Top Label

11 Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

11 Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi
Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Biang keringat pada bayi merupakan salah satu masalah yang sering muncul saat cuaca sedang terlalu panas, terlalu dingin, atau bisa juga karena bayi sedang demam. Bayi sangat rentan terhadap masalah yang satu ini karena saluran keringat serta pori-pori pada kulit bayi belum bisa sepenuhnya berkembang.


Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi


Biang keringat ini biasanya berbentuk bintik-bintik merah dan hampir ada pada seluruh atau sebagian area kulit tertentu. Jika bayi terkena biang keringat maka si bayi akan menjadi sangat rewel dan suka menangis karena rasanya memang panas dan gatal. Oleh Karena itu, biang keringat pada bayi ini harus segera diatasi dengan cepat dan tepat. Pada kesempatan kali ini Sehat Selalu akan memberikan sajian informasi tentang cara mengatasi biang keringat pada bayi. Dan berikut ini adalah beberapa cara mengatasi biang keringat pada bayi yang bisa bunda praktikkan.


1. Hindari cuaca terlalu panas atau terlalu lembap


Salah satu penyebab munculnya biang keringat pada bayi adalah karena cuaca yang terlalu panas atau bisa juga karena cuaca yang terlalu lembap. Usahakanlah untuk menghindari kedua cuaca ini. Jika kita menggunakan kipas angin atau AC, usahakanlah untuk tidak mengarahkannya langsung pada si bayi. Jika kita ingin membawa si bayi keluar rumah, usahakanlah untuk membawa topi dan juga kipas.


2. Menjaga kulit bayi tetap dingin


Tips selanjutnya yang dapat kita gunakan untuk mengatasi biang keringat pada bayi adalah dengan menjaga kulit bayi tetap dingin. Cara untuk mendinginkan kulit bayi pun beragam. Kita bisa mendinginkan kulit bayi dengan menggunakan kain basah atau bisa juga dengan memandikannya. Jika kita memandikannya, usahakanlah untuk membiarkan kulit bayi kering dengan sendirinya, tidak perlu dilap dengan handuk.


3. Hindari penggunaan pakaian dari kain sintetis


Cara selanjutnya yang dapat kita gunakan untuk mengatasi biang keringat pada bayi adalah dengan tidak memakaikan pakaian dari kain sintetis pada bayi, seperti polyester atau nilon. Hal ini disebabkan karena kain sintetis semacam ini dapat merangkap panas. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih pakaian yang berbahan serat alami bagi si bayi. Selain itu usahakanlah untuk tidak memakaikan pakaian yang terlalu kecil pada bayi, karena hal ini juga dapat memicu munculnya biang keringat.


4. Dengan menggunakan kacang hijau


Cara lain yang juga dapat kita gunakan untuk mengatasi biang keringat pada bayi adalah dengan menggunakan kacang hijau. Caranya, siapkan dulu sekitar satu ons kacang hijau, kemudian tumbuk atau blender hingga halus. Campurkan halusan kacang hijau tersebut pada segelas air hangat. Tunggu hingga cukup dingin dan minumkan pada bayi.


5. Dengan menggunakan mentimun


Mentimun merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat. Kita juga dapat memanfaatkan buah mentimun ini untuk mengatasi biang keringat pada bayi.


Caranya:

  • Siapkan beberapa buah mentimun,
  • Kemudian kita haluskan dengan cara diblender.
  • Setelah itu balurkan halusan mentimun tersebut pada bagian tubuh bayi yang ada biang keringatnya.
  • Diamkan selama sekitar lima menit hingga meresap dan
  • Setelah itu kita bersihkan dengan handuk basah.
  • Hal ini akan cukup efektif untuk mendinginkan kulit bayi dan meringankan rasa panas serta gatal karena biang keringat.


6. Dengan menggunakan lidah buaya


Selain dengan mentimun, kita juga dapat mengatasi biang keringat pada bayi dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan anti-inflamasi sehingga baik untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Caranya pun terbilang cukup mudah.


Caranya:


  • Pertama siapkan beberapa helai lidah buaya,
  • Kemudian belah dan ambil gelnya,
  • Setelah itu oleskan gel tersebut pada bagian tubuh bayi yang terserang biang keringat.
  • Diamkan selama beberapa menit dan
  • Kemudian mandikan si bayi hingga bersih.
  • Cara ini akan efektif jika dilakukan setidaknya dua kali sehari selama satu minggu.


7. Dengan menggunakan tepung kanji


Tepung kanji termasuk salah satu jenis bahan yang dapat kita gunakan untuk menjaga kulit bayi tetap dingin. Tepung kanji juga sangat baik digunakan untuk meminimalisir rasa panas serta gatal pada bayi akibat biang keringat. Cara menggunakan tepung kanji untuk mengatasi masalah biang keringat pada bayi tidaklah sulit.


Caranya:


  • Pertama kita mandikan dulu si bayi hingga bersih,
  • Kemudian biarkan hingga kulit si bayi mengering.
  • Setelah itu baru bisa kita baluri tubuhnya dengan tepung kanji.
  • Usahakanlah untuk tidak menggunakan tepung kanji saat tubuh si bayi sedang berkeringat. Hal ini akan dapat menyebabkan pori-pori kulit si bayi tersumbat.


8. Dengan menggunakan daun krokot


Salah satu bahan alami yang dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah biang keringat pada bayi adalah daun krokot. Tanaman dengan nama latin Portulaca Oleracea ini banyak tumbuh di daerah sekitar pekarangan rumah, dan sudah sering dimanfaatkan untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Caranya cukup mudah.


Caranya:


  • Pertama kita siapkan beberapa ons daun krokot
  • Kemudian kita bersihkan dan rebus dengan air tiga gelas.
  • Setelah air tersisa sekitar satu setengah gelas kita angkat dan kita saring airnya.
  • Tunggu hingga air dingin dan setelah itu baru kita minumkan pada si bayi.


9. Dengan menggunakan minyak telon


Cara selanjutnya yang dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah biang keringat pada bayi adalah dengan menggunakan minyak telon. Caranya sangatlah mudah. Cukup membalurkan minyak telon ini pada bagian tubuh bayi yang terserang biang keringat setiap habis mandi. Dalam menggunakannya, usahakanlah untuk menggunakan minyak telon yang memiliki kandungan minyak kelapa tinggi.


10. Dengan menggunakan madu


Cara mengatasi biang keringat pada bayi berikutnya dapat kita lakukan dengan menggunakan madu. Madu sejak dulu sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit dan sangat aman untuk kulit bayi. Tapi perlu diingat, usahakanlah untuk menggunakan madu yang murni dan belum tercampur dengan bahan kimia. Madu yang sudah dicampuri bahan kimia biasanya akan memiliki dampak buruk pada kulit bayi.


11. Gunakan lotion dan krim secukupnya


Penggunaan lotion atau krim yang berlebihan pada bayi akan dapat berdampak buruk pada kulit bayi. Usahakanlah untuk menggunakan lotion pada si bayi secukupnya saja. Jenis lotion yang baik untuk digunakan pada kulit bayi adalah lotion calamine. Lotion ini sangat baik terutama untuk mengatasi biang keringat pada bayi.


Demikian cara mengatasi biang keringat pada bayi serta menjaga agar kulit bayi tetap lembap. Semoga sajian informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba.

#Anak Sehat#Tips
EDY SYAM Rabu, 20 Juli 2022 Last Updated 2022-07-19T22:38:16Z
Komentar

Tampilkan