7 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

EDY SYAM
0

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat daun salam ternyata tidak hanya digunakan sebagai penyedap saat masak. Namun lebih dari itu, kita bisa memanfaatkannya sebagai kesehatan dan kecantikan. Namun hal ini sepertinya belum diketahui oleh banyak orang. Sehingga selama ini kita hanya memanfaatkannya dengan batas pengetahuan kita saja. Daun salam ini memiliki pohon yang tinggi dan bercabang, dan buahnya berbentuk bulat kecil. Buah yang berwarna merah menandakan kalau sudah masak. Rasa dari buah ini manis dan sedikit sepat seperti daunnya, sedangkan aromanya tidak jauh berbeda dengan daunnya.


Manfaat Daun Salam Sebagai Obat


Kita sebagai orang awam tidak akan pernah tahu apa yang terkandung di dalam buah salam ini jika tidak pernah mencari tahu dengan membaca. Ternyata buah salam ini mengandung senyawa, mineral dan juga vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Karena kaya akan manfaat, orang Yunani dan Romawi mempercayai pohon salam sebagai lambang kebijaksanaan, kedamaian dan juga perlindungan. Untuk mengetahui manfaat daun salam secara lebih jauh, Anda bisa menyimaknya berikut ini.


1. Obat diabetes


Manfaat daun salam untuk kesehatan yang pertama adalah untuk obat diabetes tipe 2. Tidak hanya itu, daun salam juga bisa menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Karena mengandung antioksidan, maka daun salam dapat memproses insulin dengan sangat efisien. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka konsumsilah daun salam bubuk selama satu bulan.


2. Redakan rasa sakit


Daun salam mengandung anti inflamasi yang cukup tinggi. Zat ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit seperti rematik, keseleo hingga strain. Bahkan setelah dijadikan minyak, daun salam ini sangat efektif untuk meringankan sakit kepala dan migrain. Jika terjadi pembengkakan dan peradangan pada sendi, maka Anda juga bisa mengatasi dengan daun salam ini.


3. Asam urat


Selain sebagai penghilang rasa sakit, manfaat daun salam untuk asam urat juga sangat penting untuk Anda ketahui. Pasalnya, saat ini banyak sekali orang yang terkena asam urat baik orang tua maupun mereka dalam usia yang masih tergolong muda. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat purin yang terkandung di dalamnya. Ambillah 10 lembar daun salam dan cuci bersih. Kemudian rebus dengan 10 gelas air dan sisakan hingga air tinggal setengahnya lalu minum air rebusan ini dua kali sehari.


4. Obat batuk


Daun salam juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan gejala flu seperti pilek, hingga batuk. Adapun caranya adalah dengan merebusnya, kemudian rendam kain bersih dan kompreskan pada dada agar pilek, batuk dan flu menjadi lebih ringan.


5. Hipertensi


Manfaat daun salam untuk hipertensi merupakan salah satu manfaat yang sangat membantu kesehatan tubuh. Pasalnya, hipertensi bisa menyebabkan penggumpalan darah hingga pembuluh darah pecah yang berakibat pada kelumpuhan hingga kematian. Konsumsi air rebusan daun salam adalah cara efektif untuk menurunkan hipertensi.


6. Anti ketombe


Memiliki masalah dengan ketombe? Lakukan pengobatan segera dengan menggunakan daun salam. Bahkan keramas dengan menggunakan air rendaman daun salam bisa mengobati kerontokan pada rambut.


7. Atasi kolesterol


Memiliki kolesterol jahat berlebih di dalam tubuh memang sangat membahayakan. Namun manfaat daun salam untuk kolesterol ini bisa mengatasinya dengan baik. Caranya adalah dengan konsumsi bubuk daun salam yang diseduh dengan air.


Begitu banyaknya manfaat dari daun salam ini membuktikan bahwa mengusir penyakit ringan dan penyakit bahaya sekalipun tidak harus dengan minum obat dari dokter. Demikianlah beberapa manfaat dari daun salam yang sangat membantu kesehatan kita. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)