Top Label

Inilah Alasan Kenapa Harus Tidur Miring Ke Kanan

 

Inilah Alasan Kenapa Harus Tidur Miring Ke Kanan
Alasan Kenapa Harus Tidur Miring Ke Kanan

Sehat Selalu - Rasulullah menganjurkan agar kita tidur berbaring pada sisi badan bagian kanan. Posisi tidur yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW adalah kepala menghadap ke utara dan kaki menghadap ke selatan. Hikmah dari sunnah tersebut menurut penelitian adalah agar tubuh tidak menolak arus medan magnet, konstan mengaliri sekujur tubuh dari kutub magnetik utara menuju ke selatan yang dapat berpengaruh baik terhadap sistem syaraf kita.

Sunnah Rasulullah mendahulukan posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan) dan berbantal dengan tangan kanan, walaupun tidak mengapa apabila setelahnya berubah posisinya di atas sisi kiri (rusuk kiri sebagai tumpuan).


Hal ini didasari oleh hadits Rasulullah: “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” (HR Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710).


Oleh karena itu Nabi saw. telah menganjurkan kebiasaan tidur dimulai dengan posisi membungkuk dari kanan. Ada banyak pelajaran dan manfaat yang bisa kita petik dari sunnah Nabi tentang kesehatan.


Barra’ bin Azib berkata, “Nabi Muhammad SAW bersabda, ‘Jika Anda datang ke tempat tidur (akan tidur) berwudhu seperti ketika ingin sholat dan berbaring miring ke kanan..”


Mengawali tidur dengan miring ke kanan merupakan posisi tidur yang benar dan tepat, karena bisa mengurangi beban jantung. Tidur miring ke kanan memungkinkan cairan tubuh (darah) terdistribusi secara merata dan menggenang di sisi kanan Anda. Dampak posisi ini adalah denyut jantung menjadi lebih lambat, tekanan darah juga akan menurun. Kondisi ini akan membantu meningkatkan kualitas tidur. 


Tidur miring kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya. Hal ini dikarenakan posisi jantung yang lebih ke kiri. Tidur miring ke kiri dapat membebani jantung karena paru-paru kanan lebih tinggi menyebabkan lebih banyak darah mengalir ke atrium. Pada saat yang sama paru-paru kanan mensuplai lebih banyak darah daripada paru-paru kiri.


Paru-paru kiri lebih kecil dari paru-paru kanan. Ini mengurangi tekanan pada jantung dan hati tetap stabil dan tidak kendur. Tempatkan perut Anda dalam posisi yang nyaman. Posisi ini membantu mempercepat proses pengosongan perut.


Tidur miring ke kanan adalah praktik medis paling sukses. Posisi ini juga membantu bronkus kiri (cabang paru) untuk mengeluarkan cairan lendir.


Ar-Rawi menambahkan, Pembesaran paru-paru kiri dan bukan kanan disebabkan oleh lokasi bronkus yang berbeda.


Bronkus kanan bersifat lateral sehingga lendir mudah mengalir sedangkan bronkus kiri vertikal sehingga lebih sulit dibersihkan karena harus didorong ke atas. Jika dibiarkan dapat menyebabkan penumpukan lendir di tenggorokan yang dapat menyebabkan disfungsi organ ekskresi seperti paru-paru dan ginjal.


Oleh karena itu pengobatan paling manjur untuk masalah ini adalah dengan tidur miring ke kanan.

#Kesehatan
EDY SYAM 24 Des 2022 Last Updated 2022-12-24T01:48:43Z
Komentar

Tampilkan