10 Rekomendasi Obat Gatal Kulit Paling Ampuh

EDY SYAM
0

10 Rekomendasi Obat Gatal Kulit Paling Ampuh
Rekomendasi Obat Gatal Kulit Paling Ampuh


Rekomendasi Obat Gatal Kulit Paling Ampuh - Rasa gatal di tubuh ini bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari alergi hingga digigit oleh serangga dan untuk mengatasinya kalian perlu menggunakan obat gatal kulit yang direkomendasikan.


Gatal pada kulit bisa menyerang sebagian hingga seluruh tubuh di mana gatal tersebut muncul berupa ruam kulit, bentol, kulit kering, bersisik, pecah-pecah di mana serangan yang muncul bisa sebentar bahkan berlangsung lama sehingga bisa mengganggu kenyamanan.


Untuk mengatasinya tentu kalian perlu menggunakan obat gatal kulit di mana obat ini sangat bermanfaat untuk meredakan gatal sekaligus mencegah luka pada kulit.


Kali ini Sehat Selalu akan memberikan informasi mengenai rekomendasi obat gatal kulit yang terbuat dari bahan alami atau medis, berikut ini adalah informasinya.


10 Rekomendasi Obat Gatal Kulit Paling Ampuh


Gatal ini merupakan suatu sensasi yang menimbulkan keinginan atau refleks untuk menggaruknya di mana gatal ini sering terjadi akibat kita tidak menjaga kebersihan tubuh dengan baik ataupun memang karena daya tahan tubuh yang menurun.


Nah, mengenai obat gatal kulit tentunya kalian bisa dapatkan beberapa rekomendasi pilihan yang akan kami berikan di bawah ini agar kalian bisa mengatasi gatal gatal yang ada di kulit dengan cara alami atau medis, ialah sebagai berikut.


Obat Gatal Kulit Dengan Bahan Alami


Nah, di sini kami membagi dalam kedua bagian di mana ada bahan alami dan medis, berikut ini kami akan membahas mengenai bahan alami untuk pengobatan gatal.


Air Dingin


Obat yang pertama untuk mengatasi gatal yaitu dengan mengompres kulit menggunakan air dingin, rasa gatal pada kulit akan mereda dan berangsur menghilang di mana tindakan ini bisa mengurangi pembengkakan dan menghambat kondisi ruam yang semakin parah.


Hal tersebut terjadi karena sensasi dingin dapat membatasi aliran darah ke daerah yang meradang di mana kalian bisa mendapatkan informasi mengenai obat gatal pertama yaitu dengan menggunakan air dingin.


Oatmeal


Oatmeal ini memang telah dikenal sebagai bahan alami yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit dari gatal, eksim hingga luka bakar di mana penggunaan oatmeal sebagai obat gatal kulit telah disetujui oleh badan pengawasan obat dan makanan di amerika serikat pada tahun 2003 lalu.


Cara mengolahnya yakni dengan mencampurkan satu cangkir oatmeal ke dalam bak mandi kemudian kalian bisa berendam di dalam campuran air yang sudah di campur oatmeal selama 30 menit.


Lidah Buaya


Gel bening pada lidah buaya ini ternyata bisa digunakan sebagai obat penenang kulit yang gatal dan teriritasi di mana lidah buaya punya kandungan yang memberikan efek anti radang.


Cara mengolahnya yakni dengan memotong dan mengambil bagian gel pada lidah buaya kemudian cukup mengoleskannya pada kulit yang gatal secara merata agar dapat mengobati kulit gatal tersebut.


Minyak Kelapa


Minyak kelapa juga punya sifat antiseptik dan antiinflamasi di mana terdapat sebuah uji klinis yang mengungkap bahwa minyak kelapa ini punya efek yang baik untuk mengatasi gatal kulit pada anak khususnya penyakit dermatitis atopik di mana penelitian tersebut untuk atasi dermatitis atopik pada anak.


Soda Kue


Soda kue ini merupakan bahan dapur yang biasa digunakan sebagai obat alami untuk gatal-gatal di mana soda kue ini berasalan bisa dijadikan obat gatal karena pH kulit lebih seimbang dan menenangkan kulit yang gatal.


Cara menggunakannya sama seperti oatmeal kalian hanya perlu mencampurkan satu hingga dua cangkir baking soda ke dalam bak mandi berisi air hangat kemudian gunakan untuk berendam jika ingin meredakan gatal pada kulit.


Obat Gatal Kulit Medis


Nah, selain obat gatal dengan bahan alami, selanjutnya kalian bisa dapatkan beberapa obat gatal medis, informasinya ialah sebagai berikut.


Antihistamin


Obat antihistamin ini dipercaya bisa menghambat produksi histamin di mana histamin sendiri merupakan senyawa kimia yang dilepaskan oleh tubuh ketika terjadi reaksi alergi.


Untuk itu kalian perlu menentukan jenis antihistamin mana yang tepat digunakan dan kalian perlu berkonsultasi dulu dengan dokter agar kalian tidak sembarangan mengonsumsi ataupun membeli dalam jumlah banyak.


Kortikosteroid


Kortikosteroid ini bisa dikonsumsi sebagai obat untuk gatal peradangan di mana obat ini tersedia dalam bentuk tablet minum dan obat oles seperti salep atau krim hydrocortisone.


Jenis obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi peradangan dan gatal gatal akibat gigitan serangga, eksim, dermatitis, dan alergi, kalian hanya perlu mencocokan sakit gatal kalian disebabkan oleh apa.


Obat Oles Nonsteroid


Obat gatal kulit ini tersedia dalam bentuk krim, losion, gel atau bedak yang bisa kalian beli secara bebas tanpa resep dokter di mana beberapa contoh obat oles nonsteroid yang bisa mengatasi gatal yakni losion calamine, krim yang mengandung mentol dan capsaicin, salep pramoxine.


Tentunya salah satu obat gatal ini bisa kalian coba untuk mengatasi gatal yang sedang menyerang kalian saat ini agar bisa mendapatkan pereda gatal tersebut.


Antidepresan


Antidepresan golongan selective serotonine reuptake inhibitor seperti sertraline atau fluoxetine bisa mengurangi rasa gatal pada kulit, meski demikian obat gatal gatal seluruh badan yang satu ini hanya bisa dikonsumsi menggunakan resep dari dokter dan juga pemakaiannya harus dalam pengawasan dokter.


Ini bisa dicoba untuk mengatasi atau meredakan gatal agar kalian tidak terganggu aktivitasnya akibat gatal yang memang sedang mengganggu kalian saat ini.


Antibiotik


Kalian sering menggaruk bagian tubuh gatal hingga menyebabkan kerusakan kulit, kulit bernanah atau muncul bisul akibat infeksi? Kalian perlu mengobati kulit tersebut dengan obat antibiotik agar tidak infeksi dan kulit tidak terlalu parah rusaknya.


Tentunya antibiotik ini sangatlah banyak manfaatnya selain meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa mengatasi luka yang diakibatkan dari gatal yang telah digaruk.


Cara Lain Untuk Mengatasi Gatal

Selain menggunakan obat gatal pada seluruh badan kalian juga bisa meredakan gatal di rumah dengan melakukan beberapa cara ialah sebagai berikut.


  1. Tidak menggaruk area yang gatal karena bisa melukai kulit dan membuatnya infeksi serta menghambat proses penyembuhan pada kulit
  2. Menggunakan pelembap untuk mencegah kulit kering
  3. Menghindari kebiasaan mandi terlalu lama tidak lebih dari 5 menit atau mandi air panas.
  4. Menghindari pemicu gatal bila kalian telah mengetahui apa saja penyebabnya baik dari makanan ataupun sabun, deterjen, parfum, stres atau suhu panas. 
  5. Memberikan kompres dingin pada area yang terasa gatal.


Gatal yang ringan biasanya akan mereda sendiri tanpa diobati di mana kalian perlu berkonsultasi jika gatal terasa sangat parah juga mengganggu aktivitas, berlangsung hingga lebih dari 2 minggu serta tidak membaik dengan perawatan di rumah.


Sebelum menggunakan resep obat dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dulu untuk menentukan penyebab gatal yang dirasakan, setelah penyebabnya diketahui dokter akan meresepkan obat gatal seluruh badan yang sesuai.

Nah, selain itu kalian sebelum berkunjung ke dokter bisa mencoba beberapa obat alami maupun medis di atas terlebih dulu agar bisa menghemat biaya dengan mencoba 10 Rekomendasi Obat Gatal Kulit Paling Ampuh

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)