10 Cara Mengatasi Mual Ketika Hamil

Sehat Selalu
0

 

10 Cara Mengatasi Mual Ketika Hamil - Sehat Selalu

Sehat-Selalu.com - Pada kebanyakan wanita, kehamilan sering diiringi dengan rasa tidak nyaman pada lambung, mual, hingga muntah. Mual dan begah di lambung saat hamil biasanya disebabkan oleh perubahan hormon dan meningkatnya asam lambung. Rasa mual bisa mengganggu aktivitas para ibu hamil. Namun, tenang saja. Sobat Sehat bisa mengatasi mual ketika hamil dengan beberapa cara ini.


1. Hindari Konsumsi Makanan yang Terlalu Pedas dan Terlalu Asam

Makanan pedas dan terlalu asam bisa memicu kadar asam lambung menjadi naik, sehingga berisiko menyebabkan rasa mual dan tidak nyaman di lambung. Jika Sobat Sehat pencinta makanan pedas dan asam, sebaiknya mulai mengurangi konsumsi makanan tersebut ya. 


2. Hindari Konsumsi Makanan yang Bersantan, Berlemak, dan Berminyak

Makanan bersantan, berlemak, serta berminyak juga bisa membuat perut menjadi kurang nyaman. Akibatnya, bisa memicu adanya rasa mual pada ibu hamil. Sobat Sehat sebaiknya mengurangi makanan yang bersantan, berlemak, dan mengandung banyak minyak, misalnya gulai. Makanan yang mengandung banyak minyak berpotensi membuat lambung kurang nyaman.


3. Hindari Konsumsi Makanan yang Memicu Gas pada Pencernaan

Beberapa makanan atau sayuran bisa memicu terbentuknya gas yang menimbulkan rasa tidak nyaman hingga mual pada ibu hamil. Beberapa makanan tersebut misalnya kol, sawi putih, nangka, durian, dan makanan yang melalui proses fermentasi.


4. Cobalah untuk Meminum Air Hangat atau Air Jahe

Jika Sobat Sehat menyukai wedang jahe, maka minuman ini cocok untuk meredakan keluhan mual pada ibu hamil. Namun, jika kalian tidak terlalu menyukainya, maka air hangat pun bisa membuat lambung lebih relaks, sehingga meminimalkan rasa mual.


5. Cobalah untuk Makan dalam Porsi Sedikit, tapi Lebih Sering

Salah satu cara mengatasi mual ketika hamil adalah makan dalam porsi sedikit, tapi lebih sering. Jika biasanya Sobat Bunda makan 3 kali sehari dengan porsi sedang, maka coba ubahlah menjadi makan 4 hingga 5 kali sehari dengan porsi kecil.


6. Siapkan Camilan Sehat Padat Nutrisi

Jika Sobat Sehat belum terlalu lapar tapi ingin makan camilan, sebaiknya mulai pilih-pilih camilan ya. Pilihlah camilan yang sehat dan padat nutrisi, misalnya buah-buahan, sereal, dan biskuit susu.


7. Jangan Merebahkan Diri atau Tidur Segera Setelah Makan

Jika Sobat Sehat ingin beristirahat atau tidur, sebaiknya tunggu hingga 1,5 – 2 jam setelah makan. Langsung merebahkan diri atau tidur setelah makan bisa menyebabkan lambung terasa begah dan menimbulkan rasa mual.


8. Dengarkan Musik Relaksasi

Mendengarkan musik relaksasi bisa membuat Sobat Sehat menjadi lebih nyaman. Saat pikiran nyaman, maka tubuh pun akan merasa jauh lebih baik. Sehingga, rasa mual bisa dihindari.


9. Jaga Pola Tidur

Jika Sobat Sehat ingin terhindar dari mual berlebihan, cobalah untuk mengatur pola tidur. Jangan tidur terlalu larut malam, supaya tubuh bisa lebih segar dan terhindar dari mual.


10. Jaga Pikiran supaya Tetap Tenang

Siapa sangka, ternyata pikiran yang semrawut atau hati yang sedang tidak bahagia bisa memicu rasa mual pada ibu hamil, loh. Sebaiknya Sobat Sehat menghindarkan diri dari pikiran yang terlalu berat ya.


Nah, Sobat Sehat, itulah 10 cara mengatasi mual ketika hamil. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya. Namun, jika Sobat Sehat mengalami mual atau muntah berlebihan saat hamil, sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter kandungan ya.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)