Rahasia Dibalik Formula 3 x ½, Kurangi Risiko Mati Mendadak

EDY SYAM
0

Rahasia Dibalik Formula 3 x ½, Kurangi Risiko Mati Mendadak
Rahasia Dibalik Formula 3 x ½


Para ilmuwan sering kali menekankan akan pentingnya kaidah 3 x ½ terhadap kesehatan, yaitu:

  1. Tiga kali setengah menit, dan
  2. Tiga kali setengah jam.

Tiga kali setengah menit adalah waktu yang terbilang singkat dan terkesan sepele bagi sebagian orang. Namun siapa yang menyangka bahwa tiga kali setengah menit ini ternyata dapat sangat membantu menekan angka kematian mendadak. Salah satu kasus kematian mendadak yang sering kali ditemui adalah terjadi sesaat setelah seseorang terbangun dari tidurnya. 


Sering kali orang bangun dan langsung melakukan aktivitas lain dan mati. Banyak sekali kejadian manula yang mati mendadak di malam atau pagi hari. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Para manula biasanya terbangun pada tengah malam ketika hendak ke kamar kecil untuk buang air, dan sering kali mereka melakukannya dengan terlalu terburu-buru. Begitu terbangun mereka seketika turun dari ranjang secara spontan ketika kesadaran masih belum sepenuhnya kembali dan tekanan darah masih rendah. 


Hal tersebut membuat otak kekurangan darah dan saraf-saraf belum bekerja secara sempurna, Otak yang kekurangan darah menyebabkan mata berkunang-kunang, hingga menyebabkan terjatuh. Jatuh pada lansia biasanya menimbulkan kompleksitas, antara lain: patah tulang, robeknya jaringan otot, arteri atau vena, kecacatan, hematoma, jantung berhenti tiba-tiba hingga menyebabkan kematian.



Kaidah 3 x ½ Menit Untuk Mencegah Kematian Mendadak

Mengapa para ilmuwan menganjurkan formula tiga kali setengah menit? Karena dari pemantauan ECG (Electro Cardiogram) pasien, didapati bahwa di siang hari ECG normal, akan tetapi ketika di malam hari biasanya otot jantung kekurangan darah dan tiba-tiba mengerut. Mengapa demikian? Karena ketika dia bangun tiba-tiba, darahnya turun, otaknya kehilangan darah dan jantungnya berhenti. Maka para ilmuwan menggunakan formula tiga kali setengah menit yang dapat menanggulangi masalah tersebut, yaitu:


  1. Jika Anda hendak bangun dari tidur, berbaringlah dahulu di ranjang Anda selama ½ menit.
  2. Lalu tegakkan punggung dan duduk di ranjang selama ½ menit.
  3. Kemudian baru turunkan kedua kaki Anda ke lantai dan duduk di tepi ranjang selama ½ menit.


Nah, dengan menjalankan formula tiga kali setengah menit, sebuah formula sehat yang bisa dilakukan oleh semua orang dengan sangat mudah tanpa biaya dan tak membutuhkan usaha ekstra, kekurangan darah pada otak dapat dicegah, jantung akan bekerja dengan normal, dan meminimalisir kemungkinan jatuh hingga patah tulang, serangan jantung dan stroke.


Ada contoh kasus di mana seorang lansia setelah baru mengetahui rumus 3 x ½ ini, ia menangis dan menyesal, kenapa ia tidak mengetahuinya dari jauh-jauh hari. Dua tahun lalu dia bangun tengah malam untuk buang air kecil, di kamar mandi tiba-tiba ia merasa pusing dan kepalanya seperti berputar-putar, hingga akhirnya ia terjatuh. Akibatnya ia sekarang mengalami kelumpuhan hingga menyebabkannya tidak bisa meninggalkan tempat tidur. Seandainya saja dia mengetahui hal ini lebih awal dan menerapkannya, mungkin kini ia tidak harus menderita di atas ranjang.


Kaidah 3 x ½ Jam Untuk Memelihara Kesehatan

Kaidah berikutnya yang disarankan oleh para ahli yaitu 3 x ½ jam. Tiga kali setengah jam tersebut adalah:

  1. Setiap pagi bangun tidur, berolahraga selama setengah jam, baik itu Tai Chi, lari-lari pagi dengan jarak tidak kurang dari 3 km atau olahraga lain yang cocok,
  2. Kemudian tengah hari, tidur siang setengah jam. Hal ini diperlukan oleh jam biologis manusia, dengan tidur siang setengah jam maka kondisi tubuh dan pikiran akan segar kembali sehingga aktivitas dapat dilakukan dengan penuh semangat. Para manula lebih memerlukan tidur siang, sebab manula biasa tidur tidak terlampau malam dan bangun pagi sekali, jadi mereka memerlukan sedikit istirahat di tengah hari.
  3. Yang ketiga adalah sore hari berjalan santai selama setengah jam. Dengan melakukan hal ini, para manula akan dapat tidur dengan nyenyak di malam harinya, selain itu dapat mengurangi terjadinya Myocardial Necrosis dan tensi tinggi.


Demikianlah rahasia kesehatan dibalik formula 3 x ½, Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)