Salah satu tips populer untuk menjaga kulit sehat selalu adalah menggunakan sabun bayi untuk jerawat. Tips ini menyebar di berbagai media terutama situs internet, dan kerap ditiru serta diklaim sebagai sangat berkhasiat. Berbagai tips yang menyebar terutama menyebut bahwa sabun bayi paling cocok untuk kulit yang memiliki jerawat bengkak dan kemerahan. Akan tetapi, apakah manfaat sabun bayi untuk jerawat benar-benar seperti yang dikabarkan?


Apakah Sabun Bayi untuk Jerawat Benar-benar Ampuh? - Sehat Selalu

Mitos Sabun Bayi untuk Jerawat

Sayangnya, sabun bayi bukanlah solusi utama untuk menyembuhkan jerawat. Walaupun produk ini memiliki formula lembut, PH cenderung netral dan bahkan beberapa bahan untuk menjaga kesehatan kulit sensitif bayi, tidak ada yang namanya sabun bayi yang bagus untuk jerawat. Banyak orang salah kaprah dan menganggap sabun tersebut ampuh menyerang penyebab jerawat pada kulit, namun sabun bayi tidak bisa melakukan itu.


Sabun bayi juga tidak bisa mengempiskan jerawat karena tidak mengandung bahan yang umumnya ada pada produk anti jerawat, seperti asam salisilat. Hal ini karena sabun bayi harus memiliki formula selembut mungkin untuk membersihkan kulit bayi yang masih sangat sensitif, dan bahan-bahan anti jerawat seperti asam salisilat dapat mengeringkan kulit bayi sehingga tidak pernah ditambahkan. Sabun bayi juga tidak cocok untuk orang yang mengalami jerawat berjenis kistik yang besar menonjol, sangat merah, menyakitkan, dan sering terasa panas. Jenis jerawat ini memerlukan produk khusus dengan resep dokter kulit dan terapi lain seperti injeksi lesi.


Jadi, sabun bayi tidak benar-benar menyembuhkan kulit Anda dari jerawat. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, sabun bayi dapat memberi manfaat cukup bagus untuk kulit, baik yang berjerawat maupun tidak.


Tips Sabun Bayi untuk Jerawat

Tidak ada sabun bayi untuk menghilangkan jerawat secara langsung, namun sabun bayi dapat membantu Anda yang memiliki kulit sensitif sehingga murah teriritasi atau berjerawat setiap kali menggunakan produk kulit untuk dewasa, bahkan yang mereknya sudah umum dan aman bagi kebanyakan orang. Sabun bayi memiliki beberapa kelebihan seperti memiliki formula sangat lembut, memiliki tingkat keasaman yang hampir sama dengan kulit manusia, serta cenderung memiliki lebih sedikit bahan kimia sintetis yang “berat” untuk kulit.


Dalam hal ini, sabun bayi dapat menjadi salah satu produk perawatan kulit untuk mencegah jerawat bagi pemilik kulit sensitif, terutama jika sabun wajah khusus jerawat dirasa terlalu mahal. Berikut adalah tips sabun bayi untuk jerawat yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit:

  • Gunakan sabun bayi untuk pembersihan lembut ketika Anda mengalami jerawat parah, terutama jika kulit Anda sensitif. Pembersihan dengan produk berbahan lembut membantu membersihkan kulit tanpa mengiritasi.
  • Anda bisa mencuci wajah dengan sabun bayi di pagi hari; cukup untuk mengikis sisa-sisa minyak dan krim malam tanpa mengeringkan kulit wajah.
  • Sabun bayi bisa digunakan untuk membersihkan kulit wajah jika Anda ingin menyapu kosmetik dari wajah, sangat cocok jika Anda harus menggunakan kosmetik sepanjang hari sehingga harus membersihkan wajah beberapa kali. Sabun bayi tidak akan mengeringkan kulit seperti sabun biasa.
  • Gunakan sabun bayi sebagai pembersih ringan khusus wajah Anda sendiri. Jangan gunakan untuk tangan atau untuk mandi, dan jangan pinjamkan pada orang lain untuk menghindari penularan infeksi bakteri.


Kesimpulannya, sabun bayi untuk jerawat tidak bisa menyembuhkan jerawat itu sendiri, namun dapat membersihkan kulit Anda dengan lembut tanpa mengiritasi jika kulit Anda sensitif atau sedang berjerawat.