23+ Cara Memutihkan Gigi yang Sudah Kuning Secara Alami

EDY SYAM
0

 

23+ Cara Memutihkan Gigi yang Sudah Kuning Secara Alami
Cara Memutihkan Gigi yang Sudah Kuning Secara Alami


Cara Memutihkan Gigi Kuning dengan cepat - Setiap masyarakat tentu akan mendambakan gigi yang putih dan bersih. Karena hal tersebut merupakan salah satu yang mempengaruhi penampilan dan kepercayaan diri. Ketika anda tersenyum tentu orang akan melihat gigi anda dan itu tentu akan dinilai oleh orang lain. Maka dari itu, kesehatan gigi menjadi salah satu hal yang paling krusial untuk semua orang. 


Karena itulah banyak masyarakat yang melakukan perawatan pada dokter gigi meskipun harganya lumayan mahal. Namun anda bisa mencari dokter gigi yang sesuai dengan dana yang anda miliki. Untuk sebagian orang yang memiliki dana lebih mungkin tidak masalah dengan harga, tapi akan berbeda dengan orang yang memiliki dana terbatas.


Bagi anda yang ingin memutihkan gigi dengan budget terjangkau, tentu saja bisa mencoba dengan cara yang alami, berikut ini pembahasan lengkapnya mengenai cara memutihkan gigi kuning yang aman dan terjangkau. 


Baca Juga : Apa yang Dapat Dilakukan Dokter Gigi Kosmetik Untuk Anda?

 

Penyebab Gigi Berwarna Kuning


Sebelum kita mengetahui bagaimana cara memutihkan gigi permanen, akan lebih baik jika kita mengetahui apa penyebab gigi berwarna kuning terlebih dahulu. Agar ke depannya kita bisa merawat gigi kita dengan benar.


Penyebab perubahan warna gigi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Gigi bisa berubah warna menjadi kuning, agak kehitaman dan tentunya menimbulkan masalah pada gigi maupun rongga mulut seperti gusi berdarah, karang gigi, bau mulut dan masalah lain yang terkait dengan kesehatan gigi. Berikut adalah penyebab paling umum yang menyebabkan perubahan warna pada gigi.


  1. Minuman bersoda mengupas enamel gigi karena asam di dalamnya dan membuat gigi lemah dan kekuningan.
  2. Obat-obatan seperti kokain, ekstasi, dll, tidak hanya buruk bagi kesehatan, tetapi juga memiliki faktor yang mempengaruhi kesehatan pada gigi karena mereka membatasi aliran darah ke gusi dan menyebabkan kerusakan gusi yang luas.
  3. Merokok juga merupakan faktor besar untuk kesehatan gigi serta kesehatan umum. Efek nikotin dari rokok lah yang membuat gigi menjadi kuning sehingga perokok aktif biasanya akan memiliki warna gigi yang kuning.
  4. Jus berwarna gelap, seperti jus cranberry, meninggalkan noda pada gigi karena pigmen dan gula yang dikandungnya. Kopi hitam juga merupakan penyebab perubahan warna gigi.
  5. Terlalu sering meminum teh herbal dan kopi.
  6. Saus tomat dan cuka, serta anggur merah menyebabkan noda pada gigi serta mengikis enamel gigi.
  7. Tidak rutin menggosok gigi atau penggunaan alat sikat gigi yang salah. Maka sebaiknya cara menggosok gigi yang benar harus diajarkan sejak dini. Sehingga sejak dini orang orang bisa lebih menjaga kesehatan giginya.
  8. Sering mengonsumsi Alkohol.
  9. Kandungan klorin yang sering dijumpai saat kita berenang juga bisa membuat gigi menjadi kuning.
  10. Menggunakan obat pemutih gigi yang tidak sesuai.
  11. Memiliki penyakit tertentu seperti Diabetes.
  12. Usia lanjut, semakin bertambahnya usia maka secara otomatis gigi kita pun akan bertambah usia yang bisa mengakibatkan gigi menjadi kuning.
  13. Genetika atau karakteristik alam. Kadar fluoride yang berlebihan dalam air. Beberapa perawatan, seperti radiasi leher dan kepala, kemoterapi, dll. Penggunaan tetrasiklin, antihipertensi, antipsikotik, dan antibiotik antihistamin. Pengikisan gigi.


Beberapa bahan alami yang bisa memutihkan gigi


Terkadang jika melakukan perawatan dengan menggunakan dokter gigi tentu anda harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal. Sehingga di sini akan dibahas mengenai beberapa bahan yang bisa anda gunakan untuk melakukan perawatan gigi. Sehingga gigi anda bisa tetap sehat dan putih. Bahan bahan alami tentu bisa membantu anda untuk menghemat dana. Selain itu, bahan bahan alami ini juga sangatlah mudah didapatkan dan diolah. Sehingga meskipun hanya di rumah anda tetap bisa melakukan perawatan gigi. Nah, berikut cara memutihkan gigi dalam waktu 1 hari yang bisa Anda coba lakukan di rumah.


1. Kulit Pisang


Kulit pisang yang memiliki bagian berserat dipercaya dapat membantu memutihkan gigi anda. Caranya adalah dengan menggosokkan kulit pisang pada gigi anda.


Baca Juga : Inilah Cara Manjur Diet Pisang yang Menyehatkan

 

2. Jeruk Nipis


Jika anda kuat dengan rasa asam dari jeruk nipis maka hal tersebut bisa memutihkan gigi anda. Jeruk nipis memiliki kandungan antiseptik yang berguna untuk membunuh bakteri jahat atau kuman pada karang gigi, selain memiliki kandungan antiseptik jeruk nipis juga memiliki kandungan natural cleaner yang akan menghilangkan noda kuning pada gigi. Caranya adalah dengan membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian lalu gosokkan pada enamel gigi anda.


3. Baking Soda


Baking soda dianggap bahan terbaik yang digunakan untuk pengobatan perubahan warna pada gigi. Masukkan dua sendok makan baking soda dalam secangkir air dingin. Aduk hingga tercampur merata dan gunakan adukan ini untuk obat kumur 2 kali sehari dan lihat hasilnya hanya dengan 1 minggu pemakaian.


Anda juga dapat menggunakannya sebagai pasta gigi. Encerkan beberapa baking soda. Gosoklah gigi Anda dengan baking soda yang sudah diencerkan selama beberapa menit. Ikuti proses ini dua atau tiga kali seminggu untuk mendapatkan kilau gigi yang maksimal. Namun perlu diingat bahwa penggunaan baking soda dengan jangka waktu lama dan penggunaan berlebihan bisa merusak enamel Anda.


4. Stroberi


Stroberi kaya akan vitamin C dan berfungsi sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Ambil 2-3 stroberi, Hancurkan mereka hingga menjadi bentuk pasta. Gosokkan pada gigi Anda dengan lembut. Untuk hasil terbaik, lakukan dua kali sehari selama beberapa minggu. Anda juga dapat menambahkan setengah sendok teh baking soda dalam pasta stroberi. Oleskan ke gigi Anda dan biarkan selama beberapa menit. Bilas mulut Anda secara menyeluruh, sikat gigi dengan pasta gigi untuk menghilangkan sisa-sisa.


5. Apel


Apel membantu dalam meningkatkan produksi air liur. Hal ini juga membantu dalam menjaga nafas segar dan bersih. Makan satu apel sehari untuk menghilangkan noda dari gigi. Hal ini harus diingat bahwa apel harus dikunyah dengan baik untuk mengekstrak asam malat yang membantu dalam menghilangkan noda. Sebaiknya setiap hari makan sepotong pepaya atau apel. Buah ini berfungsi untuk memperkuat gusi, dan juga memutihkan gigi anda.


6. Garam


Garam adalah bahan yang mungkin selalu tersedia di rumah. Garam membantu dalam mengisi mineral yang hilang dari gigi dan mendapatkan kembali putih alami gigi. Cara memutihkan gigi dengan garam dapat digunakan sebagai olesan pada gigi untuk membersihkan juga dapat digunakan dengan arang untuk memutihkan gigi. Anda juga dapat menambahkan garam dengan baking soda dan gosok dengan hati-hati pada gigi untuk mengurangi noda kuning. Catatan: garam berbahaya bagi gusi dan enamel jadi jangan menggunakannya secara kasar.


7. Arang


Sejak zaman dahulu kala arang sudah terkenal sebagai salah satu bahan alami yang bisa memutihkan gigi dan sudah terbukti hasilnya. Anda bisa mencampurkan bubuk arang dengan pasta gigi kemudian bersihkan gigi menggunakan campuran tersebut. Gunakan setiap anda menggosok gigi.


8. Kulit Jeruk


Kulit jeruk memiliki kalsium dan Vitamin C, yang berguna untuk melawan mikro-organisme jahat dalam mulut. Hal ini juga efektif untuk memutihkan gigi. Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis gosokkan kulit jeruk langsung pada gigi, setiap malam.


9. Hidrogen Peroksida


Untuk menyingkirkan gigi kuning, hidrogen peroksida dapat digunakan sebagai obat yang efektif. Gunakan obat kumur yang mengandung hidrogen peroksida, dalam rangka untuk menghapus noda kuning dari gigi. Ambil beberapa baking soda dan campurkan dengan sedikit hidrogen peroksida untuk membuat pasta. Gunakan pasta ini untuk menyikat gigi. Jangan menelan hidrogen peroksida saat berkumur.


Baca juga : 21+ Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami, Mudah dan Cepat

 

10. Wortel


Wortel mentah adalah pembersih alami. Mengunyah wortel mentah dan renyah membantu dalam membersihkan plak dari gigi. Wortel membantu dalam menjaga keseimbangan asam-basa di mulut, yang membunuh bakteri. Demikian pula mentimun, seledri, dan brokoli juga membantu dalam pemutihan gigi.


11. Keju


Hal ini sangat aneh bahwa keju juga dapat digunakan sebagai pemutih gigi. Menurut berbagai sumber penelitian, mengonsumsi sepotong keju setelah makan membantu untuk mencegah gigi berlubang dan mencegah pembusukan gigi.


12. Susu dan Yogurt


Susu dan yogurt kaya akan fosfor dan kalsium. Mineral ini membantu dalam memproduksi kembali mineral pada enamel gigi. Mereka membantu dalam menjaga kesehatan gigi dan membuat gigi jadi lebih berkilau.


13. Buah Jeruk


Buah jeruk membantu dalam menghasilkan air liur, yang membantu dalam pemutihan gigi dengan cara alami. Lemon, nanas, dan jeruk adalah beberapa jenis buah yang membantu cara memutihkan gigi secara alami.


14. Dark Chocolate


Berikut adalah fakta menarik bagi pecinta cokelat. Dark chocolate ternyata efektif untuk memutihkan gigi Anda. Karena cokelat ini kaya theobromine, zat yang membantu mengeraskan dan memutihkan permukaan gigi.


15. Aloe Vera


Lidah buaya juga dianggap efektif sebagai solusi memutihkan gigi karena mengandung antiseptik yang akan melawan bakteri penginfeksi dan bertindak sebagai bahan pembersih. Hal ini efektif terhadap rongga dan saluran pencernaan. Untuk penggunaannya, Anda harus mencampur lidah buaya dengan gliserin sayuran untuk membentuk pasta. Tambahkan beberapa baking soda untuk itu. Gunakan pasta tersebut untuk membersihkan gigi.


16. Kunyit


Kunyit juga digunakan sebagai salah satu pemutih gigi alami. Ambil beberapa kunyit dan pangganglah. Hancurkan menjadi bubuk dan tambahkan garam dan air jeruk nipis. Campuran ini dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Hal ini juga membuat gusi lebih sehat.


17. Abu Kayu


Sebarkan abu kayu kecil di sikat gigi dan cuci seperti biasa. Bilas dengan air hangat dan kemudian sikat dengan pasta gigi biasa.


18. Daun Sage


Tempatkan dua sendok makan daun sage dalam secangkir air mendidih. Biarkan dingin dan kemudian campurkan ke makanan anda setiap makan. Anda juga bisa mengunyah daun setelah makan.


19. Ragi


Buatlah pasta halus dengan 1 sendok makan ragi, 2 sendok teh garam dan sedikit air. Sikatlah gigi anda dengan pasta ini.


20. Bagian dalam kulit pisang


Gosok gigi selama dua menit dengan bagian dalam kulit pisang. Anda dapat melakukan prosedur ini sesering yang Anda inginkan setiap hari. Salicylic acid yang dikandungnya memiliki kekuatan pemutih yang sangat baik untuk enamel anda.


21. Debu batubara


Tempatkan debu batubara di sikat gigi dan gosoklah gigi anda seperti biasa. Mungkin banyak orang yang mengira ini cara yang aneh (seperti dalam kasus abu kayu), namun banyak juga yang mengatakan bahwa ini adalah obat terbaik untuk pemutihan gigi.


22. Garam dan Lemon


Sediakan lemon dan garam secukupnya. Campurkan keduanya secara merata, lalu gunakan campuran tersebut untuk menggosok gigi. Tidak disarankan terlalu sering melakukan cara ini, karena dapat merusak lapisan gigi.


23. Buah Biji Pinang


Biji pinang dapat Anda gunakan untuk memutihkan gigi. Cara memutihkan gigi dengan cepat menggunakan buah pinang yaitu dengan membakar biji pinang hingga hangus, kemudian dihaluskan. Gosokkan biji pinang yang telah halus tersebut pada gigi secara merata dengan menggunakan kain atau sabut pinang. Lakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.


Tips Merawat Gigi


Sudah melakukan cara memutihkan gigi kuning yang membandel menjadi putih dan sekarang gigi anda sudah putih pasti dong enggak mau lagi gigi menjadi berubah warna kembali? Untuk itu agar gigi anda tetap putih dan sehat berikut beberapa tips dari kami untuk merawat gigi.


1. Rutin menggosok gigi. Gosok gigi anda 2x sehari


Pastikan kalian jangan malas-malas lagi untuk menggosok gigi terlebih sebelum tidur malam ya. Tips lain yang harus anda ketahui adalah menggosok gigi yang baik dilakukan minimal 3 menit. Lakukan perlahan jangan sampai melukai gusi anda.


2. Stop Merokok dan Minum Alkohol


Berhenti merokok dan minuman beralkohol, selain bisa membuat gigi anda kuning, 2 kebiasaan ini juga tidak baik untuk kesehatan tubuh anda untuk jangka panjang.


3. Gunakan Sedotan


Anda bisa menggunakan sedotan untuk merawat gigi anda, Karena jika anda menggunakan sedotan anda bisa lebih merawat gigi. Sedotan digunakan sebagai pernetralisir zat yang terkandung dalam minuman anda sehingga tidak langsung mengenai gigi anda. Hal tersebut dapat membantu anda untuk memelihara gigi agar tetap terjaga kesehatannya.


4. Ganti Sikat gigi 3 bulan sekali


Mengganti sikat gigi kita secara rutin. Usahakan anda tidak menggunakan sikat gigi anda lebih dari 3 bulan. Lebih baik setiap sebulan sekali anda mengganti sikat gigi anda. Lho kenapa harus diganti setiap 3 bulan? Anda sadar dong tiap hari menggunakan sikat gigi pasti bulu-bulu di sikat gigi ada yang sudah tidak beraturan lagi bentuknya, hal ini bisa mengakibatkan luka pada gusi anda dan kurang efektif dalam membersihkan gigi. Untuk itu perhatikanlah sikat gigi anda dan perhatikan sudah berapa lama anda pakai. Karena anda harus menggantinya secara berkala untuk kesehatan gigi anda.


Itu dia beberapa tips cara memutihkan gigi secara alami yang bisa anda coba di rumah dengan mudah. Lakukanlah secara rutin agar anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Karena menjaga kesehatan gigi jugalah penting bagi penampilan anda dan juga kesehatan anda. Sehingga semakin anda bersih dan terawat tentu akan semakin enak dilihat. Anda haruslah peka dan memperhatikan diri anda. Sehingga anda bisa merawat diri dengan baik.


Meskipun anda tidak memiliki dana yang cukup namun anda masih bisa menggunakan alternatif lain agar anda bisa tetap melakukan perawatan. Karena dengan berbagai bahan alami juga anda bisa tetap melakukan perawatan gigi dengan baik. Yang penting adalah rutin dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dengan begitu anda bisa tetap merawat gigi dan mulut anda.


Membersihkan gigi bukan hanya tentang penampilan saja namun juga tentang kesehatan. Di mana kesehatan anda haruslah terjaga untuk mendapatkan tubuh yang sehat selalu dan bugar. Dengan begitu anda bisa menjalani hari hari dengan baik dan percaya diri. Untuk itu melakukan segala perawatan dengan rutin itu adalah keharusan yang anda lakukan.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)