Top Label

Sajian Makanan Sehat Untuk Balita Yang Dapat Dicoba Di Rumah

Sajian Makanan Sehat Untuk Balita Yang Dapat Dicoba Di Rumah
Sajian Makanan Sehat Untuk Balita Yang Dapat Dicoba Di Rumah


Sajian Makanan Sehat Untuk Balita Yang Dapat Dicoba Di Rumah – Selaku orang tua, tentu Kita menginginkan hal yang terbaik bagi buah hati. Terutama dalam hal pemenuhan gizi. Makanan sehat untuk balita tidak harus berasal dari makanan cepat saji ataupun makanan instan. Sebab kategori makanan yang demikian terkadang malah membahayakan. Anda tidak akan tahu terdapat campuran apa saja di dalamnya.


Sehingga makanan sehat untuk balita akan lebih aman dan higienis jika dimasak sendiri di rumah. Jika Anda merupakan sosok ibu rumah tangga yang juga bekerja, maka ini bukan menjadi masalah. Karena beberapa makanan sehat untuk balita yang akan dibahas berikut memiliki cara pembuatan yang mudah.


Resep Makanan Sehat Untuk Balita Ala Rumah


Menu-menu makanan sehat sudah sangat wajib dikonsumsi bagi bayi yang berusia di bawah 5 tahun. Sebab masa-masa balita merupakan masa emas yang sayang jika dilewatkan. Dikala masa ini anak sedang aktif-aktifnya, serta proses tumbuh dan kembangnya mulai berfungsi secara maksimal. Sebagai orang tua, Anda perlu memerhatikan jenis makanan yang ia konsumsi agar dapat menunjang proses pertumbuhannya di masa ini.


Makanan sehat untuk balita dapat diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Coba variasikan menu-menu makanan sehat buah hati dengan resep berikut:


Brokoli Saus Keju


Resep masakan berikut mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi, sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh buah hati Anda. Sebelum memasak makanan sehat untuk balita berikut, siapkan terlebih dulu bahan-bahannya;


  1. 100 gram brokoli potong per kuntumnya
  2. 10 gram peterseli yang dicincang halus
  3. 1 sdm margarin
  4. 1 sdm tepung maizena
  5. 150 ml susu putih tanpa rasa
  6. 50 gram keju yang diparut


Cara memasaknya mudah, yakni:


  • Kukus brokoli hingga lunak, setelah itu bentuk brokoli ke dalam piring dengan tokoh yang disukai anak atau yang menarik.
  • Masukkan margarin ke dalam panci dan biarkan meleleh. Kemudian sembari tuangkan tepung maizena secara berangsur-angsur ke dalam panci dengan diaduk.
  • Bubuhkan keju dan susu, sembari diaduk sampai keju meleleh serta saus berubah mengental.
  • Lalu angkat dan siram saus tersebut ke atas brokoli dan taburkan peterseli. Menu siap disantap si kecil.

 

Telur Panggang


Untuk mengolah menu makanan sehat untuk balita berikut ini, ikuti tutorial memasaknya:


  • Panaskan margarin lalu tumis bawang merah, bawang putih, serta garam. Kemudian masukkan sayuran berupa wortel parut dan daun bawang yang telah diiris.
  • Kocok 6 butir telur ayam, lalu masukkan ke dalam wajan beserta bahan yang sebelumnya telah ditumis tadi, lalu tambahkan susu. Dan aduk sampai merata.
  • Panaskan margarin yang tersisa ke wajan anti lengket, dan masukkan adonan telur ke dalamnya. Kemudian bolak-balik serta panggang sampai matang, cirinya telah matang warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan. Potong telur sesuai selera anak, kemudian sajikan selagi masih panas.


Tips cerdik memilih makanan sehat untuk balita


Anda dapat memilih beberapa makanan sehat untuk balita seperti:


  • Beras: Makanan berikut mempunyai vitamin B dan serat. Beras yang sehat tidak akan tercium bau apek, tak berkutu serta dalam bulirannya tidak saling menempel.
  • Buah dan sayur: Sebaiknya pilih buah dan sayur yang mempunyai warna cerah dengan kadar kematangan yang pas.

 

Itulah beberapa makanan sehat untuk balita yang wajib anda ketahui terlebih bagi yang memiliki balita. Resep makanan sehat untuk balita dan tips cerdik di atas dapat Anda aplikasikan. Bagi pembaca setia Sehat-Selalu.com saya minta bantuannya untuk share ya 🙂, untuk bantuan sharenya saya ucapkan terima kasih.

#Anak Sehat#Tips Sehat
EDY SYAM Kamis, 28 Juli 2022 Last Updated 2022-07-30T13:28:26Z
Komentar

Tampilkan