Gejala Kanker Kulit Wajah dan Cara Pencegahannya

EDY SYAM
0
Gejala Kanker Kulit Wajah dan Cara Pencegahannya
Gejala Kanker Kulit Wajah dan Cara Pencegahannya



Kanker kulit wajah adalah tumbuhnya sel-sel kanker yang terdapat pada kulit wajah. Nah, biasanya penyebab dari timbulnya kanker kulit pada wajah ini berbeda-beda. Kanker kulit pada wajah sama dengan kanker kulit biasanya yaitu terjadi pada lapisan sel basal, melanosit, dan skuamosa yang tumbuh di sekitar lapisan kulit paling luar atau epidermis. Sehingga benjolan-benjolan yang abnormal (tumor) bisa terlihat dari luar. Meskipun ganas, kanker kulit ini biasanya berisiko kecil menyebabkan kematian karena umumnya kanker pada kulit ini tidak sampai tumbuh hingga ke organ vital seperti paru-paru maupun jantung.


Penyebab Gejala Kanker Kulit di Wajah


Kanker kulit wajah umumnya terbagi ke dalam dua kelompok yaitu melatonik (melanoma) dan non-melatonik. Bagi mereka yang tidak menggunakan melatonin itu dibagi menjadi karsinoma sel skuamosa dan tumor sel basal atau karsinoma sel basal. Kanker kulit yang paling sering terjadi yaitu basalioma namun pertumbuhannya agak lambat. 


Gejala kanker kulit wajah berawal dari tumor yang timbul pada sekitar kulit wajah, seperti kelopak mata, hidung, dahi dan kulit bibir. Sel kanker basalioma ini biasanya diawali dengan pertumbuhan nodul kecil yang berwarna merah kelabu mengkilap, tetapi ada juga yang berwarna kehitaman yang disebabkan oleh pigmen.


Sel kanker kulit wajah ini biasanya berupa mutiara seperti bekas luka atau lilin. Sedangkan untuk karsinoma sel skuamosa sendiri biasanya muncul juga di daerah wajah, telinga, bibir hingga tangan. Ciri-cirinya yaitu seperti bintil-bintil keras berwarna merah, dan kulit wajah serasa bersisik. Untuk melanoma sendiri berbentuk seperti bintik-bintik atau bercak berwarna gelap, bisa juga berbentuk tahi lalat yang ukurannya semakin membesar. Tingkat kanker jenis ini biasanya tergolong parah atau ganas karena bisa timbul luka bernanah dan berdarah. Namun, kanker ini tidak timbul pada wajah dan biasanya pada kaki, leher, dan punggung.


Nah, jika Anda merasakan gejala-gejala kanker kulit wajah seperti yang dijelaskan sebaiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter, untuk menghindari penyakit kanker yang semakin ganas yang bisa berakibat fatal. Adapun salah satu penyebab dari kanker kulit ini adalah paparan sinar UV yang secara terus-menerus sehingga memberikan efek buruk bagi kita.


Cara Pencegahan Kanker Kulit Wajah


Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa faktor penyebab terjadinya kanker kulit wajah adalah paparan sinar matahari. Maka pencegahan kanker kulit wajah sendiri yaitu dengan cara menghindari diri dari paparan sinar matahari yang terus menerus secara langsung, apalagi paparan sinar matahari yang terjadi pada jam sembilan pagi hingga jam empat sore hari. 


Anda juga harus mengetahui tempat-tempat yang baru saja Anda kunjungi untuk menghindari perubahan negatif pada kulit Anda. Anda juga harus jeli terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada kulit, jika terjadi bintik-bintik yang terasa gatal hingga berdarah maka Anda harus segera konsultasi pada dokter kulit.


Tidak hanya wajah saja yang Anda lindungi, tapi juga Anda harus melindungi daerah sekitar mata dan bibir. Jika memang paparan sinar matahari terlalu terik sebaiknya pakai kacamata untuk melindungi mata Anda dan pakai lipbalm untuk menjaga kelembaban bibir Anda. Kanker kulit wajah juga bisa terjadi pada siapa pun dan usia berapa pun, jadi Anda juga harus mewaspadai ketika anak-anak pergi keluar rumah dan berpanas-panasan di bawah sinar matahari. Ini disebabkan karena kulit mereka lebih sensitif dibandingkan orang dewasa. Untuk melindungi anak Anda batasi semua aktivitas di luar ruangan.


Sementara itu, ketika Anda sering beraktivitas di lapangan sebaiknya gunakan pelindung jika sinar matahari terlalu terik untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar UV. Anda juga bisa melindungi kulit Anda dengan memakai sunblock atau krim sinar UV yang memiliki kandungan SPF 30, memakai kemeja tangan panjang, memakai topi yang lebar, dan pelindung lainnya setiap hari. 


Jangan biarkan diri Anda bersentuhan langsung dengan paparan sinar matahari. Selain itu, ketika Anda berenang sebaiknya jangan lupakan krim siang untuk formula SPF 30 agar kulit terlindungi dan terjaga kelembapannya. Jangan sepelekan kanker kulit wajah yang bisa menyerang Anda kapan pun!

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)