Iklan

About Us

Manfaat Cokelat Bagi Ibu Hamil

EDY SYAM
Selasa, 09 Agustus 2022, Agustus 09, 2022 WIB Last Updated 2022-08-08T23:33:49Z

Manfaat Cokelat Bagi Ibu Hamil
Manfaat Cokelat Bagi Ibu Hamil

Manfaat Cokelat Bagi Ibu Hamil - Cokelat adalah makanan yang sangat disukai oleh semua orang dan sangat dipercaya bisa mengurangi tingkat stres. Bahkan banyak ibu hamil yang ikut mengonsumsi cokelat dengan alasan untuk membuat mereka terhindar dari stres dan lebih menikmati masa kehamilannya. Padahal, bahaya coklat untuk ibu hamil karena cokelat juga mengandung kafein yang jelas sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan janin. Lantas, apakah seorang ibu hamil boleh mengonsumsi cokelat atau tidak?


Sejumlah penelitian menyatakan bahwa konsumsi cokelat memiliki dampak yang positif bagi ibu hamil. Akan semakin baik jika cokelat ini dikonsumsi pada tirmester pertama kehamilan. Seorang dokter dari Universitas Yale bernama Elizabeth W. Triche melakukan sebuah penelitian dan menyimpulkan bahwa ada sekitar 40% wanita hamil yang memiliki kebiasaan mengonsumsi 5 batang cokelat dalam seminggu dan cenderung untuk tidak mengalami pre-eklampsia.


Artinya, coklat memiliki manfaat bagi ibu hamil dalam hal mencegah terjadinya pre-eklampsia atau tekanan darah tinggi yang tentu saja sangat berbahaya bagi kondisi ibu hamil. Pre-eklampsia adalah sebuah kondisi ketika tekanan darah ibu hamil terus melonjak selama kehamilan dan umumnya terjadi saat usia kehamilan sudah di atas 20 minggu. Kondisi ini bisa menyebabkan bayi lahir cacat ataupun kematian pada janin.


Mengapa cokelat bisa mencegah terjadinya pre-eklampsia pada ibu hamil? Setelah diteliti, coklat hitam ternyata memiliki kandungan zat yang disebut theobromine yang bisa meningkatkan sirkulasi darah dan juga memperlancar peredaran darah pada plasenta. Hal ini dikarenakan theobromine bisa memblok zat-zat kimia yang menjadi pemicu stres.


Manfaat Cokelat Bagi Ibu Hamil


Rutin mengonsumsi cokelat hitam bisa membantu untuk mencegah hipertensi karena adanya kandungan magnesium di dalamnya. Selain itu, cokelat hitam juga bisa mengurangi nyeri dada, menstimulasi jantung, dan merelaksasi otot-otot yang jelas sangat berpengaruh terhadap kondisi psikis dari ibu hamil itu sendiri.


Manfaat coklat silverqueen untuk ibu hamil selanjutnya adalah sebagai sumber nutrisi yang baik. Hal ini dikarenakan cokelat hitam mengandung zat besi, kalsium, kasium, magnesium, natrium, sejumlah vitamin, dan berbagai flavanol. Namun kandungan nutrisi ini akan bermanfaat jika cokelat dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.


Satu hal yang perlu dipahami bahwa jenis cokelat yang baik untuk ibu hamil adalah cokelat hitam, bukan cokelat susu. Pasalnya, cokelat hitam memiliki lebih banyak nutrisi, multivitamin, antioksidan, dan multimineral. Sementara cokelat susu tergolong sebagai cokelat yang kurang sehat karena memiliki banyak gula serta sedikit kandungan theobromine jika dibanding dengan cokelat hitam. Untuk beberapa kasus, ibu hamil yang mengonsumsi cokelat susu mengalami konstipasi sehingga bayi di dalam rahimnya akan terus bergerak.


Lantas, bagaimana dengan kandungan kafein di dalam cokelat? Penelitian menunjukkan bahwa cokelat memiliki kandungan kafein yang cenderung sedikit, sekitar 5 hingga 30 mg saja. Hal ini jelas berbeda pada kopi yang memiliki kafein 90 hingga 135 mg. Lagi pula, efek dari theobromine di dalam cokelat jauh lebih besar dibanding efek yang ditimbulkan oleh kafein. Namun hal ini hanya berlaku pada cokelat hitam saja, bukan pada cokelat susu.


Sekalipun diklaim baik bagi ibu hamil, sebaiknya Anda jangan mengonsumsi cokelat dalam jumlah yang berlebih. Karena bagaimanapun juga, seorang ibu hamil wajib memiliki asupan makanan yang seimbang. Untuk idealnya, konsumsilah cokelat 1 batang setelah Anda makan siang atau makan malam. Dari segi manfaat bagi kesehatan, konsumsi ini sudah setara dengan 1 cangkir teh.


Semoga ulasan mengenai manfaat cokelat bagi ibu hamil di atas bisa memberikan Anda tambahan referensi mengenai makanan yang baik saat menjalani masa kehamilan.

Komentar

Tampilkan

  • Manfaat Cokelat Bagi Ibu Hamil
  • 0

Terkini

Close x