Top Label

8 Makanan untuk Memperbanyak ASI ibu

Perlu diketahui bersama, ASI (air susu ibu) bagi bayi sangatlah penting. Di dalam ASI terdapat banyak nutrisi bergizi yang dibutuhkan oleh bayi. Di dalamnya juga terdapat lemak, gula, protein, dan air, yang membuatnya sempurna dibandingkan susu formula dari hewani ataupun nabati. Bila jumlah dari ASI anda sedikit, cobalah untuk mengonsumsi 8 makanan untuk memperbanyak ASI (Air Susu Ibu) pada daftar berikut ini.


8 Makanan untuk Memperbanyak ASI ibu
Makanan untuk Memperbanyak ASI ibu


1. Beras Merah


Beras merah memiliki kualitas gizi yang lebih baik dari beras putih, karena kandungan serat dan nutrisi lainnya yang lebih tinggi. Dengan mengonsumsi beras merah, ibu bisa mendapatkan kalori yang cukup untuk memproduksi dan memperbanyak ASI. Bahkan menurut studi yang dipublikasikan oleh European Journal of Nutrition pada tahun 2007, disebutkan bahwa konsumsi beras merah dapat berimbas positif pada kesehatan psikosomatik, sehingga mental dan kekebalan tubuh ibu dapat meningkat.


2. Oatmeal


Oatmeal adalah salah satu makanan yang dapat memperbanyak ASI ibu yang sedang hamil atau menyusui. Hal tersebut disebabkan adanya kandungan zat pada oatmeal yang dapat merangsang produksi oksitosin, yaitu hormon yang dapat membantu proses melahirkan, sehingga berhubungan juga dengan produksi ASI pada ibu. Nutrisi pada oatmeal juga dipercaya bisa mencegah anemia yang banyak menyerang ibu hamil dan menyusui.


3. Kacang Almond


Jumlah lemak tak jenuh tunggal pada kacang almond, serta jenis kacang lainnya, semisal mete dan kenari dipercaya bisa memperbanyak jumlah ASI. Kacang almond juga merupakan sumber susu non-kalsium, memiliki banyak mineral, serat, protein, vitamin, dan antioksidan. Kacang Almond juga sudah sejak lama dipercaya sebagai salah satu makanan yang dapat memperbanyak produksi ASI ibu. Kacang almond ini bisa dijadikan sebagai camilan alternatif di antara waktu makan, agar ASI anda menjadi banyak.


4. Jeruk


Makanan untuk memperbanyak kuantitas ASI selanjutnya adalah jeruk. Menurut sebuah studi pada tahun 2002 yang diterbitkan oleh Food and Nutrition Bulletin, disebutkan bahwa kandungan vitamin C pada ASI sejalan dengan asupan vitamin C oleh ibu menyusui. Sedangkan kita tahu, jeruk kaya akan vitamin C. Selain itu, jeruk juga kaya akan kalsium, magnesium, vitamin A dan B, fosfor, serta kalium yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memulihkan berat badan ibu pascahamil dan pascamelahirkan.


5. Telur


Telur mengandung nutrisi yang sangat melimpah, mulai dari vitamin B12 dan D, lutein, protein, riboflovin, kolin, folat, dan masih banyak lagi. Dalam banyak penelitian, telur bukan saja dipercaya bisa memperbanyak jumlah ASI, namun kualitas dari ASI juga meningkat. Di antara penelitian tersebut menyebutkan bahwa kandungan pada telur bisa melindungi bayi, khususnya pada bagian otak.


6. Salmon


Menurut sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition, disebutkan bahwa konsumsi ikan salmon selama kehamilan dapat secara signifikan meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI pada ibu menyusui. Ikan Salmon juga termasuk ke dalam salah satu makanan yang dapat memperbanyak air susu ibu, sehingga dengan kuantitas dan kualitas ASI yang dihasilkan, maka diharapkan sistem saraf bayi dapat berkembang secara maksimal.


7. Wortel


Wortel mengandung alfa dan beta-karoten yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jaringan sel di payudara, khususnya untuk ibu menyusui, sehingga dengan payudara ibu yang sehat akan berimbas kepada semakin banyaknya jumlah ASI yang dihasilkan. Kandungan vitamin A pada wortel juga bisa meningkatkan perkembangan kesehatan bayi, termasuk bagian organ paru-paru bayi. Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil untuk menjadikan wortel sebagai salah satu konsumsi harian.


8. Daun Katuk


Daun Katuk dan sayur berdaun hijau lainnya, semisal bayam, brokoli dan sawi, dipercaya dapat memperbanyak ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Sama seperti wortel, daun katuk juga kaya akan vitamin A yang penting untuk perkembangan bayi. Daun katuk juga mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan bagi ibu dan bayinya. Selain itu, daun katuk bisa dijadikan sumber kalsium non-susu bagi ibu hamil dan menyusui.


Kesimpulan


Melihat pentingnya 8 makanan untuk memperbanyak ASI ibu, sudah sepantasnya bagi para ibu yang saat ini memiliki bayi untuk rutin mengonsumsinya setiap hari. Dengan mengonsumsi makanan-makanan tadi, ibu dan bayi juga dapat meningkatkan taraf kesehatannya. Terlebih bila saat hamil ibu jarang mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi.


Salam Sehat Selalu..

#Kesehatan
EDY SYAM 17 Jan 2023 Last Updated 2023-01-20T23:13:19Z
Komentar

Tampilkan