Top Label

12 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Anda

Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Anda
Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Anda



Banyak sekali manfaat jengkol untuk kesehatan namun sayangnya masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Jengkol sendiri merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia karena jengkol memiliki tekstur daging yang lembut dan memiliki cita rasa yang sangat istimewa jika diolah dengan benar.


Jengkol tidak hanya bisa diolah menjadi makanan namun kini masyarakat Indonesia semakin kreatif dan inovatif dalam membuat olahan makanan berbahan dasar jengkol bahkan dijadikan keripik dan masih banyak makanan ringan lainnya.


Bau jengkol yang kuat dan khas sebenarnya menjadi alasan mengapa beberapa orang tidak menyukai makanan ini namun selain rasa dan baunya jengkol diketahui mengandung beberapa nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut informasi khasiat jengkol dan efek sampingnya.


Kandungan Gizi pada Jengkol


Tahukah Anda bahwa setiap 100 gram jengkol mengandung 80 mg vitamin C sedangkan kebutuhan harian vitamin C untuk tubuh adalah 75 mg untuk wanita dan sekitar 90 mg untuk pria dewasa.


Selain itu jengkol juga merupakan sumber protein nabati yang sangat tinggi dengan kandungan sekitar 233 gram 47 gram zat besi sekitar 140 mg kalsium dan masih banyak nutrisi lainnya yang terdapat pada jengkol. Untuk detailnya Anda dapat melihat di bawah ini.


Kandungan Gizi Jengkol per 100 gram adalah:


  • Vitamin A sekitar 240 SI
  • Vitamin B sekitar 0,7 mg
  • Vitamin C sekitar 80 mg
  • Energi sekitar 133 kkal
  • Protein sekitar 23,3 gram
  • Karbohidrat sekitar 20,7 gram
  • Fosfor sekitar 166,7 gram
  • Kalsium sekitar 140 mg
  • Zat Besi sekitar 4,7 mg
  • Air sekitar 49,5 gram


Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan Tubuh


1. Dapat Mencegah Penyakit Anemia (kekurangan Sel Darah Merah)


Pecinta Jengkol akan senang dengan hidangan ini. Selain rasanya yang unik dan nikmat kandungan gizi Jengkol membantu mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.


2. Dapat Mencegah Pengeroposan Tulang atau Osteoporosis


Siapa pun dapat mengalami osteoporosis tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Osteoporosis biasanya disebabkan oleh hilangnya kekuatan dan kepadatan tulang yang membuat tulang keropos seiring bertambahnya usia. Jadi mulailah sekarang untuk mengurangi risiko osteoporosis sebelum hal itu terjadi. Ada banyak cara untuk mencegah penyakit ini dan salah satunya adalah dengan mengonsumsi jengkol.


3. Membantu Proses Pembentukan Jaringan


Makan jengkol secukupnya terbukti sangat bermanfaat dalam membantu proses pembentukan tubuh.


4. Menjaga Kesehatan Dan Kekuatan Gigi


Mengonsumsi jengkol mentah ternyata dapat membantu menjaga gigi tetap sehat dan kuat. Selain itu mengonsumsi jengkol mentah juga dapat membersihkan gigi sehingga tampak lebih bersih dan putih. Jadi jengkol ini bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi yang kuning secara alami.


5. Mencegah Penyakit Jantung Koroner


Seperti yang kita tahu bahwa jantung adalah salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi sangat penting, sehingga kita senantiasa harus selalu menjaga kesehatannya setiap hari dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu jenis makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dengan mengonsumsi jengkol secara teratur dan dalam jumlah yang tidak berlebihan, bahkan menurut penjelasan dari para ahli gizi mengungkapkan bahwa mengonsumsi jengkol dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner.


6. Mencegah Radikal Bebas Berbahaya


Jengkol kaya akan antioksidan yang berperan dalam mencegah dan melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga konsumsi jengkol terutama dengan cara merendam jengkol mentah semalaman dapat mencegah efek buruk dari radikal bebas dan melindungi tubuh dari penyakit berbahaya akibat radikal bebas.


7. Membantu Menurunkan Berat Bada


Bagi anda yang ingin memiliki berat badan ideal, maka mengonsumsi jengkol dapat menjadi solusi yang baik untuk anda lakukan dalam membantu menurunkan berat badan. Ini karena jengkol mengandung cukup serat dan karbohidrat yang membantu menurunkan berat badan berlebih.


8. Mencegah Penyakit Diabetes


Penderita penyakit diabetes tentu sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan secara sembarangan, karena dikhawatirkan makanan tersebut dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah yang dapat terjadi secara signifikan. Jika kondisi ini muncul tentunya akan sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Namun tahukah Anda bahwa salah satu makanan yang baik digunakan oleh penderita diabetes yang dipercaya dapat membantu mengontrol kadar glukosa darah adalah jengkol.


Percaya atau tidak hasil penelitian menunjukkan bahwa zat jengkol dapat membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Oleh karena itu jahe dipercaya mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi penderita diabetes dan mencegah terjadinya penyakit diabetes.


9. Mencegah Kanker


Jengkol sendiri merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki sumber antioksidan, senyawa ini juga tidak hanya dapat mencegah penyakit tetapi juga sangat ampun untuk menghentikan perkembangan dan membasmi sel kanker di dalam tubuh. sehingga dengan mengonsumsi jengkol dalam jumlah cukup dan teratur, maka tubuh akan terhindar dari risiko terkena penyakit kanker dan sejenisnya.


10. Menjaga Kesehatan Pencernaan


Manfaat jengkol sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan karena mengandung serat dan berbagai zat yang sangat bermanfaat untuk menjaga usus dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Oleh karena itu konsumsi Jengkol secara teratur membantu dalam pencegahan dan pengobatan berbagai masalah kesehatan yang timbul pada sistem pencernaan seperti sembelit sulit buang air besar dan masalah kesehatan pencernaan lainnya.


11. Melancarkan Buang Air Kecil


Jengkol juga sangat bermanfaat dalam membantu mempercepat proses buang air kecil. Proses buang air kecil yang lancar membantu menjaga fungsi dan kesehatan organ ginjal. Selain melancarkan buang air kecil, ternyata mengonsumsi jengkol juga dapat membersihkan tubuh dari berbagai zat-zat racun berbahaya dalam tubuh melalui urin.


Efek Samping Mengonsumsi Jengkol


Jika Anda adalah penggemar jengkol maka Anda harus tahu bahwa meskipun jengkol memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh Anda Anda harus tahu bahwa jengkol memiliki efek samping dan berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak.


Berikut ini beberapa efek samping mengonsumsi jengkol secara berlebihan, di antaranya yaitu :


Menyebabkan Bau Mulut


Aroma yang tidak mengenakan pada jengkol ini sering menjadi alasan banyak orang enggan mengonsumsi jengkol, karena aromanya yang tajam dapat menyebabkan bau mulut bagi orang yang mengonsumsinya.


Mengandung Zat Asam Jengkolat


Mengonsumsi jengkol dalam jumlah berlebih dapat menjadi bumerang bagi anda yang mengonsumsinya, karena kandungan asam jengkolat yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan seseorang mengalami penyakit jengkolan dengan gejala seperti rasa nyeri, sakit di bagian pinggang dan akan diikuti dengan sakit perut. Penyakit jengkolan juga ditandai dengan gejala buang air kecil yang menyakitkan. Lebih parahnya lagi, mengonsumsi jengkol secara berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit kencing batu.


Penyakit apa yang tidak boleh makan jengkol?


Bagi para penderita penyakit asam urat sangat tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi jengkol, karena kandungan zat yang ada di dalamnya dapat menyebabkan terjadinya proses pengkrostalan asam urat lebih parah. Akibatnya kondisi yang dialami bisa semakin parah dan menimbulkan rasa nyeri yang hebat.

#Kesehatan#Manfaat Buah
EDY SYAM 18 Des 2022 Last Updated 2022-12-18T07:17:02Z
Komentar

Tampilkan