Manfaat Teh Basi untuk Perawatanmu

EDY SYAM
0

Manfaat Teh Basi untuk Perawatanmu
Manfaat Teh Basi untuk Perawatanmu


Siapa yang tidak suka minum teh? Apalagi ditambah gula dan es batu, segarnya saja langsung terbayang. Di pulau Jawa, rasanya belum lengkap kalau seharian belum minum teh. Bahkan hampir di setiap warung makan menyediakan teh untuk minumnya, bukan air mineral. Teh memang baik bagi tubuh, namun tentu dalam kadar yang tidak berlebihan. Nah, bagaimana dengan teh basi? Siapa sangka teh basi bermanfaat bagi tubuh? Eits, tapi bukan untuk diminum ya. Manfaat teh basi ini ternyata belum banyak diketahui orang. Karena aromanya yang tidak enak, setelah basi biasanya teh akan segera langsung dibuang oleh si pembuatnya.


Teh basi yang dimaksud adalah teh sisa konsumsi yang berbentuk kantung ataupun bubuk. Bagaimana pun bentuknya, manfaat teh basi bisa kita rasakan untuk perawatan tubuh kita.


Manfaat Teh Basi


1. Untuk Perawatan Rambut


Rambut merupakan salah satu bagian penting bagi wanita. Memiliki rambut tebal, sehat selalu berkilau adalah idaman bagi kebanyakan wanita. Tak hanya wanita, kerusakan rambut terkadang membuat pria kurang percaya diri. Kerontokan merupakan masalah buruk bagi rambut. Kerontokan yang terjadi terus-menerus akan mengakibatkan kebotakan yang serius.


Mengurangi rambut rontok ternyata bisa menggunakan teh basi. Caranya mudah sekali, balurkan teh basi pada kulit kepala, terlebih pada bagian yang sering mengalami kerontokan. Diamkan beberapa saat atau sampai mengering, kemudian dibilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan rutin setiap hari untuk hasil maksimal.


Selain rambut rontok, teh basi juga memiliki manfaat lain untuk rambut seperti melembapkan dan melembutkan rambut, mengurangi ketombe pada kulit kepala, juga membuat rambut hitam berkilau. Cara penggunaannya pun sama yaitu dengan cara menggunakan teh basi sebagai masker. Tunggu hingga kering lalu dibilas dengan menggunakan air hangat. Perawatan rutin tentu akan memberikan hasil yang maksimal.



2. Untuk perawatan kulit


Tak kalah pentingnya dengan rambut, kulit merupakan bagian terpenting bagi wanita. Informasi manfaat teh basi berikut mungkin akan membuat kebahagiaan wanita meningkat. Berikut manfaat teh basi untuk perawatan kulit.


a. menghilangkan mata panda


Tak banyak yang tahu bahwa teh basi bisa mengatasi mata panda. Sering kali mata panda mengganggu sebagian wanita sehingga mereka berusaha menutupinya dengan menggunakan make up. Penggunaan make up yang terus-menerus tentu tidak baik bagi kulit wajah sebab akan mengakibatkan penumpukan bahan kimia pada kulit. Cara menghilangkan mata panda dengan teh basi adalah dengan menempelkan kantong teh basi pada mata panda selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.


b. mencerahkan kulit wajah


Banyak merek skincare yang mengiming-imingi pencerah wajah. Tapi buat kamu yang ingin mencerahkan wajah dengan cara alami, teh basi ini dapat menjadi pilihan alternatifmu. Kandungan vitamin E pada teh akan tetap ada meskipun sudah basi. Kandungan vitamin E ini yang akan membuat kulit bertambah cerah.


c. melembapkan dan mengencangkan kulit


Bagi yang usianya sudah menginjak kepala 3, tentu biasanya akan mengalami tanda penuaan seperti keriput dan lain-lain. Banyak yang memilih perawatan dokter untuk menangani hal tersebut. Namun, tidak sedikit pula yang mengeluh karena berujung dengan “ketergantungan oleh krim-krim dari dokter”.


Nah, ternyata mencuci wajah dengan teh basi bisa membuat kulit wajah menjadi lembap dan kencang tanpa harus ke dokter loh. Dengan biaya yang sangat murah meriah kita bisa mendapatkan hasil menakjubkan pada kulit wajah. Selamat mencoba!


d. menghilangkan jerawat dan komedo


Sebelum mencuci wajah dengan facial foam merek andalanmu, kamu bisa coba pra-treatment menggunakan teh basi. Gunakan teh basi sebagai masker, kemudian bilas dengan air hangat. Setelah itu, gunakan kembali facial foam merek andalanmu. Manfaat teh basi dalam mengurangi jerawat dan komedo ini sudah tidak diragukan lagi lho. Mau mencoba?


3. Menghilangkan jamur kuku


Kuku yang jarang dibersihkan akan mengakibatkan tumbuhnya jamur. Jamur pada kuku dapat dihilangkan dengan penggunaan teh basi secara rutin. hmm.. sepertinya patut dicoba.


Cara menghilangkan jamur kuku dengan teh basi adalah dengan meletakkan teh basi di atas kuku yang berjamur. Diamkan selama 10 – 15 menit. Lakukan hal ini secara rutin sebanyak 3 kali sehari. Perlahan-lahan, jamur kuku akan hilang dan memudar dengan sendirinya.



Cara Menggunakan Teh Basi dalam Merawat Kulit


Ada beberapa cara penggunaan teh basi untuk merawat kulit yaitu dengan dibalurkan, direndam, ataupun dibilas



1. Cara dibalurkan


Balurkan teh basi bubuk pada bagian yang ingin dirawat. Kemudian didiamkan selama 10-15 menit atau hingga kering. Kemudian bilas dengan air hangat. Keringkan dengan handuk bersih. Lakukan setiap hari untuk hasil maksimal.


2. Cara direndam


Siapkan teh basi dalam wadah yang agak besar, rendam bagian tubuh yang bermasalah ke dalam teh basi selama 10-20 menit, kemudian angkat lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan ini setiap hari untuk hasil yang memuaskan


3. Cara dibilas


Untuk merawat bagian wajah, akan terasa agak ribet dan sulit untuk pembaluran maupun perendaman. Lakukanlah dengan cara pembilasan untuk bagian wajah dengan. Caranya mudah sekali yaitu cukup dengan membilas wajah dengan teh basi (seperti mencuci wajah) setiap hari untuk mendapatkan kulit wajah yang terawat.


Ternyata tidak sulit ya memanfaatkan teh basi untuk perawatan tubuh. Demikian ulasan mengenai manfaat teh basi bagi tubuh, semoga bermanfaat. Selamat mencoba!

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)