7 Jenis Makanan Terlarang Bagi Penderita Batu Ginjal

EDY SYAM
0

7 Jenis Makanan Terlarang Bagi Penderita Batu Ginjal
Batu Ginjal



Jenis Makanan Terlarang Bagi Penderita Batu Ginjal – Ginjal adalah organ penting tubuh yang harus dirawat dengan baik. Jika ginjal mengalami penurunan fungsi, selain harus diobati tentunya harus cuci darah bahkan transplantasi ginjal.


Jenis Makanan Terlarang Bagi Penderita Batu Ginjal

Supaya fungsinya tak semakin menurun, penderita harus pantang makanan tertentu. Berikut ini daftar makanan yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal.


1. Kentang

Banyak makanan lezat yang terbuat dari bahan dasar kentang. Mulai dari donat, mayonnaise, perkedel dan lainnya. Namun kentang bagi penderita ginjal perlu dihindari karena membuat kita cepat haus.


    

2. Gandum

Roti yang terbuat dari gandum juga harus dihindari karena karbohidrat yang terkandung di dalam gandum sulit untuk dicerna. Maka dari itu, penderita ginjal pantang mengonsumsi gandum.


    

3. Nasi

Nasi merupakan sumber karbohidrat utama yang menjadi menu wajib sebagian besar orang Indonesia. Namun bagi penderita ginjal, nasi bukan karbohidrat yang tepat untuk dikonsumsi. Lantaran nasi mengandung gula tinggi, sehingga membuat cepat haus.


    

4. Produk Susu

Produk susu adalah bahan minuman yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Hal ini karena susu memiliki kandungan kalsium yang dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Selain itu, susu juga mengandung komponen kalsium magnesium dan juga kalium yang sangat berbahaya dapat mengembangkan batu ginjal yang lebih parah.


    

5. Minuman Berkafein

Beragam jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh sangat dilarang untuk penderita batu ginjal. Bahaya kafein sendiri bisa menyebabkan gangguan untuk sistem pembuluh darah sekaligus menekan ginjal bekerja lebih berat.


    

6. Ikan

Ikan memiliki kandungan protein tinggi sehingga meningkatkan jumlah kalsium serta penyebab asam urat tinggi dalam tubuh pengidap batu ginjal. Ikan mengandung zat purin yang bisa dipecah menjadi asam urat dan masuk ke dalam urin sehingga berisiko berat untuk penderita batu ginjal.


    

7. Tomat

Tomat mengandung asam oksalat sehingga menyebabkan tingginya kadar kalsium dalam tubuh. Di mana makanan yang mengandung kalsium akan sangat rentan dengan pembentukan batu ginjal.


Nah jadi pengendalian batu ginjal dapat dilakukan dengan menghindari berbagai jenis pantangan batu ginjal di atas. Tetapi penderita yang sudah sembuh dari batu ginjal tetap dapat memiliki kesempatan terkena batu ginjal ulang. Maka cegah batu ginjal dengan diet makan dan olahraga. Semoga bermanfaat dan salam Sehat Selalu!

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)