Top Label

Kenali 7 Penyebab Jerawat Batu Pada Wajah Anda!

 

Sehat Selalu,  penyebab jerawat batu di pipi, makanan penyebab jerawat batu, skincare untuk jerawat batu, menghilangkan jerawat batu, obat jerawat batu, cara menghilangkan jerawat batu agar tidak muncul lagi, cara menghilangkan jerawat batu di pipi, penyebab jerawat batu di dahi

Sehat Selalu - Disebut dengan jerawat batu karena jenis jerawat ini memiliki ukuran yang lebih besar dari jenis lainnya dan biasanya terasa lebih sakit serta penyembuhannya juga membutuhkan waktu yang lama. Apabila Anda salah melakukan perawatan, maka kondisi wajah Anda bisa lebih parah. Oleh karena itu, disarankan untuk mengetahui terlebih dahulu penyebab jerawat batu yang utama sehingga proses penyembuhan bisa dilakukan dengan tepat dan jerawat bisa dihilangkan.


Penyebab Jerawat Batu Pada Wajah

Terdapat beberapa penyebab timbulnya jerawat batu yang perlu diketahui sebagai berikut:


Faktor genetik atau keturunan

Jerawat batu juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan dari orang tua. Jika orang tua Anda memiliki riwayat wajah yang berminyak dan juga sering bermasalah dengan jerawat, maka kemungkinan besar masalah jerawat ini akan diwariskan pada keturunannya.


Perubahan hormon

Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh mampu merangsang peningkatan produksi minyak dari dalam jaringan kulit sehingga bisa menjadi penyebab jerawat batu di pipi. Biasanya perubahan hormon terjadi bila seseorang mengalami stres berlebihan yang disebabkan oleh pekerjaan ataupun  penumpukan masalah pribadi, mengonsumsi pil KB, kehamilan pada wanita dan juga saat menjelang menstruasi.


(ads)


Gaya hidup

Gaya hidup yang salah dengan mengonsumsi makanan yang berlemak bisa menjadi penyebab munculnya jerawat batu pada wajah. Terlalu banyak makanan berlemak serta karbohidrat di dalam tubuh akan memicu produksi minyak dalam kulit sehingga kotoran dan debu mudah menempel pada kulit dan menimbulkan berbagai macam masalah pada kulit wajah.


Penggunaan kosmetik

Terlalu sering menggunakan make up atau kosmetik pada wajah akan menghambat pori-pori kulit sehingga menyebabkannya tidak bisa bernafas dan menjadi tersumbat. Sisa dari make up tersebut tertinggal di dalam jaringan kulit sehingga menyebabkan timbulnya masalah kulit seperti jerawat dan juga komedo. Penggunaan kosmetik yang mengandung bahan kimia juga merupakan penyebab utama munculnya jerawat sehingga kerusakan pada kulit wajah akan semakin parah.


Selain itu, salah memilih kosmetik juga bisa menyebabkan masalah pada wajah, oleh karena itu Anda harus mengenali campuran bahan dari kosmetik yang Anda gunakan setiap hari sehingga Anda menemukan penyebab jerawat batu dan cara mengatasinya dengan tepat. Penggunaan kosmetik dari bahan alami dinilai lebih baik untuk mencegah timbulnya jerawat dan berbagai kerusakan kulit yang lainnya.


Tidak menjaga kebersihan wajah

Terkadang banyak wanita yang lupa untuk membersihkan wajahnya setelah beraktivitas karena terlalu lelah ataupun malas dan dianggap tidak membersihkan wajah sekali atau dua kali tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan wajah. Namun jika hal itu dibiarkan terus menerus, maka pori-pori akan tersumbat dan berbagai masalah pada wajah akan timbul karena debu, polusi, serta bakteri menempel pada kulit Anda.


Sinar matahari

Sinar matahari memang sangat baik untuk kesehatan kulit dan juga tulang Anda namun terlalu lama berada di bawah sinar matahari bisa menyebabkan munculnya jerawat batu. Lapisan pelindung pada kulit akan terkikis sehingga intensitas produksi minyak akan meningkat dan menyebabkan debu mudah menempel pada kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, sinar ultra violet yang berlebihan juga bisa menimbulkan bercak hitam pada kulit sehingga membuat wajah tampak kusam.


Bakteri

Bakteri dan juga kuman bisa menjadi penyebab utama munculnya jerawat batu pada wajah karena jika wajah tidak sering dibersihkan, maka bakteri akan berkembang biak di dalam jaringan kelenjar kulit yang tersumbat dan akan menimbulkan toksin yang memicu terjadinya iritasi pada kulit.


Semoga beberapa informasi penyebab jerawat batu baik yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal bisa membantu Anda untuk menemukan solusi terbaik yang bisa mengatasi masalah tersebut.

#Kecantikan
Sehat Selalu 22 Feb 2023 Last Updated 2023-02-22T07:11:31Z
Komentar

Tampilkan