akan mendapatkan hаѕіl yang ѕеruра. 


5. Gunakan kipas angin

Kipas angin sebenarnya bisa menjadi faktor penyebab terjadinya demam atau masuk angin. Tetapi jika digunakan dengan baik, kipas angin sebenarnya juga bisa menjadi alat untuk mengobati masuk angin atau demam. Hal ini dikarenakan kipas angin bisa menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan berganti dengan baik.


Nyalakan kipas angin kemudian hadapkan berlawanan dengan tubuh anak. Gunakan kekuatan hembusan paling ringan agar tidak memperparah demam sang anak. Tujuan utama penggunaan kipas angin ini adalah untuk membuat suhu ruangan tetap stabil serta menghilangkan virus-virus yang mungkin bertebaran di sekitar ruangan tersebut.


6. Berikan makanan pedas, berkuah dan hangat

Langkah berikut yang dapat dilakukan orang tua untuk mengobati demam anak adalah dengan memberikan makanan pedas, berkuah dan hangat. Pedas dalam konteks ini harus disesuaikan dengan kemampuan anak, bukan pedas menurut pandangan umum.


Dengan mengonsumsi makanan tersebut, anak diharapkan dapat mulai mengeluarkan keringat yang bisa menjadi tanda bahwa proses pemulihan sedang terjadi. Semakin pedas dan panas sebuah makanan pasti membuat seseorang mulai mengeluarkan keringat secara otomatis. Hal ini juga berguna bagi proses penyembuhan demam atau masuk angin.


7. Sering-seringlah mengganti pakaian

Setelah banyak keringat keluar akibat konsumsi makanan di atas, ada baiknya orang tua segera mengganti pakaian si anak tersebut dengan pakaian kering yang baru dan mampu menyerap keringat. Hal ini karena virus yang menyebabkan demam bisa keluar bersamaan dengan keluarnya air keringat. Jadi segeralah mengganti pakaian anak jika dirasa telah terkena keringat, agar proses pemulihan bisa berjalan lebih cepat.


Banyak cara tentunya yang dapat dilakukan orang tua untuk merawat anak-anak yang sedang demam. Tentu saja obat berbahan kimia juga tersedia di pasaran, tetapi alangkah baiknya orang tua lebih memilih cara mengobati demam pada anak secara alami. Jika demam tak kunjung turun dalam beberapa hari, ada baiknya segera diperiksakan kepada dokter.

Sehat Selalu
Sehat Selalu Sehat-Selalu.com merupakan website mandiri atau personal yang dengan sengaja mengumpulkan berbagai macam informasi seputar kesehatan, kecantikan dll.

Posting Komentar